Presentasi? Apa Manfaatnya?

Pengertian dan manfaat presentasi

Pengertian Presentasi dan Manfaat Presentasi – Saya yakin apapun profesi Anda pasti tidak akan lepas dari apa yang namanya presentasi. Tapi tahukah Anda apa itu presentasi dan manfaatnya buat diri Anda?

Saya yakin Anda memiliki jawaban masing-masing. Mungkin ada yang sudah tahu, sedikit tahu atau bahkan tidak tahu. bagi Anda yang sudah tahu saya yakin tidak akan pernah mau melepas setiap kesempatan presentasi. Sedangkan yang belum tahu biasanya agak sembrono dan kurang memperhatikan presentasi yang mereka lakukan.

Khusus bagi Anda yang baru sedikit tahu tentang presentasi dan belum tahu manfaatnya. maka dalam artikel ini saya akan menunjukkannya kepada Anda. Dan setelah membaca artikel ini saya harap Anda mulai berpikir untuk lebih memperhatikan setiap presentasi yang Anda lakukan.

Apa itu Presentasi?

Secara sederhana banyak orang mendefinisikan presentasi sebagai suatu proses mentransfer informasi kepada orang lain. Hal inilah yang akhirnya membuat banyak orang menganggap presentasi itu hanya sekedar proses menyampaikan pesan atau informasi kepada orang lain dengan harapan orang lain tahu dengan pesan atau informasi yang kita tunjukkan.

Sebab itulah jika Anda melihat kebanyakan presentasi, yang Anda lihat adalah presenter yang hanya sekedar berbicara kepada Anda tanpa sebuah struktur yang jelas. Menggunakan bahasa yang sulit dipahami. Kemudian jika mereka menggunakan slide powerpoint, slide itu tidak lebih hanya sebagai catatan presenter yang mereka bacakan kepada Anda. Bukan sebagai alat bantu visual yang memudahkan Anda memahami pesan yang mereka sampaikan. Dan yang lebih parah mereka menyampaikan pesannya dengan datar, monoton, dan tidak meyakinkan.

Itulah yang akan dilakukan presenter, jika mereka memiliki pemahaman tentang presentasi dengan sangat sederhana. Supaya Anda tidak terjebak dengan pemahaman yang sederhana dalam mengartikan apa itu presentasi silahkan Anda simak pengertian presentasi dalam arti yang lebih luas dan komplek dalam ulasan berikut ini.

Sebelum saya menjelaskan pengertian presentasi secara lengkap satu hal yang harus Anda pahami bahwa presentasi adalah adalah sebentuk komunikasi. Laswell (dalam Tommy Suprapto, 2009) menjelaskan definisi komunikasi sebagai proses yang menggambarkan siapa mengatakan apa dengan cara apa, kepada siapa dengan efek apa.

Dari pengertian tersebut ada lima komponen penting dalam proses komunikasi

  1. Siapa (komunitor)
  2. Mengatakan apa (pesan)
  3. Dengan cara apa (media yang digunakan verbal, non verbal, visual)
  4. Kepada siapa (penerima pesa atau audiens)
  5. Dengan efek apa ( efek pesan terhadap audiens)

5 Komponen Presentasi

Komunikasi yang sukses akan terjadi apabila seorang komunikator bisa menyampaikan pesan dengan media yang tepat kepada penerima pesan dan hasilnya penerima pesan memahami atau menindaklanjuti pesan yang telah disampaikan. Inilah idealnya sebuah komunikasi.

Namun harus kita akui itu bukan hal yang mudah dilakukan. Karena ada banyak sekali hambatan-hambatan dalam proses komunikasi. Beberapa hambatan tersebut antara lain: penggunaan bahasa, perbedaan persepsi dan sudut pandang, kurangnya minat, perhatian dan motivasi yang kurang dari audiens, tidak ada umpan balik dari audiens, hambatan dalam komunikasi verbal, harapan dan prasangka yang dapat menyebabkan asumsi yang salah, maupun perbedaan budaya antara komunikator dengan penerima pesan.

Tugas seorang komunikator yang terampil harus menyadari hambatan tersebut dan mengatasi setiap hambatan sehingga pesan yang disampaikan diterima dengan baik oleh penerima pesan atau audiens.

Jika ada orang bertanya kepada Anda apa itu presentasi?

Jawabannya adalah proses mentransfer informasi atau pesan yang melibatkan presenter dengan audiens secara aktif melalui komunikasi yang terpadu lewat suara, bahasa tubuh dan visual untuk mencapai sebuah maksud dan tujuan.

Apa saja Manfaat Presentasi?

Richard West & Lynn H. Turner menjelaskan di Amerika mempelajari presentasi dan komunikasi secara umum sangat penting, alasannya. Pertama, kompetensi dalam komunikasi lisan dalam berbicara dan mendengar merupakan prasyarat bagi kesuksesan akademik, personal dan professional mahasiswa dalam hidupnya. Kedua, keahlian komunikasi sangat penting dalam mendapatkan dan mempertahankan pekerjaan. Ketiga, ketika seseorang berbicara di hadapan sebuah kelompok, informasi itu akan bergema melampaui kelompok tersebut.

Bahkan dalam dari hasil survey yang diterbitkan oleh National Association of Colleges and Employers, USA, 2002 Dari 20 kemampuan yang dibutuhkan seseorang untuk sekses, kemampuan komunikasi menempati urutan pertama. Berikut saya tuliskan 20 kemampuan-kemampuan tersebut secara berurutan.

  1. Kemampuan komunikasi
  2. Kejujuran/integritas
  3. Kemampuan bekerjasama
  4. Kemampuan interpersonal
  5. Beretika
  6. Motivasi/inisiatif
  7. Fleksibel/adaptasi
  8. Daya analitik
  9. Kemampuan komputer
  10. Kemampuan berorganisasi
  11. Berorientasi pada detail
  12. Kepemimpinan
  13. Kepercayaan diri
  14. Ramah
  15. Sopan
  16. Bijaksana
  17. Indeks prestasi (>= 3)
  18. Kreatif
  19. Humoria
  20. Kemampuan berwirausaha

Tidak bisa disangkal lagi bahwa kemampuan presentasi dan komunikasi secara umum adalah salah satu faktor penting yang akan mengantarkan kita mencapai kesuksesan.

Saya rasa bukan hanya di Amerika, di mana pun menguasai kemampuan presentasi dan komunikasi secara umum sangat penting karena bisa memberikan begitu banyak kesempatan bagi kita untuk meningkatkan karier, talenta kepemimpinan, kemampuan dan kepercayaan diri. Presentasi juga dapat menjadi sarana untuk memperbanyak jumlah teman, kolega, kenalan dan lain-lain.

Demikianlah pengertian presentasi dan manfaat presentasi. Jika memahami apa yang sudah Anda baca dalam artikel ini. Saya yakin Anda akan segara mengambil tindakan untuk meningkatkan keterampilan presentasi Anda.

Bagaimana caranya belajar presentasi yang baik dan menarik? Anda bisa belajar dari mana saja, bisa dari buku, seminar, pelatihan dan dari situs-situs presentasi.  Salah satunya Anda bisa belajar di sini. Anda bisa mendaftar newslatter kami untuk mendapatkan update artikel terbaru dan berbagai macam informasi menarik lainnya. Caranya silahkan Anda isikan nama dan email Anda pada form beriikut:

First Name:
E-Mail Address:

Setelah mendaftar segara cek email Anda, dan klik link konfirmasi yang kami kirimkan
Bagaimana mudah bukan?

About Rona Binham

Pendidik, trainer, dan blogger, pendiri www.ronapresentasi.com dan cafemotivasi.com. Ia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik, dengan sebuah motto "orang hebat adalah oraang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi
Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>