Cara memunculkan Combine Shapes atau Merge Shape Di Powerpoint 2010

Cara memunculkan Combine Shapes atau Merge Shape Di Powerpoint 2010

Dalam semua tutorial powerpoint yang terbaru saya buat, semuanya menggunakan powerpoint 2016 dan dari beberapa tutorial ada yang menggunakan fitur merge shape seperti union, combine, intersect dan Subtract.

Misalnya seperti di tutorial cara memasukkan foto pada huruf  atau teks yang saya buat, di sana saya menggunakan fitur marge shape intersect.

Kemudian di video saya yang lain cara membuat image brush saya juga menggunakan fitur merge shape intersect. Dan masih ada beberapa yang lain yang saya juga menggunakan fitur yang ada di dalam merge shape seperti union dan combine.

Dan karena masalah tersebut ada beberapa pembaca rona presentasi yang menyampaikan bahwa di powerpoint mereka khususnya powerpoint 2010 katanya tidak ada fitur intersect.

Awalnya saya pikir memang tidak ada, karena dulu saat saya menggunakan powerpoint 2010 saya belum menggunakan fitur tersebut, namun karena saya penasaran, akhirnya saya ulik di powerpoint 2010.

Dan ternyata fitur merge shape itu ada, namun namanya bukan merge shape, melainkan combine shape.

Untuk bisa menggunakan fitur tersebut Anda harus memunculkannya di bar tab powerpoint Anda.

Di dalamnya ada fitur union, combine, intersect dan subtract.

Jadi untuk Anda yang masih menggunakan 2010 Anda bisa  menggunakan fitur intersect atau fitur combine yang lain untuk presentasi Anda, namun ada kekurangannya.

Kakurangannya dia hanya bisa mencombine shape dengan shape, tidak bisa dengan huruf atau gambar.

Artinya kalau Anda ingin mengcombine shape dengan gambar atau teks atau huruf Anda harus menggunakan versi 2016. Ya 2016, karena untuk di versi 2013 fitur merge shape juga belum bisa mengcombine shape dengan gambar atau huruf.

Terus bagaimana kalau kita ingin mengombine shape dengan huruf atau teks.

Ada bisa siasati dengan membuat huruf dari shape, Anda bisa menggunakan kombinasikan shape untuk membentuk huruf dengan fitur union. Baru setelah itu Anda bisa combine shape dengan huruf. Kemudian kalau mau mengcombine shape dengan gambar, Anda harus format dulu gambarnya supaya bisa diedit layaknya shape.

Tapi terlepas dari kekurangan tersebut  untuk menambah pengetahuan dan untuk mengoptimalkan shape Anda masih bisa menggunakannya. Dan karena alasan itulah di dalam artikal ini saya akan tunjukkan bagaimana memunculkan combine shape tersebut di powerpoint 2010 Anda.

Bagaimana caranya?

Silakan Anda ikuti langkah-langkahnya.

Pertama, klik file dipojok kanan, kemudian klik option setelah itu klik Quick Access Toolbar.

Kedua, pada bagian Choose Commands From pilih All Commands.

Ketiga, perhatikan menu dropdown yang muncul, di menu drop down tersebut silakan Anda klik pada pilihan combine shape.

Keempat, silakan Anda klik Add.

OK itulah tadi cara memunculkan fitur merge shape atau combine shape pada powerpoint 2010.

Jika langkah-langkah ini Anda ikuti, maka di powerpoint 2010 saat Anda klik format dibagian shape pasti akan muncul fitur yang namanya combine shape. Jadi untuk selanjutnya dengan menggunakan powerpoint 2010 Anda akan dapat membuat slide yang lebih keren dengan fitur merge shape tersebut.

 

 

8 Comments

  1. sAYA SUDAH INSERT ribbon, tapi menu shape nya TIDAK BISA digunakan untuk Shape union or shape combine nya di 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *