5 Trend Desain Slide Presentasi Yang Perlu Anda Ketahui Di Tahun 2016

5 Trend Desain Slide Presentasi Yang Perlu Anda Ketahui Di Tahun 2016

Selama mendalami ilmu desain slide saya melihat trend cara pembuatan desain slide presentasi dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan.

Tentu ini adalah hal yang positif bagi kita sebagai seorang presenter. Karena kita akan memiliki lebih banyak cara atau pendekatan yang dapat kita gunakan untuk membuat tampilan slide presentasi kita menjadi lebih menarik dan tampil beda.

Berikut ini ada 5 trend  desain slide presentasi di tahun 2016 ini yang sudah saya ulas untuk Anda. Semoga Anda dapat mengambil manfaat dan dapat menggunakannya untuk membantu kesuksesan presentasi Anda.

1. Flat Style Design

Flat style design adalah  gaya desain slide presentasi yang dibuat dengan bentuk datar, biasanya slide model seperti ini menggunakan icon atau simbol atau perpaduan dari beberapa icon atau simbol untuk menyederhanakan pesan dan visual supaya lebih realistis, mudah dipahami oleh audiens.

Contohnya dapat Anda perhatikan pada slide di bawah ini.

trand-desain

2. Non Linier Presentation

Sebelum menjelaskan tentang trend presentasi Non Linier terlebih dulu saya ingin mengajak Anda untuk memahami apa itu presentasi linier dan apa presentasi non linier.

Presentasi linier adalah presentasi terstruktur yang umumnya disampaikan secara urut dari slide satu ke slide dua, dari slide dua ke slide tiga dan seterusnya. Sedangkan presentasi non-linier adalah presentasi yang memungkinkan seorang presenter dapat menyampaikan presentasi secara melompat atau dengan kata lain mereka dapat menampilkan slide secara tidak berurutan dengan terlebih dahulu melakukan penyesuaian-penyesuaian.

Meski secara praktis penggunaan desain slide non-linier agak lebih rumit, namun saat ini telah banyak presenter mulai menggunakannya. Dan saya rasa jika jenis presentasi Anda cocok, maka Anda bisa menerapkan trend ini untuk presentasi Anda.

Tapi seperti yang saya katakan tadi, presentasi non-linier ini jauh lebih rumit dari presentasi linier. Artinya jika Anda ingin menerapkannya, Anda harus mau melakukan kerja lebih ekstra. Khususnya jika Anda menggunakan powerpoint, karena sudah pasti jika Anda menggunakan powerpoint Anda harus melakukan navigasi secara tepat di awal, saat pembuatan slide presentasi Anda.

3. Custom Color

Jika selama ini Anda masih menggunakan warna bawaan powerpoint yang itu-itu saja dalam membuat desain slide presentasi Anda, maka inilah saatnya Anda mengubah kebiasaan tersebut dan menggantinya dengan cara baru yaitu dengan menggunakan warna buatan atau custom warna yang lebih menarik. Dan saat ini, penggunaan custom warna telah menjadi trend dalam pembuatan desain slide di penjuru dunia.

Kenapa custom warna?

Ada beberapa alasan kuat. Pertama, karena dengan custom warna Anda dapat membuat lebih banyak pilihan warna yang dapat Anda gunakan. Kedua, Anda dapat membuat warna yang lebih menarik dibanding dengan warna bawaan powerpoint  yang cenderung biasa-biasa saja.

Contohnya dapat Anda perhatikan pada slide di bawah ini.

Color-Custom

 

Anda perhatikan slide di atas. Jika saya menggunakan warna bawaan powerpoint, rasanya tidak mungkin saya bisa membuat slide dengan warna seperti di atas. Tapi karena saya menggunakan warna custom, maka saya bisa membuatnya. Bahkan jika saya mau saya bisa membuat warna lain yang juga tak kalah menarik dengan warna-warna tersebut.

Tapi perlu diingat, jika Anda menggunakan dua warna atau lebih Anda harus memastikan skema warna yang Anda gunakan harmonis.

Jadi menurut saya trend ini adalah trend yang perlu Anda ikuti. Karena saya berani jamin dengan mengikuti trend color custom Anda akan dapat membuat slide yang lebih menarik untuk presentasi Anda berikutnya.

Untuk menambah wawasan Anda tentang cara menggunakan warna pada slide, baca ulasan kami yang lain tentang Tips Memilih dan Mengoptimalkan Penggunaan Warna Pada Slide Powerpoint

4. Retro Style

Maksud dari retro style adalah bentuk desain slide yang dibuat dengan ornamen atau objek-objek yang terkesan klasik seperti penggunaan foto-foto klasik atau foto yang sengaja dibuat klasik, ornamen atau objek lain yang identik dengan nuansa klasik atau masa lalu.

Contohnya dapat perhatikan pada slide berikut ini.

Retro-Style-

Atau slide yang berikut ini.

Retro-Style-Design

Jika Anda perhatikan kedua slide di atas, maka tampak jelas sekali slide di atas dibuat dengan unsur-unsur klasik layaknya sebuah poster retro di era tahun 60 atau 70-an.

5. Handwriting Design

Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih unik dari slide presentasi Anda, maka trend desain slide yang satu ini bisa juga Anda coba untuk presentasi Anda.

Ya, handwriting design saat ini juga telah menjadi salah satu trend presentasi masa kini. Bahkan salah satu contoh desain slide dengan model handwriting ini juga pernah menjadi pemenang kontes desain di slideshare. Presentasinya berjudul American Healthcare – A 4 Napkins Explanation.

Handwriting-Design

 

Anda perhatikan slide di atas, Anda bisa lihat bagaimana tipografi dibuat sangat unik layaknya sebuah tulisan tangan. Meski terlihat sangat sederhana, namun slide tersebut memiliki keunikan dibandingkan dengan slide kebanyakan.

Jika Anda ingin meniru trend ini caranya, tidaklah sulit. Anda cari saja font dengan gaya handwriting melalui situs-situs penyedia font gratis seperti Fonsquirel, 1001 font atau yang lain. Untuk lebih lengkapnya bisa Anda baca ulasan saya yang lain tentang 7 Website Tempat Download Font Gratis.

Atau jika Anda ingin terlihat supaya lebih realistis Anda bisa menggunakan aplikasi Penultimate jika Anda pengguna Ipad atau Iphone. Namun jika Anda tidak punya ipad atau iphone Anda bisa membuat teks atau grafis Anda terlebih dulu di kertas, kemudian Anda scan dan simpan dalam bentuk image atau pdf.

Demikianlah tadi 5 trand presentasi desain 2016.

Saya ulangi sekali lagi 5 trend desain tersebut adalah flat style design, non- linier presentation, retro design, custom color dan handwriting design. Apakah Anda akan mengikuti trand ini atau tidak semuanya kembali kepada Anda.

Tapi saran saya, selama trend ini baik, relevan untuk presentasi Anda dan bisa membuat presentasi Anda berikutnya lebih menarik dan tampil beda, akan lebih baik jika Anda mengikutinya.

Bagaimana menurut Anda?

Jika menurut ulasan ini bermanfaat, jangan lupa silakan share informasi ini kepada teman dan sahabat Anda melalui sosial share di bawah. Atau jika Anda punya informasi tambahan atau komentar terkait trend desain presentasi desain ini, silakan Anda bagikan melalui kolom komentar.

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *