Tips Praktis Bagaimana Menggunakan bahasa tubuh yang efektif dalam presentasi

Menggunakan bahasa tubuh dalam presentasi

Charles Bonar Sirait dalam bukunya The Power Of Public Speaking menjelaskan ada dua manfaat menggunakan bahasa tubuh  yaitu untuk memperkuat kata-kata dan sebagai cerminan perasaan.

1. Memperkuat kata-kata

Sebagai presenter publik, kita harus selalu berusaha menggunakan bahasa tubuh untuk memperkuat kata-kata. Sehingga setiap kata yang penting akan menjadi lebih kuat dan lebih mudah diingat oleh audiens. Hal ini juga mencerminkan keinginan yang kuat dari presenter agar apa yang dikatakan diterima baik oleh audiens.

2. Sebagai cerminan perasaan

Salah satu cara yang mudah mengamati perasaan seseorang adalah dengan melihat bahasa tubuhnya.

Sama halnya dalam presentasi bahasa tubuh bisa menjadi cerminan perasaan yang Anda alami. Anda lagi gembira, senang, semangat dan antusias akan nampak dari bahasa tubuh yang Anda tampilkan.

Dari itulah dalam setiap sesi presentasi tunjukkan kepada audiens bahwa anda sangat gembira Tunjukkan melalui bahasa tubuh Anda. Dengan begitu antara apa yang Anda rasakan dengan apa yang Anda katakan akan sesuai dan itu akan membuat audiens menerima Anda dengan senang hati.

Apa Saja Yang Perlu Dioptimalkan Dalam Pengunaan Bahasa Tubuh

Ada beberapa elemen penting harus Anda optimalkan, diantaranya adalah

1. Kontak Mata

Elemen pertama dari bahasa non verbal adalah kontak mata. Ini salah satu alat yang dapat Anda gunakan untuk terhubung dengan audiens bahkan sejak menit pertama Anda berdiri dihadapan mereka.

Perlu Anda ketahui kontak mata penting untuk kesuksesan presentasi Anda.Itu karena kontak mata dapat menunjukkan betapa Anda peduli dengan audiens Anda, dapat menunjukkan perasaan Anda dan untuk menilai tingkat keberhasilan penyajian Anda.

Gagal di sini maka Anda akan gagal mendapatkan perhatian dan simpati mereka. Itu berarti Anda akan gagal mempengaruhi mereka.

Supaya Anda tidak melakukan kesalahan ini maka Anda perlu tahu bagaimana menggunakan dan mengoptimalkan kontak mata dengan baik.

Baca: Bagaimana Cara Menggunakan Kontak Mata Dengan Baik Saat Presentasi

2. Ekspresi Wajah

Seorang presenter yang baik pasti menyadari bahwa ekspresi wajah yang tepat adalah salah satu bagian penting untuk komunikasi yang efektif. Bahkan ekspresi wajah sering menjadi penentu dari makna di balik pesan. Karena pada saat melakukan presentasi wajah Anda dapat dengan mudah menunjukkan perasaan dan emosi Anda saat itu.

Kaitannya dengan ekspresi wajah ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam presentasi antara lain adalah: ekspresi gembira, ekspresi sedih, ekspresi semangat, ekspresi terkejut, ekspresi marah, ekspresi takut, ekspresi serius dan ekspresi respek penuh perhatian.

Dan ini tidak mudah, tidak mudah menampilkan ekspresi-ekspresi itu dalam presentasi, karena setiap ekspresi yang Anda tampilkan harus natural dan harus sesuai dengan apa yang Anda sampaikan.

Bagaimana Anda dapat mengoptimalkan ini? berlatih. Berlatih adalah cara terbaik untuk menjadikan ekspresi wajah Anda natural dan sesuai dengan apa yang Anda sampaikan. Latihan sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan berlatih di depan cermin.

Lakukan latihan membuat berbagai macam ekspresi tanpa berbicara.

Kemudian latihan membuat ekspresi sambil berbicara membawakan materi presentasi yang akan Anda sampaikan.

Lakukan secara  berulang-ulang sampai Anda bisa menampilkan ekspresi yang natural dan sesuai dengan emosi dan kata yang Anda sampaikan.

Satu lagi yang tidak kalah penting. Anda juga harus dapat menampilkan senyum yang bersahabat kepada audiens. Bahkan dunia internasional mengakui bentuk komunikasi non verbal yang tidak dapat ditolak adalah senyum.

3. Gerakan Tangan

Gerakan adalah salah satu komponen yang efektif untuk memperkuat apa yang Anda sampaikan.

Sayangnya tidak semua presenter memahami hal ini. Faktanya masih banyak presenter ketika berbicara tangganya diletakkan dibelakang, dimasukkan ke saku celana, disilangkan ke dada dan memainkan sesuatu ditangan mereka. Inilah yang akhirnya membuat pesan yang mereka sampaikan tidak kuat.

Supaya Anda tidak melakukan kesalahan yang sama, melakukan gerakan tangan negatif seperti yang saya contohkan pastikan Anda dapat menggunakan gerakan tangan Anda secara optimal.

Caranya sangat sederhana. ketika Anda berbicara normal, tanpa penekanan kata atau untuk menunjukkan sesuatu dengan tangan Anda. Posisikan tangan Anda secara terbuka di depan badan Anda atau tetap menggantung rileks di samping badan Anda. Namun ketika harus melakukan penekanan atau menunjukkan sesuatu sesuaikan gerakan tangan tersebut dengan apa yang Anda katakan.

4. Postur

Postur yang baik memberikan kesan otoritas dan kepercayaan diri. Dan ini akan dinilai sejak Anda mulai berdiri pertama kali dihadapan audiens.

Mengapa demikian?

Karena postur ini mudah sekali dinilai oleh audiens.

Jika postur Anda kaku, tegang maka dapat dengan mudah akan terlihat bahwa Anda sedang gugup atau mungkin grogi.

Untuk itu Anda harus mengoptimalkan sikap ini. Caranya adalah dengan berdiri santai, kaki agak terbuka dengan kedua tangan lurus disamping badan namun harus rileks tidak kaku.

Apabila salah satu tangan memegang mikrofon, tangan satunya harus tetap rileks disamping badan dan siap untuk digerakkan untuk mendukung apa yang Anda sampaikan.

 5. Cara Berjalan

Berjalan atau berpindah tempat juga penting untuk menambah kepercayaan diri dan kenyamanan Anda.

Sebagai presenter kredibel Anda harus memahami hal ini. Jangan hanya terpaku pada satu tempat saja, ini tidak baik untuk  Anda, karena terkesan Anda gugup dan tidak berpengalaman.

Namun ketika Anda memutuskan untuk berjalan atau berpindah tempat pastikan Anda bergerak dengan santai. Hindari mondar-mondar (berpindah tempat dengan cepat dan bolak-balik), karena ini hanya akan mengganggu konsentrasi audiens.

Bagaimana Menggunakan Setiap Elemen Bahasa Tubuh Untuk mendukung kesuksesan presentasi

Berikut adalah empat saran yang bisa Anda terapkan dalam menggunakan bahasa tubuh yang efektif

1. Libatkan Bahasa Tubuh dalam pesan yang Anda sampaikan.

Ketika Anda melakukan presentasi libatkan bahasa tubuh Anda dalam pesan yang Anda sampaikan. Jangan biarkan diri Anda memikirkan bahasa tubuh Anda. Bahasa tubuh Anda harus merepresentasikan isi dari presentasi yang Anda sampaikan.

2. Adanya kesesuaian

Pastikan penggunaan bahasa verbal dan bahasa tubuh Anda sesuai. Setiap gerakan yang Anda buat harus terarah dan mencerminkan kata-kata Anda sehingga audiens akan menerima pesan yang Anda sampaikan dengan lebih mudah. Perlu Anda catat juga, jangan berlebihan dalam menggunakan gerakan, karena tidak semua audiens menyukai hal itu. Anda harus bisa mengetahui situasi dan dengan siapa Anda berbicara.

3. Buat Bahasa Tubuh Anda meyakinkan

Bahasa tubuh Anda harus hidup, supaya audiens terkesan dengan apa yang Anda sampaikan. Jangan buat bahasa tubuh Anda lemah dan ragu-ragu, karena itu akan membuat audiens Anda tidak yakin dengan apa yang Anda sampaikan.

4. Buat bahasa tubuh Anda alami dan spontan

Hal buruk yang dilakukan presenter apabila ia menggunakan bahasa tubuhnya secara dibuat-buat. Ini akan menghilangkan kesejatian dan ketulusan Anda sebagai seorang presenter.

Untuk bisa menampilkan bahasa yang alami dan spontan itu tidak mudah, karena bahasa tubuh yang seperti itu muncul dari kebiasaan positif yang Anda lakukan dalam setiap sesi presentasi.

Hanya ada satu upaya yang bisa Anda lakukan perbanyak berlatih dan praktek. Semakin sering Anda melakukan presentasi, maka dengan sendirinya  bahasa tubuh itu akan menyatu dalam diri Anda, tanpa Anda harus berpikir bahasa tubuh akan langsung bersinergi dengan kata-kata yang Anda sampaikan.

Kekuatan presentasi tidak hanya terletak  apa yang kita sampaikan, tapi lebih dari itu presentasi adalah perpaduan antara pesan, intonasi suara, bahasa tubuh. Ketiganya harus mendapatkan prosentasi yang seimbang untuk menghasilkan presentasi yang efektif dan menakjubkan.

Bagaimana menurut Anda?

Photo Credit: Dina Dwyer Owens by Nan Palmero – flickr.com

 

Tags: bahasa tubuh Charles Bonar Sirait The Power Of Public Speaking

author
Author: 
Saya founder dan penulis utama di website Ronapresentasi.com. Saya seorang trainer spesialis bidang presentasi penulis buku teknik presentasi dan profesional blogger bidang presentasi. Ingin mengundang saya sebagai pembicara dalam training in house presentasi di perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin hubungi saya di 081 215 647 083 pada jam kerja.

Leave a reply "Tips Praktis Bagaimana Menggunakan bahasa tubuh yang efektif dalam presentasi"

Must read×

GRATIS 5 VIDEO TRAINING DESAIN SLIDE DAN 9 SLIDE PRESENTASI MENARIK UNTUK ANDA

Daftaran nama dan email aktif Anda pada form di bawah ini dan dapatkan segera 5 video training desain slide dan 9 slide presentasi menarik yang akan mengubah mindset dan tindakan Anda dalam membuat dan mendesain slide untuk presentasi Anda berikutnya.
Nama Depan :
Alamat Email :