Paling Ampuh 3 Cara Mengatasi Rasa Takut Saat Berbicara Di Depan Umum

Paling Ampuh 3 Cara Mengatasi Rasa Takut Saat Berbicara Di Depan Umum

Dalam sebuah survei yang dilakukan The People’s Almanac Book of list terhadap 3000 orang di Amerika mengenai hal yang paling mereka takutkan dalam hidup. Ternyata mayoritas orang Amerika lebih berani mati ketimbang berbicara di depan umum.

Terlepas dari percaya atau tidak Anda dengan hasil survei ini, tapi kalau kita berbicara fakta yang ada, maka harus kita akui kalau ternyata masih banyak orang yang takut saat diminta untuk berbicara di depan umum.

Sebenarnya bukan masalah kegagalan yang mereka takutkan. Tapi mereka takut tidak bisa tampil baik. Mereka takut lupa, takut kalau dipermalukan, takut audiens lebih pintar dan ketakutan-ketakutan lain yang sumbernya murni berasal dari kekhawatiran berlebihan yang muncul dari dalam diri.

Nah sekarang bagaimana dengan Anda?

Apakah Anda masih merasa takut saat diminta untuk berbicara di depan umum? Apakah Anda masih sering menolak jika diminta untuk berbicara di depan umum untuk melakukan pidato atau presentasi?

Jika jawaban Anda ya, maka saya ucapkan selamat, karena sebentar lagi saya akan menunjukkan 4 tips paling ampuh bagaimana cara mengatasi rasa takut berbicara di depan umum. Jika Anda menerapkan tips yang saya tunjukkan ini, Anda akan lebih percaya diri untuk tampil berbicara di depan umum.

Apa saja tips-tips tersebut?

Silakan Anda simak pembahasannya dalam ulasan berikut.

1. Lakukan Persiapan Dengan Baik

Tidak pernah atau belum ada suatu pidato atau presentasi yang sukses besar tanpa sebuah persiapan yang baik.

Perlu Anda ketahui seorang presenter yang terlatih sekali pun melakukan persiapan.

Persiapan yang baik akan berdampak pada menguatnya rasa percaya diri.

Sehingga akan menggeser rasa takut menjadi sebuah keberanian.

Persiapan yang baik juga akan membantu Anda mengatasi rasa grogi yang kemungkinan muncul menjelang melakukan pidato atau presentasi atau saat-saat pertama berdiri di hadapan audiens.

Persiapan dan latihan dapat membantu untuk mengurangi rasa takut ini dengan sekitar 75%. Teknik pernapasan yang tepat dapat mengurangi rasa takut ini sekitar 15% dan 10% sisanya adalah mental – Lenny Laskowski

Baca: 7 Cara Efektif Mempersiapkan Presentasi Dengan Baik

3. Lawan Pikiran Negatif Dengan Memikirkan Hal-Hal Yang Positif

Salah satu penyebab utama kenapa orang takut berbicara di depan umum, lantaran mereka dikuasai oleh pikiran negatif, seperti takut salah, takut tidak bisa membawakan materi dengan maksimal, takut dinilai buruk oleh audiens dan pikiran-pikiran negatif lainnya.

Dan itu besar sekali potensi munculnya di mereka yang belum pernah tampil.

Ya, meski yang sering tampil juga bisa mengalami hal sama, namun biasanya levelnya tidak setinggi mereka yang belum punya pengalaman.

Nah ketika hal tersebut muncul dan menyerang Anda, langsung lawan, langsung ganti dengan memikirkan hal-hal yang positif, memikirkan hal-hal yang baik-baik, supaya Anda bisa tenang.

3. Lakukan presentasi Anda, pidato Anda, nikmati dan jangan pedulikan hasilnya

Tidak ada cara yang lebih baik menurut saya mangatasi rasa takut, selain kita lawan ketakukan tersebut dengan melakukan apa yang kita takutkan.

Artinya, jika Anda takutnya adalah takut  berbicara di depan umum, maka supaya Anda jadi berani, maka Anda harus lakukan kegiatan berbicara di depan umum tersebut, nikmati dan tidak usah pedulikan hasilnya.

Jika penampilan Anda tersebut baru pertama kali, rasanya memang akan sangat mendebarkan.

Namun jika di penampilan pertama, Anda bisa tampil sampai selesai, apapun hasilnya, saya yakin untuk penampilan Anda yang kedua, ketiga dan seterusnya Anda akan jauh lebih berani, jauh lebih percaya diri.

Jadi saran saya, jika Anda benar-benar ingin memiliki keberanian untuk tampil berbicara di depan umum, sering-seringlah mengambil kesempatan untuk tampil, berbanyak jam terbang, dengan begitu untuk selanjutnya Anda tidak akan pernah takut lagi.

Kalau pun misalnya ada kekhawatiran, itu hanya akan sebatas grogi.

Demikianlah tiga tips ampuh bagaimana cara mengatasi rasa takut berbiara di depan umum.

Sesungguhnya rasa takut tidak akan hilang hanya saja seorang presenter hebat dengan cara yang tepat mampu mengendalikan rasa takut tersebut dan menjadikannya sebagai kekuatan untuk tampil semakin efektif dan menakjubkan.

Photo Credit: Official GDC

Eksklusif Gratis 5 Video Training Desain Slide Dan 9 Slide Presentasi Menarik
Daftarkan email aktif Anda pada form di bawah ini

8 Comments

  1. kalo kasus saya sih memang waktu itu terpaksa. di kelas gak ada gurunya, jadi saya yg maju ngajar 😛

  2. tips menarik,
    saya banyak menemui teman yang biasa berbicara di depan umu,
    Ada yang sudah sangat mahir, bahkan masih sekolah sudah jadi MC disuatu pesta pernikahan bahkan sudah dikenal banyak orang.

    Ada juga yang baru saya tau awalnya dia bicara sambil gemetaran gitu, eh sekian lama tidak jumpa, ndak tahunya sudah mahir dan lancar saat menjadi pembawa acara suatu pertemuan. Ternyata dia sering sekali tampil di depan umum gitu juga.

    Terima kasih

  3. Tipsnya bagus dangt
    berguna skali bagi org banyak
    ada teman di skolah biarpun banyak yg ngetawain tapi dia santai aja
    trnyata tipsnya ini tooo…..!

  4. keren banget tips nya
    nambahin satu nih gans,jika kita ingin lebih berani lagi kita harus sering bergaul dengan orang-orang yang lebih pintar dalam hal berbicara supaya bisa kebagian ilmunya

    Thanks

  5. Sagat bagus tips nya gans tapi apakah ada kata kata yg lebih efesiensi atau yg esensi dalam sebuah public speaking ini… Gans.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *