Inilah 4 Tips Paling Ampuh Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara Di Depan Umum

Inilah 4 Tips Paling Ampuh Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara Di Depan Umum

Dalam sebuah survei yang dilakukan The People’s Almanac Book of list terhadap 3000 orang di Amerika mengenai hal yang paling mereka takutkan dalam hidup. Ternyata mayoritas orang Amerika lebih berani mati ketimbang berbicara di depan umum.

Terlepas dari percaya atau tidak Anda dengan hasil survei ini, tapi kalau kita berbicara fakta yang ada, maka harus kita akui kalau ternyata masih banyak orang yang takut saat diminta untuk berbicara di depan umum.

Sebenarnya bukan masalah kegagalan yang mereka takutkan. Tapi mereka takut tidak bisa tampil baik. Mereka takut lupa, takut kalau dipermalukan, takut audiens lebih pintar dan ketakutan-ketakutan lain yang sumbernya murni berasal dari kekhawatiran berlebihan yang muncul dari dalam diri.

Nah sekarang bagaimana dengan Anda?

Apakah Anda masih merasa takut saat diminta untuk berbicara di depan umum? Apakah Anda masih sering menolak jika diminta untuk berbicara di depan umum untuk melakukan pidato atau presentasi?

Jika jawaban Anda ya, maka saya ucapkan selamat, karena sebentar lagi saya akan menunjukkan 4 tips paling ampuh bagaimana cara mengatasi rasa takut berbicara di depan umum. Jika Anda menerapkan tips yang saya tunjukkan ini, Anda akan lebih percaya diri untuk tampil berbicara di depan umum.

Apa saja tips-tips tersebut?

Silakan Anda simak pembahasannya dalam ulasan berikut.

1. Kuasai Materi
Ini adalah tips pertama untuk mengatasi rasa takut. Pastikan saat Anda akan berbicara di depan umum Anda sudah tahu betul tentang apa yang akan Anda sampaikan. Jangan sekedar tahu, tapi Anda harus menguasai seratus persen.

Kalau memang Anda masih pemula, usahakan Anda hanya akan berbicara untuk topik-topik atau materi-materi yang sudah Anda kuasai. Kalau pun Anda harus berbicara dengan topik yang belum Anda kuasai sebelumnya. Pastikan Anda masih punya cukup waktu untuk mempelajarinya.

2. Lakukan Persiapan Dengan Baik
Tidak pernah atau belum ada suatu pidato atau presentasi yang sukses besar tanpa sebuah persiapan yang baik.

Perlu Anda ketahui seorang presenter yang terlatih sekali pun melakukan persiapan.

Persiapan yang baik akan berdampak pada menguatnya rasa percaya diri. Sehingga akan menggeser rasa takut menjadi sebuah keberanian.

Persiapan yang baik juga akan membantu Anda mengatasi rasa grogi yang kemungkinan muncul menjelang melakukan pidato atau presentasi atau saat-saat pertama berdiri di hadapan audiens.

Persiapan dan latihan dapat membantu untuk mengurangi rasa takut ini dengan sekitar 75%. Teknik pernapasan yang tepat dapat mengurangi rasa takut ini sekitar 15% dan 10% sisanya adalah mental – Lenny Laskowski

Baca: 7 Cara Efektif Mempersiapkan Presentasi Dengan Baik

3. Berpikir Positif
Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, rasa takut muncul murni karena kekhawatiran yang berlebihan yang muncul dalam diri seseorang. Untuk itu jika Anda ingin mengatasi rasa takut, Anda harus mengubah cara berpikir negatif yang muncul dalam pikiran Anda menjadi positif.

Tapi sulit?

Tidak sulit jika Anda menguasai materi dan Anda juga sudah melakukan persiapan dengan baik.

Kalau misalnya Anda merasa sulit maka lihat kembali apakah Anda sudah benar-benar menguasai materi Anda, apakah Anda sudah menyiapkan segalanya untuk pidato atau presentasi Anda.

4. Lawan Dengan Tindakan
Maksud dari lawan dengan tindakan adalah mengatasi rasa takut dengan melakukan tindakan atas apa yang ditakutkan.

Terkait dengan public speaking, maka tindakan yang harus Anda lakukan adalah dengan mengambil kesempatan berbicara atau menerima permintaan berbicara.

Jika penampilan Anda tersebut baru pertama kali, rasanya memang mendebarkan. Tapi jika semakin sering kesempatan berbicara Anda lakukan, lama kelamaan rasa takut akan berkurang. Kalau pun masih ada perasaan di dalam diri Anda, umumnya bukanlah perasaan takut melainkan perasaan grogi.

Baca: 6 Cara Ampuh Mengatasi Grogi Saat Presentasi

Selama bertahun-tahun saya mendalami ilmu public speaking, saya belum menemukan satu pun teknik mengatasi rasa takut yang lebih efektif dengan cara ini.

Jadi saran saya, jika Anda benar-benar ingin memiliki keberanian untuk tampil berbicara di depan umum, sering-seringlah mengambil kesempatan untuk tampil. Kalau tidak ada kesempatan yang menghampiri Anda, carilah kesempatan itu sendiri.

Demikianlah 4 tips ampuh bagaimana cara mengatasi rasa takut berbiara di depan umum atau cara bagaimana mengatasi rasa takut dalam presentasi.

Saya ingatkan sekali 4 cara itu adalah kuasai materi, lakukan persiapan, berpikirlah positif dan lawan tindakan.

Sesungguhnya rasa takut tidak akan hilang hanya saja seorang presenter hebat dengan cara yang tepat mampu mengendalikan rasa takut tersebut dan menjadikannya sebagai kekuatan untuk tampil semakin efektif dan menakjubkan.

Photo Credit: Official GDC

4 Comments

  1. tips menarik,
    saya banyak menemui teman yang biasa berbicara di depan umu,
    Ada yang sudah sangat mahir, bahkan masih sekolah sudah jadi MC disuatu pesta pernikahan bahkan sudah dikenal banyak orang.

    Ada juga yang baru saya tau awalnya dia bicara sambil gemetaran gitu, eh sekian lama tidak jumpa, ndak tahunya sudah mahir dan lancar saat menjadi pembawa acara suatu pertemuan. Ternyata dia sering sekali tampil di depan umum gitu juga.

    Terima kasih

  2. Tipsnya bagus dangt
    berguna skali bagi org banyak
    ada teman di skolah biarpun banyak yg ngetawain tapi dia santai aja
    trnyata tipsnya ini tooo…..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *