Berapa sih Jumlah Ideal Slide dalam Sebuah Materi Presentasi?

Di beberapa kesempatan saat saya menjadi narasumber dalam kegiatan webinar, seminar maupun training sering ada pertanyaan seperti

Mas berapa jumlah ideal slide yang harus dibuat untuk sebuah materi presentasi?

Jika pertanyaan tersebut menjadi pertanyaan Anda juga, maka di sini Anda temukan jawabannya, karena di sini akan saya tunjukkan bagaimana menentukan jumlah slide untuk matari presentasi, yang pastinya bisa Anda terapkan untuk buat slide presentasi Anda berikutnya.

Dalam menentukan jumlah slide ada beberapa hal yang meski Anda perhatikan.

1. Banyaknya konten

Dalam menentukan jumlah slide hal pertama yang harus menjadi pertimbangan adalah banyaknya konten yang akan Anda sampaikan. Dan biasanya jumlah konten ditentukan oleh durasi waktu presentasi.

2. Pendekatan dalam membuat slide

Dalam  membuat desain slide ada prinsip atau kaidah yang harus dipegang.

Diantaranya adalah slide berisi hanya poin utama pesan.

Satu slide berisi satu pesan.

Jika tidak memungkinkan satu slide satu pesan, boleh  menempatkan beberapa poin dalam satu slide dengan catatan slide masih enak dilihat, tulisan masih nyaman dibaca, ada white space sehingga slide tidak terlihat sesak

Dengan memegang kaidah tersebut maka jumlah slide juga tergantung dari bagaimana Anda menerapkan prinsip tersebut.

Yang itu artinya, tidak ada patokan atau aturan baku untuk urusan jumlah slide.

3. Outline slide konten presentasi-nya

Salah satu langkah awal dalam membuat slide sebelum kita merancang layout desain adalah membuat outline slide dari materi presentasi kita.

Outline slide adalah konten tertulis yang akan Anda tampilkan dalam tiap slide mulai dari slide pertama dan terakhir. Dan dalam penyusunan outline slide tersebut sangat ditentukan oleh konten dan pendekatan yang kita gunakan dalam mendesain slide.

Dari sinilah nanti baru akan kelihatan berapa jumlah slide yang perlu kita buat, yang intinya berapapun itu jumlahnya tidak jadi masalah.

Seperti dikatakan Nancy Duarte Penulis Buku Slide:ology

Jangan pernah berhitung berapa jumlah slide yang Anda buat, tapi pastikan supaya slide Anda diperhitungkan.

Tapi gini mas, sering kali yang minta jumlah slide harus sekian adalah atasan.

Iya mas, kadang klien juga minta demikian, urusannya dengan budget, karena semakin banyak jumlah slide biayanya akan semakin mahal.

Jika misalnya Anda harus membuat slide dengan jumlah yang sudah ditentukan karena memang tugas dan keinginan dari atasan ataupun keinginan klien, maka saran saya sebelum Anda mendesain komunikasikan lebih dahulu dengan atasan atau klien Anda.

Itu biasanya yang saya lakukan kepada klien.

Untuk beberapa konten yang masih bisa ditempatkan dalam satu slide, masih bisa dioptimalkan dari sisi desain, tidak akan saya permasalahkan, namun untuk konten tertentu yang harus dipisah ke slide yang berbeda, maka saya akan sampaikan lebih dahulu ke klien bahwasanya konten harus dipisah ke slide lain, dengan beberapa argumen masuk akal untuk kebaikan presentasi yang akan ditampilkan.

Dan alhamdulillah semua klien saya tidak mempersalahkan jika harus menambahkan beberapa slide dari yang mereka tentukan.

Semoga sharing saya ini bermanfaat, bisa Anda jadikan acuan dalam menentukan jumlah slide untuk materi presentasi Anda berikutnya.

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *