Tips Menyampaikan Presentasi Materi Kuliah yang Baik dan Menarik

Presentasi Materi Kuliah – Salah satu tugas penting yang pasti di lakukan oleh mahasiswa adalah presentasi. Namun sayang kebanyakan presentasi materi kuliah membosankan. Presentasi di sampaikan dengan cara membaca makalah, membaca slide, tidak menggunakan bahasa tubuh yang baik. Dan lebih yang lebih parah lagi kebanyakan mahasiswa tidak mampu menghadapi sesi tanya jawab dengan baik.

Hal ini jelas merugikan.  Sebagai presenter Anda tidak akan diperhatikan oleh audiens dan akan gagal mentransfer informasi materi kuliah kepada mereka. Dan satu lagi Anda akan kehilangan kesempatan untuk menarik simpati dosen terhadap diri Anda. Asal Anda tahu dosen paling suka melihat mahasiswa yang terampil melakukan presentasi.

Lantas Bagaimana menyampaikan Presentasi Materi Kuliah yang Baik dan Menarik?

Inilah pertanyaan yang akan saya jawab dalam artikel ini. Namun sebelum membahas hal itu. Ada beberapa kriteria dari presentasi materi kuliah yang harus Anda ketahui.

  • Presentasi materi kuliah umumnya dilakukan berkelompok
  • Presentasi kuliah bertujuan memberikan informasi terkait dengan mata kuliah yang sedang di tempuh.
  • Presentasi biasanya dilakukan dalam waktu 15-20 menit
  • Presentasi materi kuliah biasanya diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi.

Sekarang Anda sudah tahu kriteria dari materi presentasi kuliah. Dan tips yang akan saya sampaikan kali ini akan mengacu pada kriteria tersebut.

Apa saja tipsnya berikut adalah penjelasannya.

1.      Mulailah dengan membuat makalah yang baik

Dalam presentasi materi kuliah biasanya presentasi dilakukan untuk membahas makalah yang dibuat oleh mahasiswa. Maka syarat pertama supaya presentasi berjalan dengan baik, maka makalah pun juga harus di susun dengan baik.

Lantas bagaimana menyusun makalah yang baik.

Saya yakin sebagian dari Anda sudah tidak asing dengan membuat makalah. Aturan paling umum dalam membuat makalah adalah  pendahuluan, isi dan penutup. Di sini saya tidak akan menunjukkan bagaimana cara membuat makalah, karena saya yakin Anda sudah tahu cara membuatnya. Hanya saja saran saya, apapun makalah Anda tetap tetapkan tujuan presentasi makalah Anda. Hal penting karena ini akan menjadi pelabuhan akhir dari presentasi Anda.

2.      Kerjakan materi presentasi secara bersama-sama

Sudah tidak rahasia lagi jika makalah dikerjakan secara kelompok, maka yang membuat makalah pada umumnya hanya satu orang. Dan ini jelas kesalahan. Yang paling baik makalah harus dibuat secara bersama-sama. Hal ini supaya masing-masing kelompok bisa mengetahui isi makalah yang akan disampaikan.

3.      Buat slide Anda menarik

Slide sebagai alat bantu visual harus dibuat dengan baik. Jangan asal-asalan. Seperti yang dilakukan kebanyakan mahasiswa, mereka membuat slide dengan cara asal copy paste. Dan hasilnya slide yang mereka buat penuh dengan bullet point yang membosankan. Dan yang paling buruk dari penggunaan slide yang penuh dengan bullet point adalah presenter membaca powerpoint. Ini jelas harus dirubah dan cara yang paling baik adalah dengan membuat slide presentasi Anda menarik.

4.      Lakukan latihan secara bersama-sama

Setelah slide Anda jadi langkah selanjutnya adalah melakukan latihan bersama-sama. Perlu Anda ingat presentasi materi kuliah yang saya maksudkan di sini adalah presentasi tim. Maka tidak ada cara terbaik untuk melakukannya kecuali Anda berlatih dengan semua anggota kelompok.

5.      Buka presentasi Anda dengan baik

Dalam presentasi apa pun membuka presentasi dengan baik adalah syarat mutlak yang harus dilakukan.  Pembukaan yang baik akan menarik perhatian audiens untuk mendengarkan Anda sampai selesai. Dan sini pulalah Anda menciptakan kesan pertama yang menarik.  Dalam presentasi materi kuliah Anda bisa menggunakan pembukaan dengan cara menjelaskan maksud dan tujuan, menggunakan kutipan, data dan fakta, atau cerita. Semua itu tergantung dari materi yang Anda sampaikan dan kesan apa yang ingin  Anda bangun di awal.

6.      Sampaikan materi Anda dengan meyakinkan

Sesuatu yang meyakinkan akan lebih mudah diterima oleh audiens dari pada sesuatu yang penuh keraguan. Apa pun isi presentasi Anda sampaikan hal itu dengan penuh keyakinan. Selain itu perhatikan intonasi suara, variasi suara, kontak mata, gerakan tangan atau sikap badan. Karena sesuatu yang keluar dari mulut Anda tidak akan cukup kuat jika tidak diimbangi dengan bahasa non verbal atau body lenguage.

7.      Gunakan transisi yang baik

Dalam presentasi tim, Anda harus memperhatikan pula transisi ketika terjadi pergantian presenter. Presenter yang lebih dulu harus membuat transisi yang mengarahkan ke presenter selanjutnya. Bagi presenter selanjutnya bisa mengulas sedikit apa yang disampaikan presenter sebelumnya, kemudian baru ia menyampaikan apa yang perlu ia sampaikan.

8.      Tutup presentasi Anda dengan kuat

Jika dalam pembukaan Anda membangun kesan pertama yang menarik, maka dalam penutupan presentasi Anda membangun kesan yang mendalam. Harapannya audiens mengingat apa yang Anda sampaikan setelah mendengarkan presentasi yang Anda sampaikan. Caranya terbaik dalam menutup presentasi materi kuliah adalah dengan merangkum apa-apa yang sudah Anda sampaikan.

9.      Hadapi sesi tanya jawab dengan cemerlang

Sudah tidak rahasia lagi setelah presentasi berakhir, maka akan ada sesi tanya jawab yang akan Anda lakukan. Di sini pemahaman materi Anda akan benar-benar di uji. Namun tidak ada yang perlu ditakutkan di sini, jika Anda telah mempersiapkan presentasi Anda dengan baik. Karena bentuk dari presentasi materi kuliah ini adalah presentasi tim, maka setiap tim harus berkontribusi untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh audiens.  Percayalah jika Anda tahu bagaimana menghadapi sesi tanya jawab yang baik, maka Anda akan sukses dalam sesi ini.

Demikianlah tips sederhana bagaimana menghadapi presentasi materi kuliah. Terapkan tips ini adalah presentasi Anda. Percayalah Anda akan sukses dan Anda akan mendapatkan respek dari teman-teman Anda, bahkan dosen Anda.

Bagaimana menurut Anda?

Download slide presentasi menarik desain kelas dunia

Last updated: May 29, 2014 at 17:44 pm

About Rona Binham

Trainer, penulis dan blogger pendiri ronapresentasi.com yang sering memberikan motivasi dan inspirasi di berbagai kesempatan dengan spesialisasi di bidang presentasi powerpoint, public speaking, motivasi dan pengembangan diri

Bagikan Komentar Anda

  1. Thanks, atas Info nya.
    Ini sangat Bermanfaat buat saya.

  2. Sama-sama mas, saya senang jika ulasan ini bermanfaat untuk mas Armand

  3. keren,,, siap di terapkan

  4. Trimaksh banyak atas materinya , sangat membantu sekali

  5. Rifaldi Alfarisy says:

    TOP (y)

Speak Your Mind