Cara Menghadapi Audiens Yang Tidak Tertarik Dengan Topik Presentasi Anda

Cara-menghadapi-audiens-yang-tidak-tertarik-dengan-topik-presentasi

Dalam menampilkan presentasi, ada salah satu tantangan yang cukup berat yang pasti akan dialami oleh setiap presenter. Tantangan itu adalah adalah ketika kita mendapatkan audiens yang tidak tertarik dengan topik presentasi yang kita sampaikan.

Mengapa ini sebuah tantangan?

Ya, karena ketika audiens sudah tidak tertarik dengan topik yang kita bawakan, maka sebagus apapun topik yang kita bawakan, bagi audiens topik ini tetap topik yang biasa saja, topik yang tidak menarik. Bahkan sebelum kita menyampaikan presentasi bisa jadi mereka sudah anti pati dengan kita. Dan biasanya juga saat presentasi berlangsung, mereka juga cenderung tidak memperhatikan apa yang kita sampaikan.

Lantas, bagaimana jika Anda menghadapi situasi semacam ini?

Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara sederhana bisa Anda lakukan untuk menghadapi audiens yang tidak tertarik dengan topik presentasi Anda. Cara itu adalah dengan memulai presentasi Anda “why”.

Ya, mulailah presentasi Anda dengan terlebih dahulu memaparkan mengapa Presentasi Anda layak Mereka Dengarkan? Mengapa Presentasi Anda penting Untuk mereka? Apa manfaatnya bagi mereka.

Apakah cara ini akan benar-benar efektif?

Selama saya melakukan presentasi, cara ini terbukti efektif untuk memicu ketertarikan audiens terhadap topik presentasi yang akan saya sampaikan. Ini adalah sebuah dorongan, supaya audiens menyukai apa yang akan saya sampaikan. Dan saya juga sangat yakin cara ini juga akan berlaku untuk Anda.

Mengapa saya begitu yakin cara ini akan berhasil? Tentu saya sangat yakin. Karena pada dasarnya orang tidak tertarik pada suatu topik, karena mereka tidak mengetahui atau kurang mengetahui pentingnya topik atau manfaat topik untuk kehidupan mereka. Karena itu mereka tidak tertarik.

Ini berbeda, jika mereka mengetahui dengan baik, pentingnya topik dan manfaat topik untuk diri mereka. Dengan mengetahui pentingnya atau manfaat topik, maka mereka pun punya alasan mendasar mengapa mereka harus mendengarkan kita.

Jadi saat Anda menghadapi audiens yang tidak tertarik dengan topik Anda, maka mulailah dengan “Mengapa”. Paparkan mengapa harus mendengarkan presentasi Anda, apa pentingnya dan apa manfaatnya.

Supaya hasilnya benar-benar efektif, maka sebelum Anda melakukan presentasi, Anda harus mempersiapkan ini dengan baik saat Anda menyusun materi. Pikirkan dengan seksama, kemudian tulis hal apa yang bisa membuat audiens tertarik dengan topik Anda, kaitkan topik Anda dengan kepentingan mereka.

Satu lagi yang tidak kalah penting, saat Anda menggunakan cara ini, jangan lupa sampaikan ini dengan meyakinkan. Karena apapun itu, cara Anda membawakan juga akan mempengaruhi ketertarikan mereka terhadap apa yang Anda sampaikan.

Silakan Anda coba acara ini untuk presentasi Anda, saya yakin jika Anda benar-benar mempersiapkannya dengan baik, Anda sampaikan dengan meyakinkan, audiens akan suka dengan topi Anda, dan mereka akan termotivasi untuk mendengarkan apa yang Anda sampaikan kepada mereka.

Bagaimana menurut Anda?

Apakah Anda punya pengalaman lain tentang cara menghadapi audiens yang tidak tertarik dengan presentasi Anda, jika punya silakan bagi melalui kolom komentar.

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *