/ Konten dan cara penyampaian

Belajar Presentasi efektif, Menarik dan Inspiratif Dari TED

Belajar presentasi efektif, menarik dan inspiratif dari video TED adalah salah satu hal menyenangkan. Meskipun tidak langsung bertatap muka, tapi kita tetap bisa mengambil banyak manfaat yang bisa kita jadikan bahan untuk memoles cara presentasi kita menjadi lebih efektif dan menarik.

Apa Itu TED?

TED adalah sebuah organisasi nirlaba yang ditujukan untuk menyebarkan ide dari berbagai tokoh inspiratif dari berbagai bidang dalam sebuah presentasi di sebuah konferensi.

Konferensi ini dimulai tahun 1984, awalnya hanya fokus pada tiga bidang saja yaitu Technology, Entertainment, Design. Namun sekarang sudah berkembang bukan hanya di tiga bidang itu saja, namun ada juga bidang pendidikan, politik, dan bidang-bidang yang lain.

Dalam TED.com kita bisa menyaksikan para presenter inspiratif dari berbagai bidang yang bisa kita saksikan, bahkan kita juga bisa mengunduh dengan bebas tanpa dipungut biaya seperak pun.

TED memiliki sebuah misi yang sangat besar yaitu mengubah dunia melalui gagasan-gagasan besar para pemikir dunia yang sangat inspiratif dan ahli di bidangnya masing-masing.

Mungkin Anda bertanya kok ada istilah TED dan Ada TEDx, TEDx itu apa sih?

Nah ini dia jawabannya, dikarenakan TED cuma diadakan di U.S tepatnya di California dan sering banyak orang yang ingin datang ke TED secara langsung namun dibatasi oleh banyak faktor. Dari itu ada yang namanya TEDx, dengan maksud dari x adalah independently organized TED event.

 Jadi, kota selain California bisa mengadakan TED event dengan mendapatkan lisensi gratis dari TED dengan syarat harus lolos persyaratan yang telah ditetapkan. Hingga akhirnya munculah TEDx termasuk yang ada di Indonesia, seperti TEDx Jakarta, Bandung maupun ITS.

Kenapa Harus Belajar Dari TED?

Satu pertanyaan bagus.

Inilah pertanyaan yang dulu juga saya tanyakan kepada diri saya sendiri. Setelah saya belajar dari TED, dengan melihat langsung melalui situs resminya di ted.com atau video yang sudah saya download saya dapat menemukan beberapa alasan kenapa kita harus belajar dari TED.

Alasan-alasan tersebut antara lain:

1. Menginspirasi

Hampir sebagian besar presentasi di TED syarat dengan inspirasi. Sebagai contoh presentasi yang disampaikan oleh Ken Robinson pada tahun 2006 tentang pendidikan yang berjudul Do schools kill creativity atau Sekolah Membunuh Kreativitas?

Dalam presentasi tersebut Ken Robinson memberikan banyak pelajaran berharga buat kita semua di mana dia menggunakan pernyataan utama  dengan sangat baik dalam presentasinya. Ken Robinson juga tampil efektif dan memukau dengan gaya presentasi bercerita, menggunakan humor dan menggunakan pertanyaan retoris yang merangsang.

Ini adalah salah satu contoh presentasi yang sangat menginspirasi, dan tentunya masih banyak presentasi-presentasi inspiratif yang lain yang dapat Anda lihat di ted.com. Kalau di TEDx Jakarta Anda bisa belajar dari presentasi Anis Baswedan tentang Indonesia Mengajar, Rene Suhardono, Ridwan Khamil dan presenter-presenter Indonesia yang lain.

 2. Video bisa di download Gratis

Video presentasi TED itu gratis, artinya video ini bisa Anda download sebanyak yang Anda mau, tanpa harus mengeluarkan uang, kecuali untuk beli pulsa internet.

Tapi meskipun gratis kualitas presentasi sangat terjamin, dan Anda benar-benar akan mendapatkan pengalaman berharga untuk meningkatkan kemampuan presentasi Anda.

3. Presenter adalah orang-orang yang ahli di bidangnya

Semua tokoh yang tampil di TED adalah tokoh-tokoh yang memang ahli di bidangnya masing-masing. Ini tentu adalah hal positif bagi kita, selain kita bisa menyaksikan presentasi mereka yang menarik, kita pun bisa menambah wawasan kita dari materi presentasi yang mereka sampaikan.

Di mana lagi kita bisa mendapatkan wawasan yang begitu banyak yang dipaparkan langsung oleh ahlinya?

Ini jelas menjadi salah satu media yang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan presentasi kita, sekaligus menambah pengetahuan kita tentang berbagai disiplin ilmu yang Ada.

4. Menggunakan subtitle dan transkip profesional

Di TED Global semua presenter pada umumnya menggunakan bahasa Inggris. Namun Anda tidak usah berkecil hati, karena di sana ada fasilitas subtitle dan transkrip yang Dalam berbagai bahasa.

Setelah saya pelajari, terjemahan disusun sedemikian rupa layaknya terjemahan profesional. Bukan diterjemahkan oleh mesin. Tidak hanya itu, Anda bahkan bisa menampilkan subtitle sesuai bahasa yang diinginkan ketika menonton video presentasi yang ada.

Memang tidak semua presentasi ada transkrip dan subtitle bahasa Indonesia, namun Anda tetap bisa memilih video yang memang tersedia subtitle dan transkrip dalam bahasa Indonesia. Dan Anda tidak usah khawatir video transkrip dan subtitle yang dibuat menggunakan bahasa Indonesia yang sangat baik.

Ini jelas akan menjadi sumber daya yang sangat berharga untuk Anda.

5. Teknik presentasi kelas dunia

Presentasi TED disampaikan dalam panggung terbuka dan disaksikan oleh ratusan audiens yang pada umumnya adalah orang-orang yang punya semangat belajar yang tinggi.

Anda akan belajar dari para presenter hebat tentang bagaimana membuka presentasi, mengajukan pertanyaan, membangun rapport  atau pendekatan dengan audiens, menyelipkan humor, menggunakan gesture dan visualisasi, menjelaskan lewat alat peraga, dan menutup presentasi secara meyakinkan.

Selain beberapa hal di atas ada satu lagi yang saya suka belajar presentasi TED yaitu kita bisa belajar melalui video. Menurut saya ini sangat efektif, karena kita seperti berhadapan langsung dengan presenter.

Belajar melalui video juga sangat fleksibel, artinya kita bisa menyaksikan video ini kapan saja dan di mana saja sesuai dengan mood dan waktu yang kita miliki.

Sekarang tidak ada alasan bagi kita untuk tidak belajar dari TED.com.

Karena Anda mendapatkan inspirasi dalam menampilkan presentasi yang lebih efektif dan lebih menarik, dalam setiap sesi presentasi yang Anda lakukan.

Nah sebagai langkah awal untuk belajar, Anda bisa belajar dari 20 Video Presentasi Ted paling Populer dan Inspiratif Di Dunia di sini.

Bagaimana Mendownload Video TED?

Kemudian jika Anda ingin mengeksplore dan mendownload video yang lain Anda bisa ikuti panduan di bawah ini.

home ted

Setelah itu, arahkan mouse Anda di menu Participate, kemudian akan muncul beberapa menu, klik pada menu “Translate”.

Translate ted

Hasilnya Anda akan diarahkan pada halaman berikut ini.

Translate ted 1

Setelah itu, silakan Anda kil menu “Our Lenguage” di sampaing kiri. Seperti gambar berikut ini.

Hasilnya Anda akan diarahkan ke halaman berikut ini.

our lenguage

Silakan Anda Klik Bahasa “Indonesia” di situs tertulis “Indonesian. Anda 926 presentasi. Selanjutnya Anda akan di arahkan ke halaman berikut ini.

pilihan video

Kemudian silakan Anda pilih salah satu video yang ingin Anda lihat dan Anda download.  Anda klik pada gambar video yang Anda pilih. Setelah itu akan Anda diarahkan pada halaman seperti nampak pada gambar di bawah ini.

lihat video ted

 

Jika Anda ingin melihat langsung videonya, silakan Anda klik play di tengah gambar. Jika Anda ingin mendownloadnya, silakan klik menu download di samping kanan. Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

pilihan translate

 

Klik pada Subtitle: None, pilih Indonesian.

Setelah itu klik Download Video.

Itulah tadi langkah-langkah sederhana, cara melihat dan mendownload video di TED.com.

Demikianlah ulasan tentang belajar presentasi efektif, menarik dan inspiratif di ted.

Saran saya silakan download terlebih dahulu videonya, setelah lihat, amati da  tiru teknik presentasi yang mereka gunakan untuk presentasi Anda.

 

Bagaimana menurut Anda.

 

Photo Credit: Juliana Rotich

Tags: presentasi efektif presentasi inspiratif presentasi kelas dunia presentasi menarik Ted Ted Global Tedx Jakarta

author
Author: 
Saya founder dan penulis utama di website Ronapresentasi.com. Saya seorang trainer spesialis bidang presentasi penulis buku teknik presentasi dan profesional blogger bidang presentasi. Ingin mengundang saya sebagai pembicara dalam training in house presentasi di perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin hubungi saya di 081 215 647 083 pada jam kerja.
  1. author

    chika1 year agoReply

    Ulasan yang sangat menarik pak, saya selama ini merasa kurang menguasai dalam melakukan presentasi yang baik dan menarik, dari ulasan bapak, saya jadi tertarik untuk belajar presentasi lebih mendalam lagi. Terima kasih pak. 🙂

    • author

      Rona Binham (Author)1 year agoReply

      Sama-sama ibu Chika,
      Dengan belajar dan banyak praktek pasti kemampuan akan meningkat. ^_^

Leave a reply "Belajar Presentasi efektif, Menarik dan Inspiratif Dari TED"

Must read×

GRATIS 5 VIDEO TRAINING DESAIN SLIDE DAN 9 SLIDE PRESENTASI MENARIK UNTUK ANDA

Daftaran nama dan email aktif Anda pada form di bawah ini dan dapatkan segera 5 video training desain slide dan 9 slide presentasi menarik yang akan mengubah mindset dan tindakan Anda dalam membuat dan mendesain slide untuk presentasi Anda berikutnya.
Nama Depan :
Alamat Email :