Mengapa Public Speaking Itu Penting Dipalajari dan Dikuasai Semua Orang, Apapun Profesinya

Mengapa Public Speaking Itu Penting Dipalajari dan Dikuasai Semua Orang, Apapun Profesinya

Kali ini saya akan membahas tentang satu kemampuan yang menurut saya wajib dikuasai oleh semua orang apapun profesinya.

Kemampuan ini namanya adalah public speaking.

Dan di sini saya akan menjawab pertanyaan …

Mengapa public speaking itu penting?

Kenapa Anda harus belajar dan menguasai public speaking?

Jadi gini, beberapa tahun silam saya pernah ngobrol dengan seorang teman.

Ada banyak hal yang kita obrolin, salah satunya adalah tentang public speaking dan presentasi.

Ketika masuk ke obrolan tersebut, ada pernyataan dari teman saya, bahwasanya menurutnya, dia tidak butuh belajar public speaking, dia tidak perlu belajar presentasi, karena menurut pengakuannya, selama ini dia baik-baik saja meski tidak belajar kemampuan public speaking, bahkan dia mengaku bisa berbicara di depan umum meskipun tanpa persiapan.

Karena saya tidak ingin ada perdebatan, kemudian saya alihkan pembicaraan ke hal yang lain, karena menurut saya percuma juga membahas tentang public speaking atau presentasi kepada orang yang sudah merasa pandai atau hebat di bidang tersebut.

Sejak obrolan tersebut, saya tidak pernah lagi ketemu.

Sampai pada akhirnya, setelah beberapa tahun kemudian, dia menghubungi saya, kembali. Dan anehnya tujuan dia menghubungi saya adalah karena ingin meminta bantuan.

Jadi ceritanya dia diminta oleh pimpinan suatu komunitas untuk memberikan motivasi kepada anggota komunitas. Tapi tidak tahu alasannya kenapa, tugas tersebut malah diberikan ke saya, saya diminta untuk menggantikannya sebagai narasumber.

Terus saya tanya.

Kenapa tidak mas saja yang melakukannya?

Toh masnya yang diminta, bukan saya.

Berbagai macam alasan beliau sampaikan, yang pada intinya kalau boleh saya simpulkan teman saya ini tidak siap, bukan karena tidak menguasai materi, saya yakin kalau masalah materi dia punya cukup pengetahuan. Tapi karena kemampuan public speaking-nya kurang, dia tidak mau mengambil resiko. Dari pada gagal dia mau, lebih baik dia minta bantan ahli untuk membantunya. Dan sayalah yang diminta membantunya.

Karena saya sudah kenal beliau, saya pun bersedia menggantikannya sebagai narasumber dalam kegiatan motivasi tersebut.

Sebenarnya kasus-kasus yang mirip seperti teman saya ini banyak terjadi.

Dimana banyak orang diluar sana, ketika mendapat kesempatan untuk berbicara, mereka menolaknya dengan berbagai macam alasan, yang pada intinya sama, mereka tidak siap, mereka tidak punya cukup ilmu untuk bisa berbicara dengan baik didepan banyak orang.

Meskipun ada juga yang dengan modal keberanian, mereka menerima kesempatan berbicara, tapi karena kemampuan public speaking-nya kurang, penampilannya tidak maksimal, bahkan tidak sedikit penampilannya  garing dan membosankan.

Karena itulah di sini saya ingin mengajak Anda, mulai dari sekarang pelajari kemampuan public speaking ini.

Mengapa public speaking itu penting?

Inilah yang akan saya bahas di kesempatan ini.

Saya akan tunjukkan beberapa alasan kuat, mengapa public speaking itu penting, kenapa Anda harus mempelajari public speaking dan menguasainya.

1. Dapat Menyampaikan Gagasan Di Depan Umum Dengan Baik

Sejak mendalami ilmu public speaking dari kuliah sampai sekarang, saya banyak menyaksikan kegagalan orang-orang saat public speaking.

Padahal kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang punya pengetahuan dan baik saat berbicara satu lawan satu, maupun saat berbicara dengan beberapa orang tongkrongan.

Mungkin Anda pernah melihat hal yang sama dilingkungan Anda.

Kenapa bisa demikian?

Karena berbicara di depan umum dan berbicara dalam obrolan sehari-hari adalah dua adalah hal yang berbeda.

Dalam komunikasi satu lawan satu atau obrolan di tongkrongan kita bisa membahas apapun, tidak harus ada tujuan, pembicaraan tidak harus terstruktur, tidak perlu disiapkan, tidak perlu latihan, vokal dan bahasa tubuh bebas.

Dan umumnya juga tidak ada tekanan, sehingga kita bebas berbicara tanpa ada takut maupun demam panggung.

Tapi dalam public speaking harus ada topik tertentu yang dibawakan, harus ada tujuan yang ingin dicapai, harus terstruktur, harus disiapkan, harus disampaikan dengan vokal dan verbal yang maksimal, harus dibuka dengan sesuatu yang menarik dan ditutup dengan sesuatu yang berkesan.

Dan dalam public speaking tekanannya besar, karena saat kita berdiri di depan banyak orang, semua mata tertuju kepada kita. Hal tersebut menjadi tekanan tersendiri, yang akhirnya memunculkan rasa khawatir yang berlebih yang bisa berdampak buruk pada penampilan.

Karena itulah penting bagi kita belajar ilmu public speaking dan menguasainya, agar saat kita dapat kesempatan untuk public speaking kita dapat melakukannya dengan baik, kita dapat menyampaikan gagasan, informasi, ide atau apapun di depan umum dengan lancar, percaya diri dan meyakinkan.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Anda boleh lihat dilingkungan Anda, siapapun orang yang Anda lihat pandai public speaking, pastilah percaya dirinya tinggi, dia mudah pergaulan dengan siapa saja.

Dia mudah cair dalam lingkungan pergaulan, bahkan termasuk dalam lingkungan yang benar-benar baru baginya.

Kenapa bisa demikian?

Karena public speaking memudahkan segalanya.

Bayangkan saja, jikalau dalam public speaking Anda bisa kontrol keraguan, Anda bisa percaya diri dan bisa mengkomunikasikan pesan dengan baik, padahal tekanannya besar, maka dalam pergaulan dan komunikasi sehari hari Anda tidak akan sulit melakukannya.

Dengan Anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi, maka dalam hal apapun, Anda akan berani melakukannya, sehingga potensi Anda bisa mencapai sesuatu akan terbuka lebar.

3. Lebih Mudah Meyakinkan dan Mempengaruhi Orang Lain

Belajar ilmu public speaking bukan hanya sekedar belajar bagaimana menggunakan vokal melainkan banyak juga hal diluar vokal yang dipelajari. Termasuk di dalamnya bagaimana caranya meyakinkan dan mempengaruhi orang lain. Bagaimana membangun integritas, kredibilitas dan otoritas. Bagaimana memilih dan menggunakan kata kata persuasif. Bagaimana menggunakan cerita yang dapat menyentuh emosi, bagaimama menggunakan bahasa tubuh untuk memperkuat pesan yang kita sampaikan, bagaimana melakukan call to action dan lain sebagainya.

Itulah kenapa orang kemampuan public speaking lebih mudah meyakinkan dan mempengaruhi orang lain dibandingkan mereka yang tidak menguasainya.

4. Menciptakan Banyak Pulang Dalam Bisnis dan Karir

Saya termasuk orang yang merasakan betul bagaimana peluang demi peluang bisa saya dapatkan dengan kemampuan public speaking.

Asal Anda tahu dulu sebelum kuliah saya pernah merasakan susahnya kehidupan.

Jadi setelah lulus SMA saya sempat tidak kuliah.

Saya jadi pengangguran, saya pernah jadi kuli kasar sebagai tukang amplas di perusahaan mebel, pernah jadi kuli bangunan, pernah juga jadi kuli pembuat kompor dapur di home industri.

Kurang lebih enam tahunan saya menjalani hidup tanpa tujuan yang jelas.

Sampai pada akhirnya tahun 2007 saya memutuskan kuliah lagi sembari kerja.

Dan di kampus itulah saya mengenal istilah public speaking dan serius mempelajarinya.

Tujuan awal saya belajar public speaking sangat sederhana, saya hanya ingin menjadi guru yang dapat menyampaikan materi pelajaran kepada siswa saya nantinya dengan baik, sehingga mereka bisa mengerti dan paham. Dan supaya lebih mudah bagi memotivasi dan menginspirasi mereka.

Tapi diluar dugaan, tanpa saya rencanakan dan saya bayangkan sebelumnya, setelah lulus saya langsung mendapatkan kesempatan mengajar di kampus sebagai dosen luar biasa, dan salah satu alasan kenapa saya dipilih, saya berasumsi karena saya termasuk mahasiswa yang punya kemampuan public speaking atau presentasi yang baik, di atas rata-rata mahasiswa yang lain.

Tidak hanya sampai di situ saja.

Tidak lama setelah saya mengajar sebagai dosen luar biasa, kesempatan lain pun saya dapatkan yaitu menjadi tim penulis  konten presentasi dan public speaking dan juga trainer presentasi di salah satu situs presentasi paling bergensi saat itu presentasi.net.

Apakah hanya sampai di situ saja?

Alhamdulillahnya, tidak hanya sampai di situ.

Tapi saya juga bisa mendirikan ronapresentasi.com hingga sebesar sekarang.

bisa jadi penulis buku teknik presentasi.

menjadi public speaker atau trainer presentasi di berbagai kesempatan.

Dan tentunya selain saya masih banyak orang-orang sukses diluar sana, mendapatkan banyak peluang dari public speaking atau presentasi yang mereka lakukan.

Dan saya percaya siapapun Anda, saat Anda bisa menunjukkan nilai tambah yang Anda miliki melalui public speaking atau presentasi kepada orang yang tepat, maka peluang bisnis maupun karir yang lebih akan terbuka lebih lebar.

Itulah beberapa alasan kenapa public speaking itu penting.

Jadi, sekali lagi apapun profesi Anda, jika Anda ingin menjadi komunikator publik yang baik, Anda ingin bisa selalu tampil percaya diri, bisa meyakinkan dan mempengaruhi orang lain serta mendapatkan berbagai macam peluang yang lebih baik dalam bisnis maupun karir, pelajari ilmu public speaking. Tidak hanya dipelajari, tapi juga harus dipraktekkan, harus dilatih sehingga Anda benar-benar akan menguasainya.

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *