Cara Membuat Presentasi Keuangan Di Powerpoint

Cara Membuat Presentasi Keuangan Di Powerpoint

Presentasi keuangan

Pada kesempatan ini saya ingin sharing kepada Anda tentang satu masalah yang banyak dikeluhkan orang khususnya bagi teman-teman yang sering melakukan presentasi keuangan di powerpoint. Saya akan membahas tentang cara membuat presentasi keuangan powerpoint dengan baik dan menarik

Mengapa membuat presentasi keuangan di powerpoint menjadi masalah penting untuk di bahas? Ada beberapa alasan:

  • Banyak orang membuat presentasi keuangan dengan cara menyalin data dari excel ke powerpoint apa adanya, dan ini sangat sulit dipahami dan membosankan.
  • Banyak orang tidak mengetahui caranya membuat data-data keuangan dari excel tersebut menjadi efektif dan menarik di powerpoint

Karena alasan itulah, pada kesempatan ini saya ingin mengajak Anda untuk melihat bagaimana cara membuatnya. Sebelum saya tunjukkan caranya, silakan Anda simak slide berikut ini.

Slide1 presentasi keuangan before

 

Anda perhatikan slide di atas. Slide di atas adalah slide yang dibuat kebanyakan orang. BIasanya slide seperti di atas adalah slide yang dibuat dari hasil copy paste.

Kemudian perhatikan teks yang ada sangat kecil, sehingga mustahil akan terbaca dengan baik oleh audiens. Jika tidak akan terbaca maka apa yang kita tampilkan tidak akan ada gunanya.

Kalau pun kita mampu memaca slide tersebut, maka kita seperti membaca dokumen biasa. Tidak ada makna tersirat yang dapat kita ambil maksudnya.

Sekarang silakan perhatikan contoh slide berikut ini yang sudah diperbaiki.

Slide2 presentasi keuangan after

 

Bagaimana Anda melihatnya, saya yakin Anda bisa melihat bahwa slide di atas jauh lebih mudah dipahami, tidak rumit dan lebih menarik.

Untuk bisa membuat slide seperti di atas sangatlah mudah.

  1. Batasi informasi yang ingin Anda tampilan pada slide.
  2. Gunakan ukuran font dengan jelas yang bisa dibaca dengan baik oleh audiens.
  3. Berikan penekanan pada informasi utama, bisa mengubah ukuran font yang berbeda atau memberikan warna
  4. Gunakan warna background yang cerah, warna putih jauh lebih baik dari pada warna yang lain.
  5. Tambahkan animasi seperlunya.
  6. Sediakan handout sebagai bahan bacaan bagi audiens. Dengan demikian ketika audiens membutuhkan informasi pendukung mereka dapat melihatnya pada handout.

Demikianlah tadi bagaimana membuat presentasi keuangan perusahaan yang baik dan benar. Jika Anda ingin benar-benar terampil dalam membuat presentasi dengan menggunakan diagram, grafik, maupun tabel untuk presentasi bisnis Anda, silakan Anda dapatkan panduannya lengkapnya DI SINI.

Bagaimana menurut Anda, apakah Anda punya pandangan lain tentang cara membuat presentasi keuangan perusahaan, jika punya silakan bagikan komentar Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *