Membuat Slide Presentasi Menarik Dengan Prinsip Pengulangan

Membuat Slide Presentasi Menarik Dengan Prinsip Pengulangan

Dalam artikel saya tentang prinsip-prinsip desain slide yang baik saya sudah menjelaskan tentang 6 prinsip desain , salah satunya adalah prinsip pengulangan.

Menindaklanjuti ulasan mengenai prinsip pengulangan tersebut dalam ulasan ini saya ingin mengajak Anda melihat bagaimana cara menerapkan prinsip pengulangan ini pada slide presentasi Anda.

Ada tiga poin akan saya tunjukkan yaitu tentang apa itu prinsip pengulangan, fungsi dari prinsip pengulangan dan cara menerapkan prinsip pengulangan pada slide besarta contohnya.

Apa Itu Pengulangan?

Pengulangan berarti menggunakan elemen yang sama untuk beberapa slide atau keseluruhan slide presentasi. Hal ini dimaksudkan untuk membuat sebuah hubungan antara satu slide dengan slide yang lain. Dengan begitu audiens akan mudah menangkap bahwa slide memiliki suatu hubungan atau merupakan satu kesatuan.

Fungsi Pengulangan

Seperti judul bab ini fungsi utama pengulangan adalah untuk menciptakan harmonisasi yang baik pada slide presentasi Anda. Slide yang harmonis akan terlihat lebih indah dan menarik perhatian.

Selain membuat slide lebih indah dan menarik, pengulangan juga akan menjadikan slide Anda nampak profesional, elegan dan berkelas. Ini dikarenakan pengulangan juga menciptakan konsistensi.

Jika Anda sering melihat desain slide kelas dunia yang dibuat oleh presenter-presenter kelas dunia, Anda pasti akan menemukan slide yang mereka buat sangat konsisten dengan memegang teguh prinsip pengulangan.

Bagaimana Membuat Pengulangan yang Baik?

Ada banyak cara membuat pengulangan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat pengulangan.

1. Pengulangan Warna

Cara pertama untuk menerapkan prinsip pengulangan pada slide adalah dengan membuat warna yang sama di keseluruhan slide atau pada beberapa bagian slide yang Anda tentukan.

Contohnya dapat perhatikan pada slide di bawah ini.

Presentasi-Tips-Menulis-Untuk-Pemula

Silakan Anda perhatikan slide di atas, semua warna yang digunakan sama. Dan itu membuat slide nampak lebih harmonis dan enak di pandang.

2. Pengulangan Layout

Cara kedua untuk menerapkan prinsip pengulangan pada slide adalah dengan membuat pengulangan layout.

Contohnya dapat Anda perhatikan di bawah ini.

pengulangan-layout

Jika Anda perhatikan slide di tas, layout yang digunakan sama, semua teks ditempatkan di sebelah kiri dan gambar di sebelah kanan.

3. Pengulangan jenis font

Cara yang ketiga untuk menerapkan prinsip pengulangan pada slide adalah dengan membuat pengulangan jenis font yang digunakan.

Contohnya dapat Anda perhatikan pada slide di bawah ini.

Menjadi-Pribadi-Menarik

Semua font yang digunakan untuk slide di atas juga sama yaitu menggunakan dua jenis font Kaushan Script dan CabinSketch.

4. Pengulangan pada objek lain

Cara keempat untuk menerapkan prinsip pengulangan pada slide adalah dengan membuat pengulangan bentuk objek lain pada slide.

Contohnya dapat Anda perhatikan pada slide di bawah ini.

Presentasi-Action-Kunci-Kesuksesan

Pada kumpulan slide di atas ada dua objek yang diulang yaitu shape persegi transparan dan shape lingkaran untuk penomoran.

Demikianlah ulasan tentang cara membuat slide yang menarik dengan memegang taguh prinsip pengulangan, lakukan ini untuk slide presentasi Anda, saya jamin slide Anda akan terlihat tampil beda, harmonis dan menarik perhatian.

Bagaimana menurut Anda?

Jika menurut Anda ulasan kami ini bermanfaat bantu kami untuk menunjukkannya kepada banyak orang di luar sana dengan cara share ulasan ke media sosial Anda, atau dengan memberi komentar di bawah dengan akun facebook yang Anda miliki.

 

 

 

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *