/ Konten dan cara penyampaian

Tips Memilih dan Mengoptimalkan Penggunaan Warna Pada Slide Powerpoint

Warna adalah salah satu elemen komunikasi visual yang sangat kuat.

Sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan oleh Satyendra Singh tentang dampak warna terhadap pemasaran menyatakan bahwa 90% dari penilaian cepat konsumen untuk membeli produk dapat dipengaruhi oleh penggunaan warna saja.

Ini dikarenakan warna dapat membangkitkan perasaan, asosiasi, dan pengalaman bagi pengguna.

Terlepas Anda percaya atau tidak dengan hasil penelitian di atas, tapi kalau kita mau jujur saat membeli suatu produk maka sedikit banyak kita juga akan sangat dipengaruhi oleh warna produk tersebut.

Nah, hal yang sama juga berlaku untuk presentasi. Jika Anda dapat menggunakan warna dengan baik, maka presentasi Anda akan mudah menarik perhatian audiens Anda dan membuat mereka nyaman melihat presentasi Anda.

Bahkan penggunaan warna yang konsisten sesuai dengan brand perusahaan atau lembaga Anda juga dapat membuat brand Anda sendiri semakin kuat.

Karena itulah, jika Anda ingin menciptakan dampak yang lebih wow dari pesentasi,  Anda tidak boleh sembarangan dalam menggunakan warna.

Terkait dengan penggunaan warna ini adalah beberapa saran yang bisa Anda lakukan. Dan saya jamin jika Anda menerapkan cara ini dengan baik, maka Anda akan dapat memilih warna yang tepat untuk presentasi Anda.

Pertama, perhatikan kontras warna antara latar belakang dengan konten yang Anda gunakan

Salah satu kesalahan paling umum dalam memilih warna untuk desain slide presentasi adalah tidak cukup memiliki kontras antara warna latar belakang dengan konten yang ada. Ini membuat konten dengan latar belakang, tidak memiliki perbedaan yang signifikan, sehingga sangat menyulitkan audiens memahami apa yang tertera pada slide.

Saran terbaik supaya Anda dapat menjaga kontras pada slide adalah dengan memastikan membedakan antara warna latar belakang  dengan konten yang Anda gunakan.

Kalau latar belakang Anda gelap (hitam, biru, merah, ungu), maka gunakan konten dengan warna terang (putih, orange, kuning atau yang lain). Sebaliknya jika Anda menggunakan latar belakang terang maka pastikan teks atau grafis Anda berwarna gelap.

Kemudian untuk perpaduan warna yang harus Anda hindari adalah perpaduan warna latar belakang gelap dengan konten gelap dan warna latar belakang terang dengan konten terang.

Nah untuk memudahkan Anda membuat memilih dua warna yang memiliki kontras yang baik. Anda dapat menggunakan bantuan roda warna seperti di bawah ini.

Roda-Warna

Kedua, perhatikan perpaduan atau skema warna yang Anda gunakan

Cara kedua untuk mendapatkan slide yang baik dengan warna yang menarik adalah dengan memilih perpaduan atau skema warna yang tepat.

Baca: teori warna tentang harmoni warna

Ini memang tidak mudah. Memilih perpaduan warna yang cocok dan harmonis satu sama lain sering menjadi tantangan tersendiri dalam mendesain slide presentasi.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena tanpa pengetahuan dasar tentang skema warna  pun Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Ada beberapa cara bisa Anda lakukan.

1. Memanfaatkan skema warna di situs colourlovers.com

Optimasi warna colourlovers

Colourlovers adalah website komunitas di mana orang-orang dari seluruh dunia membuat dan berbagi palet, warna dan tren-tren terbaru penggunaan warna yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam memilih warna yang tepat untuk desain Anda.

Ada banyak pilihan skema warna pupuler yang bisa Anda gunakan untuk mendesain slide Anda. Menariknya semua skema warna disertai dengan RGB. Dengan demikian Anda bisa meniru sama persis skema warna tersebut untuk mengoptimasi slide presentasi Anda.

Slide2

Pallet warna favorit di colourlovers.com

 Slide3

Trand warna di colourlovers.com

2. Menggunakan adobe kuler skema warna

Abode Kuler adalah alat skema warna berbasis website milik Adobe yang bisa menghasilkan skema warna untuk keperluan desain Anda. selain itu website ini juga memungkinkan Anda untuk membuat skema warna Anda sendiri. Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup daftarkan diri Anda, setelah akun Anda aktif Anda bisa langsung memanfaatkan website tersebut untuk membuat skema warna Anda. Ada dua cara menarik untuk membuat skema warna di sini.

Pertama, dengan memilih roda warna sebagai warna dasar. Di sini Anda bisa mengatur sendiri skema warna yang Anda inginkan. Setelah menemukan skema yang cocok Anda bisa simpan skema tersebut.

 

Gambar-Optimasi-Warna-1

Membuat skema warna dasar di Adobe Kuller

Kedua, dengan memasukkan gambar dari leptop atau komputer Anda. Setelah itu secara otomatis Anda akan mendapatkan kombinasi skema warna dari gambar yang Anda masukkan tadi. Kemudian silakan Save. Untuk mengetahui nilai RGB silakan edit melalui menu Action.

Gambar-Optimasi-Warna2

Membuat skema warna dari gambar di Adobe Kuller

3. Menggunakan Hex Color Tool

Hex Coolor tool adalah aplikasi pengolah warna berbasis website yang sangat luar biasa.

Kenapa ini saya katakan luar biasa?

Alsan sangat sederhana. Itu karena hanya dengan memasukkan nilai HEX suatu warna tertentu, maka dalam hitungan detik Anda akan mendapatkan berbagai macam pallet harmonis yang bisa Anda gunakan untuk keperluan desain slide presentasi Anda.

Cara kerjanya sangat mudah.

Pertama, Anda buka website Hex Color Tool

Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

color picking tool

Selanjutnya silakan Anda masukkan kode warna ada kolom di bawah teks Enter a color. Kemudian kilik pada menu di sebelahnya. Anda bisa coba masing-masing menu dan lihat hasil skema warna yang dihasilkan.

Contohnya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

masukkan kode warna

Lighten

Lighten Pallet

Darken

Darken Pallet

4. Menggunakan Color Pic

ColorPic adalah software yang fungsinya adalah membidik warna tertentu pada dekstop Anda, kemudian secara otomatis software tersebut akan mengetahui kode dari warna yang Anda bidik.

Apakah perlu menggunakan alat ini?

kadang sangat diperlukan. Saya pribadi sering menggunakan alat ini. Karena kadang saya menemukan warna yang sangat menarik di sebuah situs, foto, brosur atau slide tapi saya tidak tahu kode warnanya sehingga saya cukup kesulitan untuk meniru warna tersebut sama persis untuk keperluan desain saya.

Karena itulah saya memanfaatkan Software ColorPic ini untuk keperluan optimasi warna pada desain slide yang saya buat.

Cara mendapatkannya sangat mudah. Anda search saja di google dengan kata Free Software ColorPic, pasti Anda akan menemukan situs di mana Anda dapat mendownload software tersebut. Setelah itu silakan Anda download  kemudian instal. Setelah itu Software tersebut bisa  Anda gunakan.

Untuk cara penggunaannya sendiri sangat mudah. Anda buka softwarenya, kemudian Anda buka gambar, slide atau apapun yang warnanya ingin Anda bidik. Kemudian Anda letakkan pointer Anda tepat di warna yang Anda bidik. Maka secara otomatis ColorPic akan menampilkan kode warna yang dapat Anda simpan dan gunakan.

Screenshot color pic

5. Menggunakan skema warna siap pakai dari Rona Presentasi

Jika Anda tidak ingin terlalu repot mengunjungi situs Colour Lovers atau menggunakan Adobe Kuler saya ada solusi baik untuk Anda.

Solusinya adalah dengan mendownload 60 skema warna menakjubkan yang sudah kami siapkan untuk Anda. Seperti inilah contoh skema warna yang akan Anda dapatkan.

Skema-Warna-Slide

Dengan 60 skema warna yang menakjubkan ini, Anda bisa melakukan optimasi warna tanpa perlu melakukan trail and error, tanpa perlu buka website tanpa perlu menggunakan aplikasi atau software optimasi warna apapun.

60 Skema warna ini akan membuat pekerjaan desain Anda jauh lebih mudah dan lebih cepat, karena setiap skema warna sudah dilengkapi dengan nilai RGB sehingga Anda dapat dengan mudah menyonteknya.

Lantas bagaimana mendownloadnya?

Mudah saja. Jika Anda sudah membeli Great Presentation Design Pack. Anda bisa langsung download 60 kombinasi warna menakjubkan ini di member area.

Namun jika Anda belum membeli Great Presentation Design Pack, silakan beli Great Presentation Design Pack Di Sini.

Demikianlah cara memilih dan mengoptimalkan penggunaan warna untuk slide powerpoint. Silakan praktikkan dan Anda buktikan  hasilnya.

 

 

Tags: Optimasi warna slide presentasi

author
Author: 
Saya founder dan penulis utama di website Ronapresentasi.com. Saya seorang trainer spesialis bidang presentasi penulis buku teknik presentasi dan profesional blogger bidang presentasi. Ingin mengundang saya sebagai pembicara dalam training in house presentasi di perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin hubungi saya di 081 215 647 083 pada jam kerja.
  1. 8 Cara Membuat Slide Profesional Dengan Tipografi3 years agoReply

    […] menciptakan kejelasan, harmoni dan keindahan pada slide. Untuk itu mempertimbangaan penggunaan skema warna perlu menjadi kebiasaan yang selalu Anda bangun. Dalam menggunakan skema warna pastikan dua hal ini […]

Leave a reply "Tips Memilih dan Mengoptimalkan Penggunaan Warna Pada Slide Powerpoint"

Must read×

GRATIS 5 VIDEO TRAINING DESAIN SLIDE DAN 9 SLIDE PRESENTASI MENARIK UNTUK ANDA

Daftaran nama dan email aktif Anda pada form di bawah ini dan dapatkan segera 5 video training desain slide dan 9 slide presentasi menarik yang akan mengubah mindset dan tindakan Anda dalam membuat dan mendesain slide untuk presentasi Anda berikutnya.
Nama Depan :
Alamat Email :