Cara Membuat Slide Presentasi Bisnis Powerfull Dengan Pendekatan KWICK

Jika Anda sering merasa kesulitan membuat slide presentasi bisnis yang visual, kesulitan menyajikan presentasi data dan angka dari excel ke powerpoint, maka inilah solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan Anda yaitu dengan menerapkan pendekatan KWICK.

Dave Paradi dalam bukunya The Visual Slide Revolution menjelaskan teknik KWICK adalah teknik bagaimana kita merubah slide yang overload teks menjadi slide visual yang efektif dan powerfull.

Bagaimana menerapkan pendekatan SWICK tersebut dalam presentasi bisnis?

Mari kita bahas satu persatu cara menciptakan presentasi bisnis dengan pendekatan KWICK.

1. K- Key Point

Langkah pertama Anda harus mampu menemukan informasi utama yang ingin Anda sampaikan pada slide. Ingat satu slide hanya untuk satu informasi utama. Jika Anda memiliki tiga informasi utama yang ingin disampaikan maka sebaiknya buatlah tiga slide.

2. W- Words that Suggest the Visual

Setelah Anda menemukan informasi utama yang ingin Anda sampaikan selanjutnya buatlah judul slide Anda, namun tidak hanya sekedar judul, namun judul yang bisa menggambarkan informasi utama Anda.

3. In – In Context

Setelah Anda menemukan informasi utama, Anda sudah membuat judul yang menggambarkan informasi utama, selanjutnya tentukan visual yang paling tepat dengan konteks yang Anda sampaikan.

Jika pesan utama Anda berbicara tentang perbandingan beberapa nilai data dari waktu ke waktu Anda bisa menggunakan grafik kolom dan bar, jika pesan utama Anda berbicara tentang pangsa pasar Anda dapat menggunakan grafik kue, jika pesan Anda berbicara tentang sebuah trand perubahan data dalam kurun waktu tertentu  maka Anda bisa menggunakan grafik garis, atau jika pesan Anda berbicara tentang sebuah proses Anda bisa menggunakan diagram time line.

4. C – Crystal Clear

Setelah visual selesai Anda buat, selanjutnya adalah memastikan slide Anda jelas dan mudah dipahami.

Cara paling sederhana untuk melakukannya adalah dengan memberikan penekanan pada informasi utama. Ini dapat kita lakukan dengan memberikan warna yang berbeda pada informasi utama atau penggunaan collout untuk mengarahkan audiens pada informasi utama.

Selain itu pastikan juga grafik, diagram atau tabel yang Anda gunakan jelas. Latar belakang dan visual harus kontras. Buang juga elemen-elemen visual yang berpotensi mengganggu.

5. K – Keep Focus

Setelah slide selesai Anda buat, selanjutnya Anda harus memastikan fokus tetap terjaga dengan baik saat menyajikan informasi. Karena jika tidak, usaha dan kerja keras Anda akan sia-sia. Artinya informasi yang Anda sajikan harus logis. Saat menyajikan informasi jangan langsung semua informasi Anda tampilkan karena itu akan membuat audiens bingung.

Dalam hal ini Anda dapat menambahkan animasi seperlunya untuk menjelaskan bagian demi bagian secara berurutan.

Demikianlah cara membuat slide presentasi bisnis powerfull dengan pendekatan SWICK. Perlu Anda tahu untuk membuat slide presentasi bisnis yang powerfull, Anda tidak harus jadi seniman desain. Cukup dengan mengetahui bagaimana menerapkan prinsip-prinsip dengan benar, Anda akan mampu membuat slide yang tampil beda. Jadi siapapun bisa melakukannya.

Berikut ini adalah beberapa contoh slide before after cara membuat slide bisnis powerfull dengan pendekatan SWICK.

Slide bisnis 1

 

Slide bisnis 2

 

Slide-Bisnis

 

Jika perusahaan atau organisasi Anda ingin mendalami bagaimana membuat dan menampilkan presentasi hebat, termasuk mendalami bagaimana membuat slide bisnis yang powerfull, Anda bisa mengundang kami dalam In House Training Presentasi di perusahaan atau organisasi Anda.

Untuk info In House Training silakan hubungi kami melalui kontak 081215647083. atau Anda juga bisa baca keterangan lengkapnya di SINI.

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *