/ Konten dan cara penyampaian

Sering Membawakan Presentasi Dengan Powerpoint? Lakukan 5 Tips Ini Jika Ingin Tampil Baik

Halo sobat,

Pada ulasan ini saya ingin sharing kepada Anda tentang 5 tips cara membawakan presentasi dengan powerpoint.

Tapi sebelum saya jelaskan 5 tips tersebut, saya asumsikan, Anda sudah bisa membuat slide yang baik. Karena tips yang akan saya tunjukkan di sini baru akan bekerja dengan baik, jika slide yang digunakan adalah slide yang baik.

Kalau misalnya Anda belum tahu cara membuat slide yang baik Anda bisa belajar dulu atau kalau Anda tidak punya banyak waktu untuk belajar Anda bisa menggunakan template profesional yang siap pakai.

Baiklah, langsung saja inilah 5 tips cara memberikan presentasi dengan powerpoint yang wajib Anda ketahui. Jika lima tips ini Anda lakukan, Anda akan dapat menampilkan presentasi Anda dengan lebih efektif, lebih menarik dan berkesan untuk audiens Anda.

Apa saja tips tersebut, silakan Anda simak ulasannya.

1. Sebelum tampil jangan lupa lakukan cek peralatan

Ini sangat penting Anda lakukan. Tujuannya adalah supaya saat Anda tampil Anda bisa menghindari adanya kesalahan teknis yang bisa mengganggu jalannya presentasi.

Saran saya, ada tiga alat utama yang harus Anda cek.

Pertama, adalah leptop. Pastikan leptop Anda sudah Anda setting dengan cara yang benar.Untuk detail cara mempersiapkan dan cara setting leptop Anda bisa baca dalam artikel tips mempersiapkan leptop untuk presentasi.

Kedua adalah LCD proyektor. Seperti yang sudah Anda ketahui tanpa LCD Anda tidak akan bisa menampilkan slideshow presentasi Anda. Karena itu LCD yang akan Anda gunakan juga harus Anda cek.

Bagaimana gambarnya, buramkah atau malah warnanya tidak sama dengan warna asli dari slide Anda.

Kalau misalnya Anda menemukan masalah seperti di atas segera ganti LCD dengan yang lebih baik.

Ketiga, remote presentasi.

2. Saat tampil manfaatkan fitur presenter view 

Sudah tahu kan fungsi presenter view  dan cara mengaktifkan fitur presenter view di powerpoint?

Ok, kalau sudah Anda bisa lompati cara yang pertama ini, dan langsung membaca cara yang kedua.

Tapi kalau misalnya Anda belum tahu fungsi presenter view dan cara mengaktifkan fitur presenter view Anda bisa baca ulasannya pada artikel saya yang berjudul Tampil Percaya Diri Dengan Mengaktifkan Fitur Presenter View

Tapi ingat jika Anda mengaktifkan fitur presenter view ini pastikan saat Anda presentasi Anda bisa meletakkan leptop yang Anda gunakan di depan atau disamping depan diri Anda. Ini supaya ketika Anda butuh melihat catatan atau melihat alur dari slide Anda, dengan mudah Anda bisa melihatnya.

3. Kontrol jalannya slide Anda dengan remote presenter

Saya harap Anda sudah punya yang namanya remote presenter. Karena ini alat yang sangat fital untuk mengontrol jalannya presentasi.

Saya pribadi, selalu menggunakan alat ini, karena benar-benar ngebantu banget saat saya presentasi. Mau dari mana pun saya berdiri saya bisa memindah slide tanpa harus mendekati meja tempat dimana leptop saya letakkan.

Kan bisa minta bantuan teman pak?

Memang bisa sih, cuma agak mengkhawatirkan. Karena yang sering terjadi presenter ngomong ini, eh malah slide yang tampil beda.

Pokoknya gak rekomended banget lah.

Kalau bisa jangan gunakan pihak ketiga, mending pakai remote saja. Saran saya kalau Anda belum punya investasikan sedikit uang untuk membelinya.

4. Hindari terlalu sering melihat ke layar

Saya tidak sekali dua kali ya, melihat presenter yang sebenarnya sudah menggunakan slide bagus. Teksnya ringkas dengan gambar yang juga menarik perhatian. Tapi masih ada saja lo yang saat bicara malah melihat gambar pada slide mereka.

Dan kalau Anda pernah melihat yang demikian atau malah Anda sendiri juga masih melakukannya, maka masalahnya hanya satu. Itu dikarenakan kebiasaan yang sering dilakukan sebelumnya. Atau kalau boleh saya pertegas, karena dulu mungkin sering menggunakan slide yang penuh teks dan sering presentasi dengan membaca akhirnya setelah mengunakan slide yang sudah baik pun kebiasaan tersebut masih terbawa.

Karena itulah saran saya, cobalah  sering-sering  berlatih. Kemudian saat tampil selalu sadari apa saja yang Anda lakukan. Dengan demikian Anda akan bisa meminimalisir melihat tampilan layar.

Apakah itu berarti tidak boleh sama sekali melihat layar?

Tentu saja boleh, kalau misalnya Anda ingin menunjukkan sesuatu pada slide Anda, yang memang perlu Anda perlihatkan Anda memang harus menghadap pada layar. Hanya saja kalau sudah ya harus segera kembali ke audiens Anda. Dan kalau tidak sedang ingin menunjukkan sesuatu pada layar, lihat layar Anda sekilas saja. Kemudian segera langsung arahkan pandangan ke audiens Anda.

5. Optimalkan penggunaan tombol B pada remote atau leptop Anda

Ini yang terakhir, sebuah teknik yang sangat mudah namun tidak banyak presenter yang mengoptimalkannya yaitu tombol B.

Memang ada apa sih dengan tombol B?

Jadi begini dalam presentasi terkadang kita itu perlu mematikan layar, di saat kita ingin audiens fokus dengan apa yang akan kita sampaikan.

Atau misalnya saat kita ingin berpindah tempat sedangkan proyektor di tempatkan terlalu rendah sehingga saat kita melewati cahaya proyektor bayangan kita akan muncul di layar. Dalam situasi yang semacam mematikan layar juga merupakan cara yang bijak.

Nah itulah fungsi tombol B, yaitu untuk mematikan layar Anda.

Percayalah meski ini sepele namun jika bisa Anda optimalkan presentasi powerpoint yang akan Anda bawakan akan terlihat berkelas.

Kesimpulan

Baik, itulah tadi empat teknik cara memberikan presentasi powerpoint yang baik. Saya ulangi empat teknik adalah:

  1. Cek peralatan
  2. Aktifkan fitur presenter view
  3. Gunakan remote presenter
  4. Hindari terlalu sering melihat ke layar
  5. Optimalkan penggunaan tombol B untuk mematikan layar

Silakan Anda terapkan untuk presentasi powerpoint Anda berikutnya

 

Photo Credit: by flickr.com

author
Author: 
Saya founder dan penulis utama di website Ronapresentasi.com. Saya seorang trainer spesialis bidang presentasi penulis buku teknik presentasi dan profesional blogger bidang presentasi. Ingin mengundang saya sebagai pembicara dalam training in house presentasi di perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin hubungi saya di 081 215 647 083 pada jam kerja.

Leave a reply "Sering Membawakan Presentasi Dengan Powerpoint? Lakukan 5 Tips Ini Jika Ingin Tampil Baik"

Must read×

GRATIS 5 VIDEO TRAINING DESAIN SLIDE DAN 9 SLIDE PRESENTASI MENARIK UNTUK ANDA

Daftaran nama dan email aktif Anda pada form di bawah ini dan dapatkan segera 5 video training desain slide dan 9 slide presentasi menarik yang akan mengubah mindset dan tindakan Anda dalam membuat dan mendesain slide untuk presentasi Anda berikutnya.
Nama Depan :
Alamat Email :