Cara Mengatasi Masalah Yang Tiba-Tiba Muncul Saat Presentasi

Cara Mengatasi Masalah Yang Tiba-Tiba Muncul Saat Presentasi

Dalam banyak kasus presentasi berikut ini adalah beberapa masalah yang sering kali muncul tanpa diinginkan dan sering membuat orang bingung tidak tahu apa yang harus dilakukan.

  1. Tiba-tiba blank lupa alur dan materi presentasi
  2. Mendadak tiba-tiba listrik mati sehingga tidak dapat menggunakan slide presentasi
  3. Waktu presentasi harus terpotong karena beberapa hal yang diluar kendali

Apakah Anda pernah mengalami satu atau beberapa hal di atas? Atau malah Anda belum pernah sama sekali mengalaminya?

Jika Anda pernah mengalami salah satu dari permasalahan di atas mungkin Anda sudah bisa merasakan bagaimana sensasinya. Tapi jika Anda belum pernah mengalaminya maka Anda haru siap-siap. Karena hal-hal seperti di atas bisa datang kapan saja.

Tapi Anda tidak pernah khawatir, karena dalam ulasan ini saya akan satu persatu bagaimana mengatasi beberapa persoalan di atas. Dengan demikian jika suatu saat salah satu atau beberapa hal di atas terjadi pada Anda, Anda sudah tahu harus melakukan apa atau mempersiapkan apa untuk mengantisipasinya.

Cara Mengatasi Masalah Blank lupa materi atau alur presentasi

Blank, tiba-tiba lupa alur atau materi presentasi, sebenarnya adalah satu hal yang bisa terjadi pada siapa saja.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya untuk mengatasi masalah blank ini sangat mudah. Saya jamin, jika Anda sudah tahu caranya, Anda tidak akan pernah khawatir lagi apabila tiba-tiba ditengah-tengah presentasi Anda bank dan lupa materi.

Seperti apa caranya, mari saya tunjukkan untuk Anda.

Buatlah note dan aktifkan fitur presenter view

Jika Anda menggunakan powerpoint maka cara terbaik untuk mengantisipasi terjadinya masalah seperti ini adalah dengan membuat catatan di powerpoint, tepatnya di bawah tempat anda mengedit slide utama pada normal view.

Kemudian saat presentasi, pastikan pengaturan slide show pada leptop Anda ubah menjadi presenter view.

Tempat leptop Anda pad posisi serong atau tepat di depan Anda berbicara. Sehingga kalau Anda lupa Anda bisa melihat catatan Anda.

Cara Mengatasi Slide Yang Tidak Dapat Digunakan Karena Pemadaman Listrik

Masalah yang satu ini bisa juga setiap saat terjadi. Dan sebagai presenter yang baik, apapun kondisi yang terjadi Anda harus tetap siap, jangan sampai hanya gara-gara permasalahan teknis membuat presentasi terhambat atau berhenti di tengah jalan.

Bagaimana mengatasi kondisi seperti ini.

Anda dua cara dapat Anda lakukan di sini.

1.Sesaat slide mati berusahalah untuk tetap bersikap tenang.

Nah, saat slide Anda tiba-tiba karena pemadaman listrik, maka berusahalah untuk bersikap tenang. Lanjutkan dulu pembahasan Anda sampai jeda. Setelah jeda, katakan pada audiens apa yang terjadi, kemudian lanjutkan presentasi dengan melakukan tahap selanjutnya.

Anda bisa mengatakan seperti ini.

“ Mohon maaf bapak dan ibu,  seperti ada gangguan pada slide show presentasi saya. Jadi untuk sementara saya akan gunakan media lain supaya Anda tetap tahu alur presentasi saya dan tahu poin-poin penting yang harus Anda ingat.

2. Gunakan Flip Chart atau white board sebagi alternatif pengganti

Segera setelah Anda menyampaikan kalimat seperti yang tadi saya contohkan, pindahkan segera posisi Anda agak mendekati  Flip Chart atau white board. Review sebentar, apa yang sudah Anda jelaskan sebelumnya (sebaiknya di tulis) baru setelah itu Anda sampaikan poin selanjutnya sambil poinnya Anda tulis di white board yang Anda gunakan.

Anda bisa menyampaikannya dengan kalimat seperti ini.

“Tapi sebelum saya lanjut,  supaya bapak dan ibu tidak kehilangan alur presentasi yang sudah saya sampaikan sebelumnya. Sekedar mengingatkan tadi kita sudah membahas tentang ….

Sekarang saya lanjut …..

Cara Mengatasi Waktu Terpotong

Sebelum saya tunjukkan cara mengatasi waktu yang terpotong, sebelumnya izinkan saya sedikit berbagi pengalaman saya.

Jadi dulu saya pernah mengalami hal semacam ini.

Di mana saya yang harusnya presentasi selama satu jam, tapi terpaksa harus terpotong setengah jam karena beberapa alasan.

Tahu tidak apa yang saya lakukan?

Karena saya merasa sudah mempersiapkan presentasi selama satu jam, rasanya saya tidak rela jika saya harus memotong presentasi saya menjadi setengah jam. Apalagi pemotongan tersebut, dikarenakan bukan karena kesalahan saya.

Meskipun sebenarnya memotong materi itu tidak lah sulit bagi saya.

Kenapa saya bisa katakan tidak sulit.

karena saya sudah tahu betul apa yang akan saya sampaikan, bahkan kisaran waktu yang akan saya sampaikan pada tiap slide pun saya tahu.Jadi kalau saya mau, saya bisa potong beberapa bagian untuk menyesuaikan dengan waktu yang ada.

Tapi karena keegoisan saya, saya tetap tidak mau memotong presentasi dan tetap menyampaikan presentasi saya selama satu jam.

Presentasi sukses, tapi keegoisan saya tersebut ternyata saya telah menggunakan waktu berharga audiens saya. Karena yang awalnya mereka harus sudah pulang gara-gara saya jadi terlambat pulang. Yang awalnya mungkin ada kegiatan lain di jam setelahnya, harus telat juga gara-gara kesalahan saya.

Sejak saat itu saya berjanji pada diri saya sendiri,  untuk seterusnya apapun yang terjadi saya tidak akan pernah mengorbankan waktu berharga audiens hanya untuk mendengarkan saya.

Apa hikmahnya?

Hikmahnya adalah jangan sekali-kali memotong waktu berharga audiens. Kalau memang waktu Anda harus terpotong apapun alasannya, lalukan itu.

Toh audiens hanya Anda yang tahu isi presentasi Anda, kalau pun Anda potong di beberapa bagian audiens tidak akan mengetahuinya.

Bagaimana caranya.

Kedua. Pikirkan sejenak mana dari slide Anda yang akan Anda hide.  Saya yakin ini tidak akan sulit kalau Anda memang benar-benar ahli pada topik yan akan Anda sampaikan dan benar-benar sudah mempersiapkan segala sesuatu sebelumnya.

Kedua hide pada bagian-bagian side yang tidak akan Anda sampaikan. Caranya adalah dengan klik kanan pada slide yang akan Anda hide. Kemudian klik menu Hide Slide pada bagian bawah.

Nah untuk presentasi Anda berikutnya, supaya Anda tidak kesulitan saat menemui masalah seperti ini, saran saya selalu buat run down yang jelas apa-apa yang akan Anda sampaikan dan waktunya. Sehingga ketika ada masalah seperti ini Anda tidak terlalu kesulitan untuk memotong bagian yang memang tidak akan Anda gunakan.

Demikianlah tips-tips sederhana bagaiman mengatasi masalah yang tiba-tiba muncul saat presentasi. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadikan Anda lebih percaya diri lagi dalam setiap presentasi yang Anda lakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *