Cara Membuat Grafik Di Powerpoint Yang Baik dan Menarik

Cara Membuat Grafik Di Powerpoint Yang Baik dan Menarik

Membuat grafik di powerpoint – Jika Anda sering menggunakan grafik dalam presentasi, maka ulasan dalam artikel ini akan membantu bagaimana menyajikan grafik dengan efektif dan menarik di powerpoint.

Tahukah Anda apa kesalahan yang sering dilakukan banyak orang dalam membuat grafik di powerpoint?

Kesalahan yang sering dilakukan adalah menggunakan grafik secara sembarangan. Asal buat dan tidak memikirkan apakah grafik yang mereka gunakan sesuai atau tidak.

Supaya Anda tidak melakukan kesalahan yang sama dalam membuat grafik di powerpoint yang perlu Anda pahami adalah bagaimana menggunakan grafik yang tepat untuk informasi yang akan Anda sajikan. Dan berikut adalah penjelasan mengenai beberapa jenis grafik dan pengguannya serta contoh penerapannya dalam presentasi.

1. Grafik kolom

Grafik kolom adalah grafik yang berfungsi untuk membandingkan beberapa nilai data. Dengan catatan data yang akan ditampilkan tidak terlampau banyak.

Grafik kolom

2. Grafik bar

Grafik bar memiliki fungsi yang sama dengan grafik kolom yaitu untuk membandingkan data.

Bedanya grafik kolom digunakan untuk membandingkan data yang tidak terlalu banyak, sedangkan grafik bar lebih cocok digunakan untuk membandingkan data dengan jumlah yang banyak (lebih dari 10).

Grafik bar ini sangat cocok untuk membandingkan urutan dari sebuah data.

Grafik Bar

3. Grafik Kue

Grafik kue atau pie chart cocok digunakan untuk menunjukkan atau menjelaskan sebuah proporsi dari sebuah bagian dari keseluruhan data.

Grafik Kue

4. Grafik Garis

Diagram garis paling tepat digunakan untuk menjelaskan sebuah trand perubahan data dalam kurun waktu tertentu. Selain itu diagram ini juga tepat digunakan untuk melihat fluktuasi suatu perkembangan.

Desain Visual Dengan Grafik dan Diagram

Aturan Penyajian Data Dengan Chart

Ketika Anda ingin menyajikan data dalam bentuk grafik, pastikan bahwa Anda tetap mematuhi aturan –aturan slide yang baik. Dalam hal ini ada beberapa poin penting yang harus kita lakukan sebagai presenter untuk menyajikan data.

Tentukan informasi utama yang akan Anda sampaikan

Sebelum Anda memutuskan menyajikan data, pikirkan dengan seksama informasi apa yang ingin Anda sampaikan dari data tersebut kepada audiens.

Pilih grafik yang tepat untuk mengomunikasikan data

Setiap grafik memiliki fungsi masing-masing.  Supaya data Anda efektif untuk mengomunikasikan pesan, Anda harus dapat memilih grafik yang sesuai. Apakah menggunakan grafik batang, grafik kue atau yang lain.

Soroti bagian yang utama dan penting

Apa pun jenis grafik yang Anda gunakan pastikan itu memiliki kontras yang baik. Selain itu yang tidak kalah penting soroti bagian yang ingin Anda tekankan.

 

Kesimpulan

Jika Anda ingin mengoptimalkan penggunaan grafik untuk mendukung pesan Anda maka gunakan grafik yang sesuai dengan pesan ingin Anda sampaikan.

Jika Anda mau memaparkan tentang perubahan data atau membandingkan data yang tidak terlampau banyak Anda dapat menggunakan grafik kolom.

Jika Anda ingin membandingkan data dengan jumlah yang banyak dan Anda ingin melihat urutan data Anda bisa menggunakan grafik bar. Jika Anda ingin menunjukkan atau menjelaskan sebuah proporsi dari sebuah bagian dari keseluruhan data.

 

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *