Panduan Praktis Cara Menjadi Moderator Seminar Yang Baik

Panduan Praktis Cara Menjadi Moderator Seminar Yang Baik

Jika sebelum-sebelumnya hampir sebagian besar ulasan di situs ini lebih banyak membahas tentang cara menjadi seorang presenter atau pembicara maka pada kesempatan ini saya akan membahas hal yang sedikit berbeda.

Saya akan berbicara tentang cara menjadi moderator yang baik dalam seminar.

Seperti yang Anda ketahui meski moderator bukan pemapar materi, tapi perannya juga sangat penting dalam memandu kesuksesan sebuah kegiatan seminar

Karena itulah pada kesempatan ini saya akan bahas hal tersebut. Harapanya setelah Anda membaca ulasan ini Anda akan tahu bagaimana menjadi moderator yang baik dalam seminar.

Sehingga ketika suatu saat Anda didaulat menjadi moderator acara seminar Anda dapat menjalankan peran Anda dengan baik dan dapat membantu presenter mengelola presentasinya dari awal sampai akhir termasuk sampai kegiatan diskusi atau tanya jawab berakhir.

Ada tiga point utama yang akan saya bahas.

  1. Memahami perbedaan moderator dan mc
  2. Memahami peran sebagai moderator dalam seminar
  3. Langkah-langkah melaksanakan tugas sebagai moderator dalam seminar

Memahami Perbedaan Moderator dan MC

Ok sebelum kita melangkah lebih jauh membahas cara menjadi moderator seminar hal pertama yang harus Anda pahami adalah tentang perbedaan antara moderator dan pembaca acara atau mc. Karena dengan memahami ini Anda akan tahu apa peran Anda sebenarnya dalam sebuah kegiatan seminar.

Anda harus tahu meski moderator sering diidentikkan dengan mc, tapi ada sedikit perbedaan dari keduanya.

Moderator adalah pemegang kendali di sesi tertentu dalam kegiatan. Sedangkan mc adalah pemegang kendali dari seluruh kegiatan, bahkan moderator baru bisa mendapatkan kendali apabilan dia sudah dipersilahkan oleh moderator.

Itulah perbedaan antara moderator dan mc.

Memahami Peran Moderator Dalam Seminar

Peran utama seorang moderator seminar yaitu mengendalikan jalannya sesi presentasi narasumber, mulai dari mc menyerahkan kendali atas sesi presentasi sampai dengan kegiatan diskusi atau tanya jawab berakhir.

Ini adalah peran utama moderator seminar.

Langkah-Langkah Melaksanakan Tugas Sebagai Moderator Seminar

Untuk memastikan tugas berjalan dengan sukses maka langkah-langkah menjalankan tugas ini harus Anda lakukan bahkan jauh hari sebelum kegiatan seminar sendiri dilakukan. Dan berikut ini adalah saran-saran yang sebaiknya Anda lakukan.

Persiapan sebelum hari-H

1. Cari informasi tentang narasumber

Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Jadi saat Anda mendapatkan mandat menjadi moderator, maka segeralah cari tahu siapa narasumber yang akan menjadi pembicara.

Apa profesi utama mereka, apa saja karya mereka, dan aktivitas apa yang saat ini mereka lakukan. Kemudian cari tahu juga materi apa yang akan disampaikan nanti dalam seminar nantinya. Kalau memang panitia ada handout materi minta salinan handout tersebut dari penitia.

2. Pelajari materi yang akan disampaikan oleh nara sumber

Setelalah Anda mengetahui informasi tentang narasumber, selanjutnya pelajari materi yang akan mereka sampaikan. Ini supaya saat Anda memandu nanti, Anda tahu bagaimana memberikan pengantar yang tepat sebelum narasumber berbicara.

3. Pelajari runtutan acara secara menyeluruh plus durasi waktunya

Meski tugas Anda dimulai sejak mc memberikan kendali kepada Anda, namun untuk bisa menjalankan tugas dengan baik, Anda harus tahun runtutan setiap acara secera menyeluru, termasuk durasi waktu untuk tip-tiap acara.

Dalam hal ini sebaiknya minta run down acara ke panitia penyelenggara.

4. Persiapkan senjata perang

Untuk memperlancar tugas Anda sebagai moderator, selain melakukan ketiga hal yang saya sebutkan di atas Anda juga perlu mempersiapkan senjata perang Anda.

Senjata perang itu antara lain, alat tulis (kertas kosong dan bulpoint), form profil Anda sendiri untuk Anda serahkan ke pembaca acara atau mc, form profil narasumber atau pembicara yang nantinya akan Anda kenalkan dan timer.

5. Persiapkan draf apa yang Anda katakan

Tujuan membuat draf ini adalah supaya Anda memiliki rule yang jelas saat Anda bicaranya nantinya. Jadi nantinya Anda tidak asal bicara tanpa tahun runtutan yang jelas dari apa yang akan Anda sampaikan.

Terkiat dengan draf ini, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

Pertama, draf pembukaan acara.

Apapun yang akan Anda lakukan dan Anda katakan sebaiknya Anda tulis dulu semua. Kemudian periksa, pelajari sampai Anda benar-benar yakin sudah menemukan cara terbaik untuk pembukaan Anda nantinya.

Setelah selesai, latih apa yang sudah Anda tulis, sampai Anda bisa menyampaikannya dengan natural. Tapi ingat jangan dihafal cukup pahami esensi saja.

Kedua adalah draf pembukaan sesi tanya jawab

Selain draf pembukaan acara, sebaiknya Anda juga membuat draf pembukaan untuk sesi tanya jawab. Ini supaya Anda tahu betul apa yang akan Anda katakan terkait hal-hal yang harus dipatuhi pada saat sesi tanya jawab demi kelancaran proses tanya jawab.

6. Memilih pakaian yang akan Anda kenakan

Ini yang terakhir dan yang tak kalah panting, pikirkan juga pakaian yang meski Anda kenakan. Saran terbaik kenakan pakaian yang sesuai dengan situasi seminar.

Pelaksanaan tugas di hari –H

7. Melakukan koordinasi dengan penitia

Pada saat hari-H datanglah lebih awal dan segera lakukan koordinasi dengan penitia untuk menyiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk melancarkan acara dan untuk menyambut narasumber atau pembicara.

8. Bangun komunikasi dengan narasumber

Saat nara sumber datang, segera sambut mereka, persilakan narasumber duduk di tempat yang sudah disediakan. Setelah beberapa saat narasumber sudah duduk dan sudah merasa siap untuk diajak berbicara hampiri mereka, kenalkan bahwa Anda adalah moderator yang akan mamandu kegiatan presentasi dan tanya jawab nantinya.

Kemudian selain memperkenalkan diri pastikan juga Anda mengkonfirmasi form profil pembicara yang sudah Anda punya, tanyakan apakah profilnya sudah benar, ada yang kurang tepat atau ada yang peru ditambahkan.

Kemudian pastikan juga narasumber mengetahui berapa waktu yang harus mereka gunakan, cara Anda memberitahukan kalau waktu sudah hampir selesai, dan tambahan waktu kalau-kalau ternyata acara molor karena beberapa hal.

Terakhir yang juga tidak kalah penting, tanyakan juga apakah mereka akan menggunakan notebook sendiri atau menggunakan notebook panitia. Jika menggunakan notebook sendiri tanyakan apakah mereka perlu teknisi untuk memasangkan atau dipasang olah asisten pribadi sendiri.

9. Buka sesi presentasi untuk narasumber

Setelah pembawa acara atau mc menyerahkan kendali ke Anda, maka bukalah sesi presentasi narasumber dengan pembukaan yang dapat membantu audiens mengenal siapa narasumber dan memahami pentingnya materi bagi audiens.

Untuk contoh kalimat pembukaannya bisa seperti di bawah ini.

Selamat pagi ..

Selamat sejahtera untuk Anda semua

Sebelumnya terima kasih kepada saudara pembawa acara karena telah memberikan kewengan kepada saya untuk memandu kegiatan inti seminar keilmuan Effective Presentation For Students pada siang hari ini.

Seperti tema utama kegiatan hari ini, sebentar lagi kita akan bersama-sama belajar dan menimba ilmu tentang cara menjadi mahasiswa dan mahasiswi dengan kemampuan presentasi yang hebat dan memikat.

Dan kita layak bersyukur, karena kita akan langsung menimba ilmu dari pakarnya yaitu dari bapak Robin.

Bapak Robin ini adalah spesialis trainer di bidang presentasi dan public speaking. Beliau juga pendiri salah satu situs presentasi dan public speking terbesar di Indonesia dan penulis buku teknik presentasi Effective Presentation For Students.

Tapi sebelum saya persilahkan bapak Robin untuk maju.

Ada sedikit hal yang ingin ingatkan.

Jadi seperti yang sudah Anda ketahui.

Mahasiswa dan kegiatan presentasi itu tidak bisa dipisahkan.

Semua mahasiswa pasti presentasi.

Suka atau tidak Anda melakukannya, Anda akan tetap presentasi. Anda akan presentasi untuk memaparkan makalah, Anda akan presentasi untuk memaparkan hasil penilitian karya ilmiah.

Dan sayangnya, kalau kita melihat fakta yang ada, kebanyakan presentasi mahasiswa itu di manapun umumnya masih jauh dari kata efektif.

Karena itulah kesempatan ini harus kita manfaatkan dengan baik. Supaya nantinya Anda bisa menjadi mahasiswa yang bisa berbicara dengan efektif dalam kegiatan presentasi yang Anda lakukan.

khususnya dalam kegiatan presentasi makalah di depan kelas maupun dalam kegiatan presentasi seminar proposal atau sidang karya ilmiah.

Jadi, silakan Anda dengarkan betul apa yang akan dipaparkan oleh bapak Robin nanti dan misalnya ada hal-hal yang perlu ditanyakanterkait dengan materi yang beliau sampaikan akan berikan waktu khusus kepada Anda untuk bertanya, yaitu dalam sesi tanya jawab setelah bapak Robin menyampaikan semua paparan materinya kepada Anda.

Baik, rasanya tidak perlu lagi saya banyak berkata-kata, langsung saja kami mohon dengan hormat kepada bapak untuk maju untuk segera memulai pembelajaran presentasi kepada kita semua.

….

Itulah tadi contoh sederhana pembukaan untuk sesi presentasi yang bisa Anda sampaikan sebagai moderator.

Contoh yang saya barikan di atas hanya ilustrasi, tapi hal itu minimal bisa jadikan acuan untuk membuat pembukaan yang lebih baik.

10. Atur jalannya diskusi atau tanya jawab

Tugas di sini juga sangat penting karena lancar dan tidaknya kegiatan diskusi atau tanya jawab juga sangat dipengaruhi bagaimana moderator memimpinnya.

Terkiat dengan hal ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Pertama, pastikan Anda memberi tahu berapa lama durasi waktu sesi tanya jawab.

Kedua, pastikan juga Anda memberi tahu jumlah sesi dan jumlah pertanyaan untuk masing-masing sesi.

Ketiga, Pastikan tidak ada audiens yang bertanya secara bertele-tele. Jika Anda mendapati hal seperti itu, potong segera si penanya saat ia jeda, dan minta ia untuk langsung mengajukan inti pertanyaan.

Itu adalah beberapa hal dasar yang harus Anda perhatikan.

11. Tutup sesi dengan kesimpulan dan ajakan bertindak yang jelas

Setelah kegiatan diskusi selesai, segera tutup sesi dengan memberikan kesimpulan akhir atau ajakan untuk bertindak.

Kesimpulan atau ajakan bertindak tidak harus Anda buat sendiri, Anda bisa mencontek kesimpulan atau ajakan dari narasumber atau pembicara. Tujuannya di sini untuk menegaskan kembali pentingnya hal itu untuk diingat.

OK, demikianlah cara menjadi moderator semianar yang baik. Silakan Anda pahami, kemudian praktekan dalam tugas Anda saat menjadi moderator.

Tapi ada satu hal yang harus Anda ingat, meski Anda bukan sebagai pembicara utama, pastikan bahwa saat Anda memandu kegiatan Anda juga dapat berbicara dengan lancar, penuh percaya diri meyakinkan.

Terkait hal ini ada dua kemampuan public speaking yang minimal harus Anda kuasai. Pertama, kemampuan penggunaan bahasa verbal. Kedua kemampuan penggunaan bahasa tubuh untuk mendukung setiap pesan verbal yang Anda sampaikan.

Bagaimana menurut Anda.

Jika ulasan ini bermanfaat, bantu kami untuk menyebarkan ulasan ini kepada masyarakat luas di luar sana. Silakan klik tombol button media sosial di bawah.

20 Comments

  1. Selamat siang, tips yang diberikan sangat bermanfaat dan berguna buat saya. Semoga semakin bangak tipz lain yang di tulis disin. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *