5 Alat Presentasi Penting Yang Perlu Dikuasai Presenter

5 Alat Presentasi Penting Yang Perlu Dikuasai Presenter

Alat Presentasi – Pada ulasan ini saya ingin mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh alat presentasi apa saja yang wajib Anda kuasai sebagai seorang presenter di era modern seperti sekarang. Ini wajib, karena jika tidak Anda akan kalah bersaing dengan kompetitor Anda. Seperti yang Anda ketahui presentasi sudah menjadi salah satu keterampilan penting dalam komunikasi bisnis dan profesional sekarang ini. Itu artinya menguasai alat presentasi dengan baik sebagai alat penunjuang kesuksesan presentasi sangat penting.

Inilah 5 Alat Presentasi Yang Perlu Anda Kuasai?

Inilah yang akan saya tunjukkan kepada Anda. Minimal ada 4 alat presentasi yang perlu Anda kuasai, antara lain:

1. Notebook atau komputer

Notebook

Note book atau komputer adalah alat untuk menyimpian file presentasi yang nantinya Anda gunakan untuk melakukan presentasi.

Selain untuk menyimpan file, Anda juga harus dapat mengoptimalkan alat ini untuk kesuksesan presentasi Anda. Anda perlu melakukan pengaturan khusus pada notebook atau komputer Anda supaya presentasi Anda berjalan lancar tidak ada gangguan dari awal sampai akhir.

Beberapa pengaturan penting yang harus Anda lakukan adalah pengaturan screen saver, pengaturan power always on, pengaturan online notification dan pengaturan presenter view.

2. LCD proyektor

LCD proyektor presentasi

LCD Proyektor adalah  alat presentasi yang perlu juga Anda persiapkan dan Anda gunakan dengan baik untuk mendukung kesuksesan presentasi Anda. Ini adalah alat yang digunakan untuk menampilkan slide dari notebook atau komputer ke layar yang bisa dilihat oleh audiens.

Sebagai presenter Anda juga harus bisa menggunakan LCD proyektor dengan dengan baik. Dalam hal ini Anda harus dapat mengetahui kualitas proyektor yang Anda gunakan. Salah satu caranya adalah dengan mengeceknya sebelum presentasi Anda lakukan. Misalnya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti gambar memudar, warna berubah, atau yang lain maka Anda masih punya waktu untuk menggantinya atau kalau tidak memungkinkan untuk mengganti Anda masih punya waktu untuk melakukan sedikit perubahan.

3. Remote Presenter atau Laser Pointer

Menggunakan remote presenter atau laser pointer penting untuk menjadikan penampilan Anda lebih baik dan berkelas. Dengan menggunakan remote presentasi atau laser pointer ini Anda akan memiliki kontrol penuh atas perpindahan slide presentasi, Anda akan bebas bergerak, Anda bisa berjalan di tengah-tengah audiens, bahkan sampai ke belakang, tanpa harus takut hilang kendali dari perpindahan slide powerpoint.

Karena itulah Anda juga perlu menguasai penggunaan remote presentasi atau laser pointer ini dengan baik.

4. Mikrofon

Mikrofon

Mikrofoon adalah alat presentasi yang berfungsi untuk membantu kita menyampaikan presentasi. Biasanya mikrofon digunakan jika Anda berada dalam ruangan besar dengan jumlah audiens yang banyak.

Meskipun kelihatannya sederhana, penggunaan mikrofon dengan baik juga perlu dipahami. Ini untuk memastikan kita bisa menggunakan mikrofon dengan efektif untuk mendukung kesuksesan presentasi kita.

Berbicara tentang mikrofon ada dua jenis mikrofon yang perlu Anda ketahui. Pertama, mikrofon yang dikaitkan ke dasi atau kerah baju atau dinamakan juga lavalier microphone. Kedua, microphone yang dipegang dengan tangan.

Penggunaan kedua alat ini jelas berbeda. Untuk jenis yang pertama lebih nyaman, karena kita tidak perlu memegang mikrofon. Tapi harus diingat setelah presentasi selesai segera matikan panelnya, karena jika tidak segera dimatikan Anda bisa lupa mematikan, terlebih jika Anda jarang menggunakannya.

Untuk jenis yang kedua, karena mikrofon harus dipegang, maka peganglah mikrofon Anda dengan satu tangan, tangan yang satunya bisa Anda gunakan untuk memberikan gesture pada presentasi Anda.

Satu lagi saat menggunakan mikrofon dengan baterai, Anda harus selalu memastikan baterai yang Anda gunakan full energi.

5. Software Desain Presentasi

Jika sempat peralatan sebelumnya berupa Hardware, maka alat yang kelima adalah berupa software.

Ada banyak software desain presentasi, yang paling populer adalah powerpoint.

Maka setidaknya Anda harus kuasai penggunaan alat ini.

Menguasai di sini maksudnya bukan hanya sekedar mengerti penggunaan fitur dari powerpoint, melainkan Anda harus dapat mengoptimalkan tiap fitur untuk bisa menciptakan desain presentasi yang menarik.

Dan banyak orang lemah di sini.

Alih-alih mereka mengaku bisa menggunakan powerpoint, tapi faktanya mereka tidak bisa menggunakan powerpoint dengan maksimal sehingga slide yang diciptakan tidak menarik perhatian.

Saya berharap Anda tidak demikian.

Kalaulah misalnya memang belum tahu cara mengoptimalkan powerpoint untuk mendesain, Anda bisa pelajari. Bahkan tidak harus ikut training yang harganya terkenal tinggi.

Karena saat ini sudah Anda produk digital pembelajaran desain slide yang praktis dan komprehensif yang bisa bantu Anda mahir mengoptimalkan powerpoint untuk membuat desain slide presentasi yang baik.

Demikianlah 5 Alat Presentasi Penting Yang Perlu Dikuasai Seorang Presenter.

Dengan menguasai penggunaan alat presentasi ini saya yakin presentasi Anda akan jauh lebih baik, lebih efektif dan lebh menarik.

 

Eksklusif Gratis 5 Video Training Desain Slide Dan 9 Slide Presentasi Menarik
Daftarkan email aktif Anda pada form di bawah ini

3 Comments

  1. Ada yang paling utama belum disebutkan.
    Tools/Aplikasi untuk membuat/menampilkan materi presentasi yang akan dibuat/dipresentasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *