8 Tipe Audiens dalam presentasi

8 tipe audiens

Jika Anda ingin sukses menampilkan presentasi, mengenal dan memahami tipe audiens adalah pondasi penting sebagai penopang kesuksesan presentasi Anda.

Joana Pocas dalam situs Soap Presentations memaparkan ada 8 karakter audiens yang perlu Anda kenali dan Anda pahami. Hal ini penting untuk membantu Anda mempersiapkan presentasi dan mengantisipasi  segala kemungkinan yang ada sehingga presentasi Anda berjalan dengan baik dan sukses.

Apa saja ke-8 tipe tersebut, silahkan Anda simak dalam gambar berikut.

8-Tipe-audiens-dalam-presen

 

Untuk detailnya silakan Anda simak dalam ulasan berikut.

1. Tipe pesimis

Audiens dengan tipe pesimis selalu berpikir bahwa apa yang kita sampaikan tidak berlaku buat diri mereka, tidak akan bermanfaat untuk diri mereka. Apa yang kita kakatan tidak akan berpengaruh buat mereka.

2. Tipe Ekspresif

Audiens dengan tipe ekspresif tidak suka lelucon. Meskipun Anda menyampaikan lelucon yang paling lucu, itu tidak akan membuat mereka tertawa.

3. Tipe panantang

Audiens dengan tipe ini,  memiliki karakter suka mengganggu, cenderung selalu mencari celah untuk menantang argumen Anda. Bahkan mereka tidak segan untuk menguji Anda dan menjatuhkan Anda dihadapan audiens yang lain.

4. Tipe penanya

Audiens dengan tipe penanya, selalu ingin menunjukkan partisipasinya dengan banyak bertanya. Namun sering kali mereka banyak mengajukan pertanyaan.  Bahkan untuk sesuatu yang sebenarnya mudah pun bisa mereka tanyakan.

5.Tipe siswa sekolah tinggi

Audiens dengan tipe ini selalu berbicara dengan audiens lain, mengganggu konsentrasi dan mengganggu Anda menyampaikan presentasi.

6. Tipe mentor

Audiens dengan tipe ini sangat kritikal. Bisa jadi audiens ini adalah orang mengundang Anda untuk presentasi. Karena mereka berharap Anda tampil maksimal, maka mereka akan banyak dan sering mengingatkan Anda tentang ini dan itu terkait dengan apa yang harus  Anda lakukan.

7. Tipe Electronik

Audiens dengan tipe ini selalu sibuk dengan handphone dan Gadget yang mereka miliki. Mereka sibuk sms, bermain game dan berinteraksi dengan jaringan media social.

8. Tipe suka mengantuk dan tidur

Audiens dengan tipe mudah sekali mengantuk, baru sebentar saja presentasi berlangsung mereka sudah menguap, bahkan mereka tidak sungkan tidur saat presentasi kita berlangsung.

Demikianlah 8 tipe audiens dalam presentasi. Dengan memahami ke-8 tipe audiens tersebut, Anda akan memiliki persiapan yang baik, untuk menghadapi setiap tipe audiens yang Anda hadapi. Karena bisa jadi dalam presentasi Anda tidak hanya menghadapi satu tipe audiens, melainkan bisa dua, tiga, empat, lima, atau semuanya.

Jadi apapun tipe audiens yang Anda hadapi, sebagai presenter yang kredibel Anda harus tetap siap menghadapi mereka, bisa menarik perhatian mereka, memotivasi mereka supaya antusias mendengarkan presentasi Anda.

Catatan:

Ulasan di atas tidak diterjemahkan sama persis dari versi Inggrisnya. Tujuannya tidak lain supaya Anda lebih mudah memahaminya. Namun begitu ulasan tersebut tetap sama secara konsep dengan versi Inggrisnya.

 

Infografis by: Soap Presentations

 

Daftarkan nama dan email aktif Anda pada form di bawah, lalu klik tombol download gratis. Selanjutnya kami akan kirimkan link download ebook langsung ke email yang Anda daftarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Ebook Tips dan Teknik Designer Slide Profesional Membuat Slide Yang Menarik dan Berkelas

Daftarkan nama dan email aktif Anda di bawah