Bagaimana Membuat Slide Presentasi Lebih Menarik Dengan Teknik Rule Of Thirds

Teknik the rule of thirds

Jika Anda ingin membuat desain slide presentasi yang lebih menarik dan lebih visual maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan teknik Rule Of Thirds untuk presentasi Anda. Jika Anda mampu menggunakannya dengan baik, maka Anda tidak perlu khawatir  slide Anda akan terlihat membosankan. Ini benar-benar akan menjadi modal besar bagi Anda untuk menciptakan presentasi besar untuk masa yang akan datang.

Pada tulisan ini kita akan belajar tentang

  • Apa itu Rule Of Thirds
  • Bagaimana Anda dapat menerapkan Rule Of Thirds untuk slide PowerPoint Anda?

Apa Itu Rule Of Thirds

Dalam dunia fotografi, Rule of third atau aturan 1/3 bagian adalah petunjuk bagaimana caranya memposisikan obyek di 1/3 bagian dalam foto agar lebih enak dilihat. Teknik ini juga termasuk dalam mengkomposisikan obyek kedalam satu frame, dengan posisi yang tepat mengikuti acuan aturan sepertiga itu.Aturan ini mungkin lebih tepat disebut sebagai panduan, sebab tidak selamanya penempatan obyek di 1/3 bagian foto itu nikmat untuk dilihat semua bergantung dari obyek dan hasil foto yang dihasilkan oleh fotografer.

Ringkasnya Rule Of Thirds adalah pedoman untuk komposisi yang menunjukkan menempatkan elemen grafis utama di sepanjang garis yang membagi gambar Anda menjadi tiga bagian, atau di persimpangan dari garis itu.

Perhatikan gambar berikut:

Gambar the rule of thirds

Bagaimana menerapkan Rule Of Thirds untuk slide PowerPoint Anda?

1. Carilah foto yang mematuhi Aturan Thirds

Jika Anda menggunakan foto-foto yang akan berdampak kuat pada slide Anda maka carilah foto-foto yang mengikuti rule of thirds. Ini memang butuh kesabaran, namun untuk presentasi jangka panjang ini benar-benar akan menjadi berharga untuk Anda.

2. Buatlah skala  pada foto untuk mengikuti Rule Of Thirds

Ketika menggunakan foto, gunakan viewfinder mental Anda untuk menemukan area kecil dalam sebuah foto besar yang dapat Anda gunakan. Atau jika Anda sulit menemukan gambar yang yang mengikuti rule of thirds Anda bisa memotongnya sehingga sesuai dengan kaidah rule of thirds. Anda bisa menggunakan photoshop atau lansung potong di powerpoint.

3.  Menggabungkan gambar dengan teks sehingga salah satu atau kedua mematuhi Aturan Thirds

Untuk hasil yang lebih kuat Anda bisa menggabungkan gambar dengan teks. Ini akan menarik karena selain audiens melihat gambar mereka juga akan melihat ruang kosong dalam gambar. Jika ruang kosong ini bisa Anda manfaatkan dengan baik. Maka dampakanya juga akan lebih baik.

Demikianlah teknik membuat slide presentasi dengan rule of thirds. Percayalah ini akan menjadi investasi jangka panjang yang berharga untuk presentasi Anda.

Bagaimana menurut Anda?

Last updated: May 28, 2014 at 4:17 am

Panduan-Lengkap-desain-slide-powerpoint-profesional Training-Presentasi-Hebat-Great-Presentation

About Rona Binham

Trainer, penulis dan blogger pendiri ronapresentasi.com yang sering memberikan motivasi dan inspirasi di berbagai kesempatan dengan spesialisasi di bidang presentasi powerpoint, public speaking, motivasi dan pengembangan diri

Speak Your Mind