Cara Melatih Artikulasi Berbicara Di Depan Publik Supaya Apa Yang Anda Sampaikan Jelas Didengar dan Dipahami Audiens

Cara Melatih Artikulasi Berbicara Di Depan Publik Supaya Apa Yang Anda Sampaikan Jelas Didengar dan Dipahami Audiens

Saat Anda menjalankan kegiatan berbicara di depan publik, baik itu untuk melakukan presentasi atau pidato maka jika Anda ingin hasilnya maksimal ada salah satu elemen penting yang harus Anda optimalkan yaitu vokal atau suara Anda.

Dan kalau membahas tentang suara atau vokal ada salah satu aspek dari suara atau vokal yang tidak bisa dianggap sepela yaitu artikulasi atau ketepatan pengucapan kata saat Anda berbicara.

Kenapa artikulasi penting?

Artikulasi penting karena terkait dengan kejelasan kata yang Anda sampaikan. Jika setiap kata yang Anda sampaikan jelas maka audiens akan tahu apa yang Anda sampaikan sehingga mereka akan mengerti dan memahami maksud pesan Anda.

Sayangnya terkadang kita kurang memperharikan aspek artikulasi ini.

Sehingga tidak jarang saat kita berbicara kita terpleset kata.

Atau kalau misalnya tidak terpleset, kata yang kita sampaikan samar, tidak cukup terdengar dengan jelas oleh audiens.

Karena itulah sebagai seorang pembicara, entah itu dalam melakukan presentasi, pidato atau kegiatan berbicara di depan publik yang lain kita harus bisa pastikan artikulasi kita baik, sehingga setiap kata yang kita sampaikan bisa terdengar jelas oleh audiens kita.

Dan jika saat ini Anda masih merasa lemah di aspek tersebut Anda memperbaikinya. Karenanya dikesempatan ini saya akan tunjukkan kepada Anda bagaimana caranya melatih artikusi, sehingga untuk presentasi Anda berikutnya, untuk pidato Anda berikutnya artikulasi Anda jauh lebih dari sebelumnya.

Dan terkait dengan hal tersebut ada 4 cara dapat Anda terapkan.

Pertama, latih Artikulasi Anda Dengan Latihan Mengucapkan Huruf Vokal dan Konsonen dengan benar

Cara ini cukup simpel, namun akan sangat membantu memperbaiki artikuasi Anda saat berbicara.

Jadi saat mengucapkan kata apa yang Anda ucapkan benar adanya.

Misalnya Anda mengucapkan kata motivasi ya kata motivasi yang keluar, bukan motipasi.Jika Anda mengucapkan kata meneruskan misalnya, maka yang keluar ya meneruskan bukan menerusken.

Untuk cara latihnnya seperti ini.

Awalnya silakan Anda latih dulu pengucapan huruf vokalĀ  Anda, yaitu A, I, U, E O dengan pengucapakan yang benar, pertama dengan tempo normal, selanjutnya dengan tempo cepat.

Setelah Anda sudah latihan mengucapkan huruf vokal selanjutnya silakan latih juga pengucapan huruf konsonan, yaitu huruf B, C, D, F dan seterusnya.

Penerapannya sama seperti latihan mengucapkan huruf vokal.

Lakukan latihan tersebut berulang-ulang disetiap kesempatan Anda latihan.

Kedua, Latih Artikulasi Anda Dengan latihan Membaca Dengan Suara Dikeraskan

latihan artikulasi dengan membaca keras akan membantu Anda mengetahui kata apa yang sering membuat Anda terpleset.

Dan ini juga akan membantu menguatkan power suara Anda.

Cara melakukannya seperti ini.

Pertama, silakan Anda ambil satu bacaan (bebas). Kemudian silakan Anda baca dengan suara keras dengan tempo normal. Perhatikan juga penggalan dan intonasi bacaan sesuai tanda baca yang ada.

Kedua, silakan lakukan latihan dengan bacaan yang sama (dengan latihan pertama) dengan tempo yang lebih cepat dari sebelumnya.

Jika dua latihan tersebut sudah Anda lakukan, Anda berhasil melakukannya, Anda bisa membaca satu bacaan yang sama, dengan baik di tempo normal dan cepat tanpa ada kesalahan kata, maka silakan untuk selanjutnya lakukan pengulangan latihan dengan bacaan yang berbeda.

Percayalah ini akan sangat membantu memperbaiki artikulasi Anda, bahkan dapat memperkuat power Anda saat berbicara.

Ketiga, Latih artikulasi dengan latihan mengucapkan serangkaian kata kata sukar

Kata-kata sukar ini maksudnya adalah kata-kata yang memang dibuat sedemikian rupa yang bisa membelit lidah Anda saat mengucapkan, terlebih jika diucapkan dengan tempo di atas normal.

Contohnya seperti ini.

Kemana Kenapa Mengapa

Kepala di parut kelapa digaruk

Satu ribu dua biru tiga ribu empat biru

Kalau di ucapkan dengan dengan tempo lambat, kata-kata tersebut memang tidak terlalu sulit untuk diucapkan tapi kalau kecepatan pengucapannya ditambah, baru Anda akan terasa susahnya.

Tidak percaya?

Kalau tidak percaya silakan Anda coba.

Percayalah latihan mengucapkan serangkaian kata sukar ini bagus, akan sangat akan membantu Anda bisa berbicara dengan artikulasi yang jelas bahkan jika Anda harus berbicara dengan tempo yang cepat.

Silakan terapkan, silakan cari rangkain kata sukar sebanyak yang Anda bisa, kemudian latih cara pengucapannya sampai Anda bisa mengucapkannya dengan baik, dengan benar tanpa terebelit lagi lidah Anda.

Keempat, Latih Artikulasi Anda Dengan MeLatih kelenturan rahang mulut, bibir dan lidah Anda Sebelum Berbicara

Cara ini juga sangat bagus untuk Anda lakukan.

Anda bisa latih sesering yang Anda bisa di rumah atau saat Anda hendak berbicara.

Saya sering melakukannya khususnya sebelum saya berbicara, lebih khusus saat saya harus berbicara di depan kemara. Karena menurut saya pribadi berbicara di depan kemare memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dengan berbicara langsung di depan banyak orang.

Untuk penerapannya, sulit saya menjelaskannya dengan kata-kata, jadi Anda bisa langsung lihat pada video di bawah.

Dengan teknik latihan seperti video di atas, maka rahang, lidah dan bibir Anda akan lebih lentur saat berbicara. Sehingga akan membantu Anda meminimikan atau mengurasi kepleset kata saat Anda berbicara.

Ok, itulah tadi beberapa cara memperbaiki atau melatih artikulasi Anda, silakan Anda praktekkan empat cara yang sudah saya jelaskan, semoga Anda nantinya untuk presentasi Anda berikutnya Anda bisa berbicara lebih jelas, lebih mudah difahami oleh audiens Anda.

 

Photo credit: freepik

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *