/ Konten dan cara penyampaian

Daftar Lengkap Senjata Perang Saya Untuk Menyiapkan, Membuat Dan Membawakan Presentasi

tool-presentasi-lengkap

Halo sobat rona dalam posting kali ini saya ingin share daftar senjata perang yang salam ini saya gunakan untuk mendesain slide, membawakan dan merekam presentasi.

Daftar lengkap senjata perang ini saya bagi dalam 5 kategori.

  1. Senjata untuk mempersiapkan konten
  2. Senjata untuk mendesain slide
  3. Senjata untuk membawakan presentasi
  4. Senjata untuk membuat video presentasi
  5. Senjata perang untuk membuat presentasi online (webinar)

Baik, sekarang saya akan bahas satu persatu.

Senjata perang mempersiapkan konten

Terkait dengan kontan ada dua senjata yang saya gunakan.

1. Kertas kosong

Ya, senjata pertama saya adalah kertas kosong. Kertas kosong ini saya gunakan untuk menggali ide-ide utama presentasi yang akan bawakan.

Sebenarnya ini kertas kosong tidak hanya saya gunakan untuk membuat konten presentasi tapi saya gunakan juga untuk menggali ide saat hendak menulis, termasuk jika saya ingin menulis untuk blog tercinta ini.

2. Microsift Office Word 2010

Senjata kedua saya adalah microsoft office word 2010. Meski sebenarnya sudah ada versi yang diatasnya tapi sampai sekarang saya masih setia menggunakan microsoft word 2010. Kegunaan dari microsoft word ini adalah saat saya mengembangkan ide presentasi.

Jadi setelah semua ide yang saya buat di atas kertas final, selanjutnya saya akan membuka  microsoft word untuk mengembangkan ide-ide utama menjadi dengan penjelasan yang diperlukan.

 Senjata Perang untuk Mendesain Slide

1. Microsoft office powerpoint 2010

Ini adalah senjata utama saya untuk mendesain slide. Sama halnya dengan microsoft word yang saya gunakan untuk membuat konten, meski sudah ada versi yang lebih baru sampai saat ini saya masih setia menggunakan microsoft affice 2010.

2.Photoshop 

Ini jarang saya gunakan kecuali untuk keperluan khusus, seperti menghapus backgorund gambar atau sedikit modif pada tampilan gambar yang saya gunakan.

Lo bukannya di powerpoint sudah ada fitur remove background?

Memang benar hanya saja, untuk hasil akhir menggunakan photoshop hasilnya lebih bagus dan lebih bersih. Karena itulah kadang kala saya menggunakannya.

3. Pixabay

Ini adalah salah satu situs favorit saya.

Pixabay adalah situs penyedia foto besar yang menjadi salah satu situs pertama yang selalu saya bukan saat sedang mengerjakan desain slide.

Kenapa situs ini menjadi tempat pertama?

Karena ada ribuan gambar bisa Anda dapatkan di situs pixabay ini.

Dan karena hampir semua gambar di situs ini berlisensi gratis dan bebas digunakan untuk keperluan apa saja. Bahkan saya tidak diwajibkan memberikan kredit kepada pemilik gambar atau sumber gambar

4. Flickr Creative Commons Atribution

Kemudian situs kedua yang akan saya buka jika tidak menemukan foto atau gambar di pixabay, saya pasti akan langsung buka flickr creative commones atribution.

Jika di situs pixabay hampir sebagian besar gambar berlisensi public domain (bisa digunakan tanpa harus memberi kredit) maka di situs flickr creative commons atribution ini saya boleh menggunakan doto untuk keperluan apapun dengan syarat saya memberikan kredit terhadap pemilik foto.

Jika Anda ingin melihat daftar situs lain dua situs di atas Anda bisa cek di sini

5. Freepik

Untuk situs yang satu ini adalah tempat favorit saya mencari gambar vector. Gambar vector iru adalah gambar ilustrasi, kaya seperti kartun tapi beda dengan clip art.

Untuk membuat slide unik, biasanya saya memilih menggunakan vector daripada menggunakan gambar.

6.Color Pic Software

Nah alat yang satu ini juga sering saya gunakan, khususnya saat saya sedang ingin membuat warna custom di slide presentasi saya.

Dengan alat ini, saya bisa mengetahui nilai RGB dari sebuah warna di desktop saya hanya dengan mengarahkan pointer mouse saya pada warna yang saya inginkan.

Pokoknya alat ini sangat membantu banget buat saya.

Senjata Perang Membawakan Presentasi

1. Leptop samsung RV408

Sebenarnya sebelum menggunakan leptop tua ini, awalnya saya menggunakan dell inspiron 1440. Tapi karena meledak gara-gara kepanasan karena selalu saya gunakan melebihi batas penggunaan.

Sempat kepikiran ingin mencari dell lagi, tapi karena eman-eman beli yang baru akhirnya saya ngerayu leptop mertua yang sudah rusak untuk saya gunakan. Alhamdulillah karena tahunya leptop yang saya pegang sering menghasilkan uang akhirnya di kasih deh nih leptop.

Alhasil setelah saya service dengan biaya sekitar satu juta, akhirnya leptop bisa bekerja dengan sangat baik.  Dengan begitu saya bisa menghemat beberapa juta untuk jatah beli dell untuk di gunakan keperluan lain.

Dan dari saat itu sampai sekarang leptop samsung RV408 inilah yang selalu menemani presentasi dan menemani aktivitas blogging yang salam ini saya lakukan.

2. Remote presenter logitec

Dulu sebelum menggunakan remote presenter logitec ini saya menggunakan remote yang harganya sekitar 90 ribuan yang hanya bisa maju mundur sama laser.

Tapi setelah menemukan tempat belinya, akhirnya saya ganti deh tuh remote dengan sedikit yang lebih bagus yaitu logitec remote presenter.

Dulu sempat kesulitan cari nih remote di Cilacap.

Saya ubek-ubek cilacap gak nemu juga.

Sampai pada akhirnya nemu lapak online yang menjualnya.

Dari lapak itulah logice remote ini saya beli.

Senjata Perang Membuat Video Presentasi

1. Logitec quickcam pro 900

Bukan hanya sekali atau dua kali saya di tanya sama teman seperti ini.

“Mas buat videonya pakai kamere apa”?

“Soundnya pakai mikrofonnya tipe apa”?

Karena mereka kualitasnya lumayan bagus.

Sebenarnya tidak ada alat yang spesial dan mahal yang saya gunakan. Karena saya hanya menggunakan alat logitec quickcam pro 900 itu pun boleh di kasih sama pak Noer saat saya masih menjadi tim di presentasi net.

2. Camtasia Studio

Dulu saya pakai ini tapi setelah mas trialnya habis saya belum menggunakannya lagi. Bagi saya camtasia studio ini adalah software editing video yang sangat powerfull untuk kelas editing video standar dan adnvanced. Karena selain fiturnya yang lumayan lengkap cara penggunaannya juga terbilang sangat mudah dibanding software editing video yang lainnya.

3. Video pad video editor

Ini adalah software editing yang saat ini saya gunakan. Dari segi fitur memang tidak sesimple camtasia, tapi dari  segi harga lisensi video pad editor ini terbilang cukup terjangkau. Bahkan kalau di bandingkan camtasia perbandingannya bisa sampai tiga kali lipat.

Tapi mungkin setelah beli lisensi resmi camtasia, saya akan jarang menggunakannya, karena jujur camtasia jauh lebih mudah digunakan.

Untuk contoh hasil editing

Senjata Perang untuk Membuat Presentasi Online (webinar)

Sebenarnya saya jarang sekali mengadakan webiner, pernah melakukan tapi tidak sering. Sebenarnya saya ingin sekali mengadakan webinar presentasi, hanya karena saya belum tahu respon Anda dan pembaca rona presentasi lainnya, jadi saya belum sempat mengadakannya.

Insya Alah kalau misalnya nanti banyak yang berminat webinar sekali dua kali saya akan mengadakan webinar presentasi untuk pembaca setia rona presentasi.

Dan untuk melakukan webinar saya hanya menggunakan alat powerfull milik google yaitu google handout dengan mikrofon yang baik dan slide untuk tampilan slide show saat webinar.

Sebenarnya selain google handout ada lagi alat yang juga bagus yaitu skype. Saya pernah menggunakannya satu kali, saat memberikan preview materi training di suatu perusahaan. Tapi sayang bukan saya yang memenangkan tender training di perusahaan tersebut.

Demikiallah tadi daftar senjata lengkap yang selama ini saya gunakan untuk aktivitas presentasi saya baik online maupun ofline. Jika Anda memiliki rekomendasi tools  lain, silahkan dibagikan melalui kolom komentar ya..

author
Author: 
Saya founder dan penulis utama di website Ronapresentasi.com. Saya seorang trainer spesialis bidang presentasi penulis buku teknik presentasi dan profesional blogger bidang presentasi. Ingin mengundang saya sebagai pembicara dalam training in house presentasi di perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin hubungi saya di 081 215 647 083 pada jam kerja.

Leave a reply "Daftar Lengkap Senjata Perang Saya Untuk Menyiapkan, Membuat Dan Membawakan Presentasi"

Must read×

GRATIS 5 VIDEO TRAINING DESAIN SLIDE DAN 9 SLIDE PRESENTASI MENARIK UNTUK ANDA

Daftaran nama dan email aktif Anda pada form di bawah ini dan dapatkan segera 5 video training desain slide dan 9 slide presentasi menarik yang akan mengubah mindset dan tindakan Anda dalam membuat dan mendesain slide untuk presentasi Anda berikutnya.
Nama Depan :
Alamat Email :