7 Tips Public Speaking Untuk Guru Yang Efektif Agar Kegiatan Mengajar Jadi Lebih Menarik dan Komunikatif

7 Tips Public Speaking Untuk Guru Yang Efektif Agar Kegiatan Mengajar Jadi Lebih Menarik dan Komunikatif

Guru merupakan profesi yang sangat dekat dengan aktivitas berbicara.

Maka sudah menjadi keharusan bagi seorang guru menguasai kemampuan berbicara agar setiap bahan ajar yang mereka sampaikan dapat diterima dengan baik, dapat dimengerti dan dipahami dengan mudah.

Tidak hanya sampai di situ, guru dengan kemampan berbicara atau public speaking yang baik, juga cenderung lebih disukai oleh peserta didik. Dibandingkan dengan guru yang kemampuan berbicaranya standar, apalagi kurang.

Karenanya di sini saya akan share kepada Anda, khususnya yang berprofesi sebagai guru tujuh tips yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan public speaking Anda saat mengajar.

1. Hindari berbicara atau mengajar dengan membaca

Sejak saya sekolah dulu sampai dengan sekarang, ternyata masih guru yang mengajar  dengan cara membaca. Sebagian besar transfer informasi ilmu yang mereka lakukan dengan membaca buku ataupun membaca bahan ajar yang ditampilkan dalam media slide.

Dampaknya, proses pembelajaran jadi garing dan membosankan.

Karenanya jangan lakukan kesalahan yang sama.

Saat Anda mengajar pastikan Anda berdiri di depan kelas, dekati siswa, sampaikan materi dengan pandangan atau kontak mata Anda menghadap ke para siswa.

Kalaulah Anda perlu membaca, bacalah hanya poin-poin penting dari materi yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Saat menjelaskan alihkan kembali pandangan Anda ke siswa.

2. Sampaikan materi dengan bahasa yang sederhana

Salah satu tujuan utama mengajar adalah memberikan informasi tentang sautu teori atau konsep yang awalnya siswa tidak tahu menjadi tahu, kemudian mengerti dan paham akan teori atau konsep yang Anda sampaikan.

Untuk itu bahasa yang Anda gunakan juga harus gampang di mengerti.

Kalau ada konsep yang terlalu sulit dipahami, Anda harus menyederhanakannya agar siswa lebih mudah mengerti dan memahaminya.

3. Sisipkan cerita

Dari pengalaman pribadi, saat saya mengajar dulu di kampus, maupun di sekolah menengah, ternyata sebagian besar siswa ataupun mahasiswa suka mendengarkan cerita.

Bahkan saat saya masih menjadi siswa, saya juga suka dengan guru yang memasukkan cerita dalam materi pelajaran.

Andapun bisa lakukan cara yang sama.

Anda boleh memasukkan cerita dari kisah nyata Anda sendiri maupun dari bahan bacaan yang Anda baca, yang terpenting ada relevansi antara cerita dengan materi ajar.

4. Gunakan alat bantu visual

Untuk memudahkan siswa memahami materi ajar yang Anda sampaikan, gunakanlah alat bantu visual.

Alat bantu ini bisa berupa alat peraga ataupun slide powerpoint yang Anda tampilan di layar.

Dan khusus untuk slide powerpoint, saat Anda menggunakannya, gunakanlah slide powerpoint yang baik dan menarik secara visual.

Jangan slide powerpoint, yang hanya berisi tulisan panjang memenuhi lembar kerja.

Jika slide powerpoint demikian yang Anda gunakan, maka penggunaan slide akan memburuk penyajian materi Anda.

Memang harus saya akui bikin slide powerpoint yang baik dan menarik untuk mengajar tidak mudah, dibutuhan pemahaman konsep dan penguasaan aplikasi powerpoint yang memadai.

Namun bukan berarti Anda harus pasrah, apalagi Anda masih muda.

Saya sendiri sejak pandemi tahun 2019-2021 kemarin banyak mendampingi kawan-kawan guru dari berbagai daerah, mengajarkan mereka cara bikin slide yang baik dan menarik untuk mengajar dan juga cara bikin video untuk pembelajaran.

Dan saya sangat salut, ternyata banyak sekali guru-guru di luar sana, yang meski secara usia sudah tidak lagi muda, tapi semangatnya belajar ilmu desain slide masih tetap membara.

Bahkan kalaulah Anda tidak punya cukup waktu untuk belajar melalui seminar, training ataupun yang lain. Sudah banyak para praktisi desain slide membuat template powerpoint siap edit untuk memudahkan para guru membuat slide mengajar.

Salah satu satunya saya sendiri dengan meluncurkan template powerpoint untuk mengajar bernama Teach Slides.

Teach slide adalah paket template powerpoint yang kami buat khusus untuk mengajar, desainnya kekinian, menarik, beranimasi dan mudah diedit untuk berbagai mata pelajaran. Lengkap dengan video tutorial cara edit dan penggunaan tempatenya.

Berikut ini adalah beberapa preview dari template Teach Slides.

 

 

Download Teach Slide di Sini

5. Gabungkan dengan metode pembelajaran lainnya

Agar kegiatan pembelajaran semakin asyik, Anda juga perlu mengombinasi penyampaikan materi dengan metode pembelajaran lainnya.

Contohnya bisa Anda gabung dengan diskusi kelompok, tanya jawab, ice breaking, games ataupun yang lainnya.

6. Optimalkan vokal dan bahasa tubuh

Karena tips yang saya share di sini terkait dengan public speaking, maka sebagai guru atau pengajar, saat Anda menyampaikan materi pelajaran, Anda harus mengoptimalkan vokal dan bahasa tubuh Anda.

Terkait dengan vokal ada beberapa hal meski anda optimalkan, diantaranya adalah: artikulasi, volume suara, kecepatan berbicara, kejernihan suara, intonasi dan jeda.

Baca: Cara menggunakan bahasa verbal dalam presentasi

Kemudian yang terkait dengan bahasa tubuh yang harus Anda optimalkan adalah:

Kontak mata, eskpresi wajah, senyuman, gerakan tangan dan getsur tubuh.

Baca: Tips menggunakan bahasa tubuh yang efektif

7. Gunakan intonasi sesuai dengan tahapan usia siswa

Ini juga tak kalah penting. Saat Anda berbicara, saat menyampaikan materi pelajaran pastikan juga intonasi atau gaya Anda berbicara sesuai dengan tahapan usia dari siswa Anda.

Artinya anda harus dapat mengatur intonasi suara Anda sesuai dengan siapa yang menjadi siswa Anda.

Seperti saya misalnya, karena saya seringnya mengajar siswa dewasa (mahasiwa, dan karyawan dari lembaga atau perushaaan) maka gaya bicara saya cenderung tegas, dengan karakter suara berat.

Namun di beberapa kesempatan saat saya mengajar di sekolah menengah, maka saya akan gunakan gaya bicara yang lebih ceria, dengan karakter suara yang lebih ringan.

Itu tadi tujuh tips public speaking untuk guru yang efektif.

Semoga bisa meningkatkan kemampuan public speaking Anda, sehingga kegiatan mengajar Anda berikutnya jadi lebih menarik dan komunikatif.

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *