7 Langkah Efektif Mempersiapkan Presentasi Yang Baik Untuk Hasil Presentasi Yang Maksimal

7 Langkah Efektif Mempersiapkan Presentasi Yang Baik Untuk Hasil Presentasi Yang Maksimal

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang 7 Langkah efektif mempersiapkan presentasi yang baik.

Seperti yang mungkin Anda ketahui bahwasanya persiapan itu penting untuk kesuksesan presentasi. Dan diantaranya persiapan yang umum yang jadi fokus banyak orang adalah persiapan materi dan mungkin juga persiapan slide presentasi.

Mempersiapkan materi dan slide memang penting, jika presentasi Anda menggunakan slide, tapi itu saja belumlah cukup, karena untuk bisa menampilkan presentasi yang sukses Anda membutuhkan persiapan yang lebih detail dan tersetruktur.

Terkait hal itu ada 7 langkah yang harus Anda lalui dan Anda lakukan.

1. Gali informasi tentang Audiens dan rencana kegiatan presentasinya

Ini adalah langkah pertamanya yang harus Anda lalukan, Anda gali dulu informasi tentang audiens dan rencana kegiatan presentasinya.

Ini juga yang selalu saya lakukan saat mendapatkan undangan untuk presentasi dalam dalam kegiatan seminar atau training. Biasanya saya akan tanya ke penilita atau pihak yang mengundang terkait hal ini.

Misal saya mendapat undangan nih, saya diminta jadi pemateri dalam seminar public speaking di SMA ABC pesertanya adalah siswa di sekolah SMA ABC tersebut. Maka langkah awal yang saya lakukan sebagai langkah persiapan adalah saya akan follow up pihak sekolah dan bertanya tentang audiens saya, dan ini adalah beberapa pertanyaan yang akan saya ajukan

Pesertanya kelas berapa?

Satu jurusan atau semua jurusan?

Jumlah peserta berapa?

Durasi waktu seminar berapa lama?

Formatnya presentasi saja atau plus tanya jawab?

Jika plus tanya jawab, durasi waktu presentasi berapa lama dan tanya jawab berapa lama?

Tujuan sekolah mengadakan seminar public speaking untuk siswa apa?

Sebelumnya sudah pernah belum di adakan seminar public speaking untuk siswa?

Nanti kegiatannya akan diadakah di ruang terbuka atau tertutup?

Media pendukungnya ada atau tidak?

Bagaimana kualitas alat pendukungnya?

Kira-kira itu adalah pertanyaan yang saya ajukan.

Lakukan cara yang sama untuk kegiatan presentasi.

Dengan Anda melakukan hal tersebut, maka langkah berikutnya akan lebih gampang.

Mas, kalau misalnya kegiatan presentasinya saya sendiri yang mengadakan bagimana mas?

Ya Anda cukup gali informasi tentang audiens Anda saja, Anda buat form pendaftaran yang sudah Anda sesuaikan, nama, alamat, jabatan atau profesi, alasan mengikuti kegiatan presentasi, harapan setelah mengikuti kegiatan presentasi, presentasi sejenis yang pernah diikuti, buku bacaan yang pernah dibaca yang sama dengan topik presentasi dan lain-lain sesuaikan sendiri dengan kebutuhan.

Minta calon peserta mengisi form tersebut, dari situ Anda akan mendapatkan data tentang siapa audiens pesentasi Anda.

2. Tetapkan Tujuan Presentasi Anda

Tidak ada satu pun orang yang akan sampai ke tempat tujuan, jika tidak memiliki alamat yang dituju. Setiap presentasi hebat tidak akan pernah Anda capai, kalau Anda sendiri tidak mengetahui apa yang ingin Anda capai.

Jadi setelah Anda sudah gali informasi tenyang audiens dan rencana kegiatan presentasinya, selanjutnya tetapkan tujuan presentasi anda.

Apakah tujuan presentasi Anda untuk memberikan informasi?

Apakah untuk memotivasi?

Atau untuk mempengaruhi atau membujuk.

Semua ini harus jelas di awal.

Karena dengan mengetahui tujuan Anda, maka Anda akan tahu bagaimana cara Anda cara untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Kuasai dan Susun Materi Presentasi Dengan Baik

Jika materi presentasi yang akan Anda bawakan sudah anda kuasai, maka ditahap ini Anda bisa lansung susun materi Anda. Namun abila materi presentasi belum Anda kuasai, maka Anda harus ciptakan waktu untuk belajar untuk mendalami materi Anda.

Terkait menyusun materi, pastikan saat Anda susun matari Anda buat materi Anda itu efektif dan efisien, kemudian tersetruktur dan mengandung muatan isi yang berbobot.

Efektif di sini maksudnya materi harus relevan dengan kebutuhan audiens dan relevan dengan tujuan presentasi. Kemudian efisien, materi harus Anda susun pas dengan batas waktu yang tersedia.

Selanjutnya terstruktur maksudnya materi harus runtut, alurnya baik, ini untuk membantu Anda supaya anda mengingat urutan poin bahasan dan membantu audiens supaya mudah mengikuti dan mudah memami pesan Anda.

Kemudian berbobot maksudnya, setiap informasi, data, fakta atau apapun yang Anda masukkan harus bisa bermanfaat dan dapat dipertanggungjawabkan baik secara rasional ataupun ilmiah, sesuai dengan konteks presentasi anda.

4. Buat Desain Slide Yang Menarik

Jika Anda menggunakan slide presentasi, maka Anda juga harus mempersiapkan atau membuat desain slide presentasi Anda dengan sebaik-baiknya.

Buat slide yang sederhana, gunakan visual yang baik, yang relevan dengan konten Anda, kemudian pastikan juga kontras warna juga terjaga, khususnya kontras warna latar belakang dengan elemen yang ada diatasnya, ini supaya konten yang Anda tampilkan jelas terbaca.

Kemudian lagi gunakan warna dan jenis font secara konsisten, tempatkan setiap elemen pada slide dengan baik dan rapi, agar slide lebih enak dilihat, pastikan juga tidak menggunakan animasi dan transisi yang berlebihan.

Susah mas buat slide demikian tersebut?

Ada tiga solusi.

Pertama, Anda gunakan jasa, minta profesional designer mendesainkan slide untuk presentasi Anda.

Kedua, pakai template presentasi yang keren dan editabel, jadi Anda perlu terlalu repot membuat slide dari awal, Anda bisa buat slide menarik dalam waktu yang lebih singkat.

Ketiga, jika waktu masih sangat longgar dan Anda berorientasi jangka panjang Anda bisa belajar ilmu desain slide, ilmu bagaimana caranya mahir membuat desain slide.

5. Siapkan Peralatan Presentasi

Ada beberapa alat yang harus Anda persiapkan. Yang pertama adalah leptop. Kedua adalah remote presenter. Ketiga, LCD Protektor. Khusus untuk LCD Proyektor, kalau misalnya LCD proyektor sudah dipersiapkan oleh penyelenggara, maka Anda tidak harus mempersiapkannya sendiri. Tapi saran saya sebaiknya Anda tetap menghubungi penyelenggara untuk menanyakan kondisi proyektor yang akan Anda gunakan.

Kemudian untuk leptop, pastikan Anda tidak lupa membawa charger. Kemudian pastikan Screen Saver sudah Anda matikan dan power sudah Anda kondisikan dalam keadaan Always On. Jika leptop Anda terinstal software seperti skype, Yahoo Masanger atau yang lain pastikan semunya dalam kondisi non aktif saat Anda menggunakannya untuk presentasi. Jika tidak diperlukan sebaiknya Anda matikan juga koneksi internet Anda. Jangan sampai ketika presentasi berlangsung tiba-tiba muncul pemberitahuan email baru, pesan skype, panggilan video atau pesan notifikasi yang lain, karena ini akan mengganggu konsentrasi audiens dan mengganggu jalannya presentasi yang Anda lakukan.

Mungkinkah hal ini terjadi?

Sangat mungkin, karena saya pernah mengalaminya. Dulu pada saat saya mengisi presentasi dalam kegiatan mahasiswa. Tiba-tiba ada penggilan skype masuk. Tentu saja hal itu mengganggu, khususnya mengganggu konsentrasi mahasiswa yang saat itu serius mendengarkan. Karena kejadian itu selanjutnya saya selalu matikan Online Notification saat membawakan presentasi di manapun.

Karena itulah lakukan persiapan alat ini dengan baik, supaya presentasi Anda berjalan lancar tanpa gangguan teknik yang seharusnya tidak perlu terjadi.

6. Lakukan latihan presentasi

Pahamilah bahwa tidak akan ada presentasi yang buruk, jika setiap presenter melatih presentasi mereka dengan matang.

Ini adalah prinsip yang perlu Anda pegang teguh. Bahkan maestro presentasi kelas dunia seperti Steve Jobs pun melakukan latihan.

Karena itu lakukanlah latihan selama ada waktu untuk melakukannya. Anda bisa melakukan latihan sendiri di depan kaca atau di depan kamera, di depan teman-teman Anda atau kalau memungkinkan latihan di tempat di mana Anda akan berbicara.

7. Siapkan mantal dan fisik 

Mental di sini maksudnya adalah saat menjelang presentasi akan dilakukan maka jangan terlalu memikirkan hal-hal buruk tentang presentasi Anda, pikirkan hal yang baik-baik, visualisasikan kesuksesan Anda, ini akan membantu Anda lebih tenang.

Karena pada dasarnya jika persiapan sudah Anda lakukan seperti tahapan yang saya sampaikan Anda sebenarnya sudah sangat siap, jadi Anda tinggal kelola pikira Anda jangan sampai dikendalikan oleh kekhawatiran yang berlebihan.

Kemudian yang terkait fisik, persiapan fisik juga sangat penting, kesehatan fisik harus Anda jaga, jangan sampai Anda kelelahan, karena jika Anda kelelahan ini bisa sanga menggangu pembawaan presentasi Anda nantinya.

Saya sendiri pernah mengalami,

Jadi dulu saat debut pertama saya menjadi seorang trainer, mungkin karena saking semangatnya dan saking ingin bisa memberikan yang terbaik, saya melakukan latihan sampai berlebihan, bahkan dimalam menjelang presentasi saya masih latihan. Padahal sore harinya saya baru sampai perjalanan luar kota.

Malam itu tidak ada masalah,

Bahkan saat pagi saya juga belum merasa lelah.

Tapi ketika training sudah berjalan, saya merasa stamina saya turun, badan rasanya tidak enak, suara agak terganggu dan yang paling parah, beberapa kali saya blank.

Beruntung saya pakai presenter view, jadi saat blank saya bisa lihat contekan saya melalui presenter view.

Karena saya sangat sarankan jaga kesalahan menjelang presentasi, jangan lakukan aktivitas berat, cukup istirahat, cukupkan makan makanan yang sehat, dan jangan lupa minum air putih yang banyak.

Nah demikianlah tadi tujuh langkah efektif mempersiapkan presentasi yang baik. Sekali lagi saya ingatkan tujuh langkah itu adalah …

  1. Gali informasi tentang audiens dan rencana kegiatan presentasinya
  2. Tetapkan tujuan presentasi
  3. Kuasai dan susun materi presentasi dengan baik
  4. Buat desain slide presentasi yang menarik
  5. Siapkan peralatan presentasi
  6. Lakukan latihan presentasi
  7. Siapkan mental dan fisik

Silakan Anda terapkan tujuh langkah ini untuk mempersiapkan presentasi Anda berikutnya. Mudah-mudahan dengan persiapan yang lebih baik Anda bisa sukses menampilkan presentasi yang Anda lakukan.

Photo Credit: Kaleganderson

 

Eksklusif Gratis 5 Video Training Desain Slide Dan 9 Slide Presentasi Menarik
Daftarkan email aktif Anda pada form di bawah ini

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *