Inilah 9 Cara Bagaimana Meningkatkan Keterampilan Presentasi Layaknya Seorang Pembicara Profesional

Inilah 9 Cara Bagaimana Meningkatkan Keterampilan Presentasi Layaknya Seorang Pembicara Profesional

 

meningkatkan-skill-presentasi

Apakah Anda pernah punya keinginan seperti ini

Memiliki kemampuan presentasi layaknya pembicara profesional

Menjadi pembicara profesional yang dibayar mahal

Jika salah satu kedua hal di atas pernah Anda inginkan, Anda sudah berada di halaman yang tepat, karena di sini saya akan mengajak Anda untuk melihat 9 cara bagaimana meningkatkan kemampuan presentasi ke level layaknya seorang pembicara profesional handal.

9 Cara ini adalah cara-cara yang sudah saya buktikan sendiri.

Sudah terbukti mampu mengantarkan yang awalnya bukan siapa-siapa bisa menjadi public speaker dan trainer spesialis di bidang presentasi.

Apa saja cara-cara tersebut, silakan Anda simak dalam ulasannya di bawah ini.

1. Memiliki alasan kuat kenapa Anda ingin belajar presentasi

Ketertarikan saya akan dunia presentasi dan public speaking bermula saat saya masih menjadi mahasiswa.

Ada dua alasan kenapa saat itu saya ingin belajar public speaking.

Pertama, karena saya ingin mendapatkan perhatian dosen.

Karena saya lihat mahasiswa yang pandai berbicara dalam diskusi dan presentasi lebih diperhatikan dan lebih disukai oleh dosen dari pada mahasiswa yang tidak pandai berbicara.

Kedua, karena saya ingin menjadi guru yang inspiratif untuk anak didik saya kelak. Karena saya punya keyakinan sepintar apapun guru, setinggi apapun sekolah guru,  jika ia tidak bisa berbicara dengan baik di depan peserta didik maka ia tidak akan bisa menginspirasi peserta didiknya.

Itu adalah dua alasan saat kuliah.

Kemudian untuk alasan setelah lulus kuliah, karena setelah lulus saya menjadi dosen luar biasa di kampus maka alasan saya memperdalam ilmu presentasi karena saya ingin menjadi dosen yang disukai mahasiswa saya, ingin bisa membantu mereka memahami materi saya, ingin bisa menginspirasi mereka dan ingin bisa menjadi pembicara yang baik dalam setiap kegiatan presentasi yang saya lakukan.

Bahkan saat itu saya sudah mulai punya alasan ingin bisa menjadi motivator atau trainer yang menginspirasi banyak orang.

Dan saat ini, setelah saya sudah menjadi trainer, sudah punya blog presentasi yang besar, saya juga masih terus memperdalam  ilmu presentasi, karena saya ingin memberikan pengetahuan terbaik dan up to date dalam bidang presentasi dan public speaking kepada Anda, kepada peserta training, kepada seluruh member dan kepada semua masyarakat luas di luar sana.

Sekarang apa alasan Anda?

Tanyakan pada diri Anda, kemudian tulis alasan tersebut kemudian taruh di tempat yang paling mudah Anda lihat.

2. Belajar dari sumber-sumber yang kredibel

buku-presentasi

 

Jika ingin menjadi master maka Anda harus belajar dengan master.

Ini juga yang akhirnya memotivasi untuk belajar dengan para master.

Tapi saya tahu, untuk belajar langsung dengan para master presentasi tidak mudah, biayanya juga tidak murah.  Tapi ini tidak bisa menghalangi niat saya, kalau saya tidak bisa belajar langsung dengan para master maka saya bisa belajar dari karya-karya mereka.

Dari situlah kemudian saya mulai mencari, mengumpulkan dan mempelajari buku-buku public speaking dan presentasi yang ditulis oleh para master presentasi baik dalam dan luar negeri.

Untuk buku dalam negeri Anda bisa baca ulasan saya tentang 8 buku public speaking dan presentasi terbaik Indonesia.

Kemudian untuk buku-buku luar negeri, berikut ini adalah daftar buku rekomendasi terbaik.

  • Beyond Bullet Point Karya Cliff Atkinson
  • Presentation Secret karya Alexei Kapterev
  • Presentation Zen karya Garr Reynolds
  • Presentation Zen Design karya Garr Reynolds
  • The Naked Presenter karya Garr Reynolds
  • Slidology karya Nancy Duarte
  • The Presentation Secrets of Steve Jobs karya Carmine Gallo
  • The Complete Presentation Skills Handbook karya Suzy Siddons
  • Boring to Bravo karya Kristin Arnold
  • Stand And Deliver karya Dale Carnegie Training
  • Sticky Presentation karya Ang tian Teck

Kemudian selain buku saya juga belajar dari video presentasi kelas dunia yang saya dapatkan dari situs TED, belajar dengan mengamati kumpulan slide keren dari situs Slide Share.

Jika Anda ingin meningkatkan level keterampilan Anda, Andan juga bisa melakukan cara yang sama, pelajari buku public speaking dan presentasi terbaik. Kemudian sering-seringlah melihat dan menganalisis video presentasi kelas dunia di TED, serta memperdalam keterampilan desain melalui situs Slide Share.

3. Tekun dan disiplin

Saya bukan orang dengan intelektual tinggi, kemampuan IQ saya biasa saja.

Tapi alhamdulillah saya menyadari hal itu dengan baik sehingga, saya harus terus belajar dengan tekun dan disiplin, supaya apa yang saya pelajari bisa saya cepat mengerti, saya pahami dan saya aplikasikan dalam kehidupan saya sehari-hari.

Saya mulai mendalami public speaking sejak 2008, terhitung sampai sekarang kurang lebih sudah lima setengah tahun. Dan alhamdulillah Selama lima setengah tahun tersebut saya bisa belajar dengan konsisten.

Saya bisa membagi waktu saya dengan baik, sehingga secara rutin saya bisa terus mengupdate dan menambah pengetahuan saya tentang presentasi powerpoint dan public. Bahkan sampai sekarang pun saya masih terus belajar.

4. Fokus

Anthony Robbins seorang pelatih sukses dunia pernah mengatakan “Salah satu alasan mengapa begitu sedikit dari kita mencapai apa yang kita benar-benar inginkan adalah bahwa kita tidak pernah mengarahkan fokus kita, kita tidak pernah berkonsentrasi dengan kekuatan kita. Kebanyakan orang menggandakan jalan mereka menjalani hidup, tidak pernah memutuskan untuk menguasai sesuatu secara khusus.

Dan itu benar, saya sudah membuktikannya. Fokus juga menjadi salah satu senjata yang saya miliki. Tapi ini bukan berarti saya tidak belajar keterampilan lain, saya tetap belajar keterampilan lain, tapi yang mendapatkan prioritas utama adalah presentasi dan public speaking.

5. Praktek

Saya sangat bersyukur di berikan anugerah oleh Allah SWT pernah berkesempatan menjadi mahasiswa, dosen, guru, aktivis organisasi, dan trainer.

Karena itu semua benar-benar telah menjadi media yang sangat efektif untuk mempraktekkan semua hal yang telah saya pelajari tentang presentasi dan public speaking.

6. Memiliki Inspirator

Bergabung dengan  Presentasi Net sebagai penulis dan trainer adalah hal yang paling membahagiakan dan sangat saya syukuri.

Di sana selain saya bisa berbagi, saya juga mendapatkan kesempatan untuk belajar dari profesional, praktisi presentasi dan desain berpengalaman yang handal dalam bidangnya masing-masing. Ini menjadikan pengetahuan dan keterampilan saya bertambah mantap dari waktu ke waktu.

7. Membuka diri menerima kritik dan saran

Jujur sebagai manusia biasa ketika mendapatkan kritikan rasanya diri ini kadang tidak bisa terima. Apalagi jika kritikan itu pedas. Namun sebagai manusia yang ingin terus maju, saya terus belajar bagaimana bisa menerima kritik dengan terbuka. Meskipun bagi saya kadang sulit.  Tapi harus saya akui tanpa kritik saya tidak akan mungkin bisa seperti sekarang ini.

8. Selalu melakukan evaluasi

Di dunia ini tidak ada yang sempurna. Dalam hal apapun termasuk dalam presentasi. Akan selalu ada kekurangan, akan selalu ada hal-hal yang bisa diperbaiki.

Biasanya  setelah selesai penampilan baik waktu masih mengajar atau sekarang setelah memandu kegiatan training. Saya selalu melakukan evaluasi atas penampilan saya. Yang baik akan saya pertahankan, yang kurang baik akan saya hilangkan. Evaluasi ini mencakup efektivitas materi, penampilan, evaluasi struktur presentasi, kesesuaian waktu dan lain sebagainya.

9. Selalu mengupdate informasi terbaru dan relevan

Zaman terus berubah maka ilmu juga akan terus berubah menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Sama halnya dengan ilmu presentasi. Tidak ada ilmu presentasi yang statis, semua dinamis.

Hari ini teori ini relevan besok bisa jadi tidak lagi relevan. Karena itu saya terus belajar, saya terus memperluas pengetahuan saya tentang isu-isu terkini tentang dunia presentasi dan public speaking.

Saya percaya satu hal, sepandai apapun ilmu yang saya kuasai hari ini, jika tidak saya asah maka lama kelamaan ilmu itu akan luntur.

Karena itulah saya terus berdoa, semoga Allah terus memudahkan jalan saya, membukakan peluang yang lebih besar kepada saya, supaya saya bisa terus belajar, terus memberi dan terus menginspirasi melalui public speaking dan presentasi.

Demikianlah teman-teman, sembilan cara yang telah saya lakukan selama ini dalam meningkatkan keterampilan presentasi saya ke lebih tinggi.  Silakan teman-teman amati, tiru dan modifikasi apa yang telah saya lakukan jika menurut teman-teman itu bermanfaat buat teman-teman.

Saya hanya berharap ulasan ini bisa lebih memotivasi teman-teman untuk terus belajar, terus mendalami keterampilan presentasi sehingga nantinya akan lebih banyak inspirator-inspirator hebat untuk menginspirasi Indonesia menjadi lebih baik lagi.

 

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *