Cara Menggunakan Bahasa Verbal Dengan Mantap dan Meyakinkan Dalam Presentasi

Bahasa verbal adalah saluran utama dari presentasi yang Anda lakukan. Jika saluran ini tidak maksimal, maka sebaiknya apapun bahasa tubuh atau pun tampilan visual Anda, pesan Anda tidak akan sampai ke audiens dengan baik.

Dalam banyak presentasi saya masih sering melihat presenter tidak memperhatikan bahasa verbal yang mereka gunakan. Padahal tidak jarang dari mereka memiliki jam terbang tinggi sebagai seorang pembicara.

Saya melihat ini bukan karena mereka tidak bisa menggunakan bahasa verbal dengan baik, tapi karena mereka tidak sadar bahwa semenjak mereka berbicara mereka jarang bahkan tidak pernah lagi berlatih bagaimana caranya berbicara.

Jika kebiasaan itu tidak dirubah maka mustahil mereka dapat menyampaikan presentasi dengan baik meyakinkan.

Supaya Anda tidak seperti kebanyakan presenter di luar sana, maka saya tunjukkan kepada Anda bagaimana mengoptimalkan beberapa elemen penting untuk mendapatkan pesan atau bahasa verbal yang efektif, menarik sekaligus meyakinkan.

Beberapa elemen tersebut antara lain:

1. Penggunaan bahasa

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam menggunakan bahasa verbal adalah tentang penggunaan bahasa. Dalam hal ini Anda tidak perlu menunjukkan betapa inteleknya Anda, karena audiens tidak peduli itu jika mereka tidak paham. Yang mereka pedulikan adalah bagaimana Anda menggunakan bahasa yang mudah mereka pahami.

2. Efisiensi Penggunaan Kalimat

Efisiensi penggunaan kalimat berarti Anda harus memastikan tidak mengumbar kata saat berbicara.

Apapun yang Anda sampaikan harus efisien.

Kalau dengan sepuluh kata audiens bisa memahami maksud Anda, Anda tidak perlu menggunakan tiga puluh atau empat puluh kata.

Ini penting dan harus selalu Anda tanamkan pada diri Anda.

Karena sedikit saja Anda terlena, dengan mudah Anda akan terjebak pada pembicaraan yang tidak efisien.

3. Kejelasan atau kejernihan suara

Apa yang Anda sampaikan harus jelas.

Ejaannya benar, bisa didengar dan tidak ada gangguan verbal yang mengganggu.

Anda harus dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, jika harus menggunakan bahasa asing Anda harus memastikan bahwa pronunciation Anda benar.

Jika Anda merasa masih lemah di sini maka Anda harus mau belajar. Anda harus melatih pronunciation Anda sampai mampu mengucapkannya dengan baik.

Kemudian apa yang Anda sampaikan harus bisa didengarkan oleh semua yang hadir dalam presentasi Anda. Tidak peduli apakah Anda menggunakan microphone atau tidak, Anda harus memastikan suara Anda terdengar dengan jelas oleh semuanya.

Yang terakhir jangan bergumam.

Bergumam adalah mengucapkan kata-kata yang tidak memiliki arti seperti ehm, eh, ya, dan lain sebagainya. Ini sangat mengganggu dan menghalangi kejernihan pesan yang Anda sampaikan.

Bahkan bisa jadi audiens akan menganggap Anda tidak menguasai materi yang Anda sampaikan.

Untuk memastikan Anda tidak bergumam yang perlu Anda lakukan adalah pahami bahwa bergumam adalah masalah, miliki keinginan kuat untuk menghilangkan bergumam, kuasai materi yang akan Anda sampaikan dan ganti bergumam dengan diam.

Terakhir untuk menghilangkan bergumam dalam jangka panjang lakukan latihan menghilangkan bergumam dalam komunikasi sehari-hari yang Anda lakukan.

Baca: Tips Public Speaking Cara Menghilangkan Bergumam

4. Kecepatan Berbicara

Sebelum saya menjelaskan tentang kecepatan berbicara, saya ingin mengajukan pertanyaan sederhana kepada Anda, seberapa cepat Anda berbicara saat melakukan presentasi di depan publik?

Bagi Anda yang mendalami ilmu public speaking, saya yakin Anda tidak akan menemukan kesulitan menjawab pertanyaan ini. Tapi bagi Anda yang sebelumnya belum pernah mendalami public speaking, saya yakin banyak diantara Anda akan mengalami kesulitan menjawab pertanyaan ini.

Tapi perlu saya katakan kepada Anda, memahami bagaimana menggunakan kecepatan bicara dengan baik, adalah penting untuk meningkatkan keterampilan bicara Anda pada level yang lebih tinggi.

Bagaimana mengukur kecepatan bicara?

Ada panduan sederhana untuk mengetahui kecepatan berbicara. Apakah termasuk cepat atau sebaliknya lambat atau normal.

Kurang dari 110 wpm termasuk dalam ketegori rendah. 110 wpm – 150 wpm termasuk dalam kategori berbicara normal. Lebih dari 150 wpm termasuk dalam ketegori cepat.

Dan untuk mengukur kecepatan bicara caranya sangat sederhana yaitu dengan menghitung jumlah kata yang kita ucapkan dalam satu menit.

Namun dalam konteks presentasi ukuran atau standar berbicara normal tidak selalu berlaku. Karena presentasi itu unik. Sebagai presenter yang baik kita harus menggunakan variasi tempo. Kita harus tahu pada kalimat mana kita harus berbicara cepat, pada kalimat mana harus berbicara lambat dan pada kalimat mana kita berbicara secara normal.

Sebagai contoh Anda bisa menambahkan kecepatan berbicara untuk membujuk dan menunjukkan kegembiraan, dan berbicara lambat untuk menegaskan sesuatu dan untuk menunjukkan kesedihan.

5. Variasi Nada Suara

Variasi suara yang dimaksud di sini adalah tentang tinggi rendahnya nada saat Anda berbicara. Ini penting karena jika tidak dioptimalkan berbicara Anda akan datar, tidak menggugah, cenderung membosankan.

Apa yang harus dilakukan?

Sederhana saja, Anda perlu berlatih bagaimana mengoptimalkan suara Anda.

Apa yang harus dilakukan?

Sederhana saja, Anda perlu berlatih bagaimana mengoptimalkan nada suara Anda. Anda harus tahu pada kalimat mana Anda menggunakan nada rendah, pada kalimat mana menggunakan nada normal dan pada kelimat mana menggunakan nada tinggi.

6. Jeda

Steve Jobs, Obama, John F Kennedy adalah beberapa dari banyak presenter kelas dunia yang paham betul bagaimana menggunakan jeda dengan baik. Jika Anda sering melihat presentasi mereka di youtube, maka Anda akan menyaksikan betapa mereka adalah orang-orang yang piawai dalam menggunakan jeda.

Mengapa jeda itu penting? Karena jeda dapat memberikan banyak manfaat untuk Anda dan audiens yang mendengarkan. Berikut adalah beberapa manfaat jika Anda menggunakan jeda dengan baik dalam setiap presentasi yang Anda lakukan.

  • Membantu audiens memahami pesan
  • Membantu menciptakan dampak secara emosional
  • Membantu mengatasi bergumam
  • Membantu mengontrol kecepatan dalam berbicara

Kapan sebaiknya jeda itu digunakan? Anda bisa menggunakan jeda di mana saja, tergantung dari tujuan Anda melakukannya, yang penting Anda juga harus merasa nyaman melakukannya. Namun supaya Anda dapat bisa melakukannya dengan efektif, ada petunjuk sederhana yang bisa Anda jadikan panduan dalam menggunakan jeda.

  • Gunakan jeda pada saat akan mengambil nafas
  • Gunakan jeda pada akhir kalimat
  • Gunakan jeda saat Anda perlu berpikir sesaat
  • Gunakan jeda sebelum menyampaikan sesuatu yang Anda anggap berharga
  • Gunakan jeda setelah mengajukan pertanyaan retoris
  • Gunakan jeda saat melakukan transisi dari satu topik bahasan ke topik bahasan lain

Itulah beberapa saran menggunakan jeda.

Namun untuk hasil yang maksimal Anda perlu berlatih, karena Anda akan tahu bagaimana jeda dapat Anda gunakan dengan benar saat Anda melatihnya.

Kesimpulan

Demikianlah enam hal yang harus Anda optimalkan dalam menggunakan bahasa verbal yaitu penggunaan bahasa, efisiensi penggunaan kalimat, kejelasan dan kejernihan suara, kecepatan berbicara, volume suara dan jeda.

Supaya Anda bisa mengoptimalkan bahasa verbal dengan baik, saran saya lakukan latihan dengan baik.

Percayalah jika ini bisa Anda optimalkan dengan baik Anda akan mampu berbicara dengan baik dan elegan di hadapan audiens.

 

Tags: bahasa verbal jeda kecepatan berbicara

author
Author: 
Saya founder dan penulis utama di website Ronapresentasi.com. Saya seorang trainer spesialis bidang presentasi penulis buku teknik presentasi dan profesional blogger bidang presentasi. Ingin mengundang saya sebagai pembicara dalam training in house presentasi di perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin hubungi saya di 081 215 647 083 pada jam kerja.
  1. author

    Sony3 years agoReply

    Ulasan yang singkat dan mudah dipahami, mksh bung Rona, langsung dipraktekkan anjurannya

  2. author

    Desi Linawati3 years agoReply

    Sangat membantu pak,trimakash,tambah sukses

  3. author

    Rona El-sinta3 years agoReply

    Sama-sama mbak Desi Linawati, senang sekali jika ulasan ini membantu Anda, salam ya buat mas Pri, hehehe

  4. author

    Misran Efendi3 years agoReply

    sungguh luar biasa manfaat yang sy peroleh dr semua tlisanx.tk

  5. author

    Rona El-sinta3 years agoReply

    Sama-sama paka Misran, kami ikut senang bisa blog presentasi ini bisa memberikan manfaat untuk bapak.

  6. author

    Aan Setiawan3 years agoReply

    dahsyat,, tulisan ini bagi saya bermanfaat,, terimah kasih,,

  7. author

    Sutandi3 years agoReply

    Sangat membantu sekali Pak,trimakasih atas sharenya…semoga sukses n sehat selalu…!?

  8. author

    Rona Binham (Author)3 years agoReply

    Sama-sama pak Sutandi, terima kasih juga atas doanya ….

  9. author

    Rona El-sinta3 years agoReply

    Sama-sama mas Aan Setiawan, senang sekali jika ulasan saya ini bermanfaat untuk mas Aan, sukses untuk mas Aan.

  10. author

    Aan Setiawan3 years agoReply

    Rona El-sinta iyya mas Rona dan saya juga senang bisa membaca ulasan mas ini dan mendapat kiriman email dari mas,, 🙂

  11. Menggunakan Ice Breaking Dengen Benar Dalam Presentasi3 years agoReply

    […] membelakangi audiens. Bisa juga dikarenakana cara pembawaan Andayang garing tidak meyakinkan, bahasa verbal Anda lemah atau  body lenguage Anda yang […]

  12. 3 Teknik Rahasia Pidato Presiden Barack Obama - Rona Presentasi2 years agoReply

    […] gesture presiden Barack Obama juga menggunakan suaranya atau bahasa verbal dengan sangat efektif. Dia mengatur volume suaranya,  mengatur kecepatan suara dan menggunakan […]

  13. Menggunakan Bahasa Tubuh Yang Efektif Dalam Presentasi1 year agoReply

    […] penggunaan bahasa verbal dan bahasa tubuh Anda sesuai. Setiap gerakan yang Anda buat harus terarah dan mencerminkan kata-kata […]

  14. Tips Sukse Menjadi MC (Master of Ceremonies) Yang Baik dan Benar - Rona Presentasi1 year agoReply

    […] yang minimal harus Anda kuasai, diantaranya yang paling penting adalah kemampuan oleh vocal atau kemampuan verbal dan kemampuan penggunaan bahasa tubuh untuk memperkuat setiap kata yang […]

  15. Skill of Mastered Audiens | R&D1 year agoReply

    […] keterampilan utama yang minimal harus kita kuasai, yaitu membuka presentasi, menutup presentasi, menggunakan bahasa verbal dan menggunakan bahasa non verbal (body lenguage). Jika salah satu dari keempat keterampilan ini […]

  16. Inilah Teknik Membuat Pidato Sambutan Yang Efektif dan Menarik - Rona Presentasi1 year agoReply

    […] sampaikan dengan meyakinkan. Untuk bisa berbicara dengan meyakinkan, Anda harus tahu bagaimana cara bicara dengan baik (bahasa, variasi suara, kejernihan suara) harus Anda optimalkan dengan baik. Selain itu perkuat […]

Leave a reply "Cara Menggunakan Bahasa Verbal Dengan Mantap dan Meyakinkan Dalam Presentasi"

Must read×

GRATIS 5 VIDEO TRAINING DESAIN SLIDE DAN 9 SLIDE PRESENTASI MENARIK UNTUK ANDA

Daftaran nama dan email aktif Anda pada form di bawah ini dan dapatkan segera 5 video training desain slide dan 9 slide presentasi menarik yang akan mengubah mindset dan tindakan Anda dalam membuat dan mendesain slide untuk presentasi Anda berikutnya.
Nama Depan :
Alamat Email :