Cerdas Memilih Topik Presentasi Yang Efektif

Memiliki topik presentasi yang berkualitas adalah satu prinsip yang harus Anda pegang sebagai seorang presenter. Semua presenter hebat dan terlatih memahami hal ini. Prinsip ini tidak akan lekang oleh zaman dan akan berlaku terus sampai kapanpun. Dan ini adalah pondasi pertama yang harus Anda miliki. Dengan memiliki topik yang berkualitas Anda akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan audiens pun akan percaya dengan Anda.

Bagaimana cara efektif memilih topik presentasi yang berkualitas? Untuk bisa menentukan topik presentasi , mulailah dengan menjawab tiga pertanyaan berikut:

1. Apakah saya ahli pada topik ini?

Menjadi ahli adalah harga mati bagi seorang presenter yang kredibel. Tidak ada tawar-menawar.

Dengan menjadi ahli Anda akan lebih percaya diri. Disamping itu audiens juga akan lebih percaya dengan kredibilitas Anda.

Coba sekarang Anda pikirkan apa jadinya bila diri Anda tidak menguasai topik presentasi saat melakukan presentasi. Saya yakin Anda akan bingung, Anda tidak tahu harus berbicara apa, tiba-tiba mandek di tengah jalan.

Dan yang paling parah Anda akan kehilangan kepercayaan audiens. Jika presentasi yang Anda lakukan tersebut adalah peluang maka peluang itu pasti akan hilang.

2. Apakah saya bergairah pada topik ini?

Gairah yang besar mencerminkan sebuah keyakinan, cara berpikir dan tindakan Anda dalam menekuni suatu topik presentasi. Biasanya topik ini tidak sekedar pengetahuan melainkan sesuatu yang menyatu dalam diri presenter, bahkan bisa dikatakan menjadi suatu aktivitas yang sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari presenter.

Mengapa Anda harus memiliki gairah yang kuat dalam suatu topik?

Alasannya sangat sederhana, karena sebuah gairah akan memunculkan semangat dan antusias yang tinggi saat Anda menyampaikan topik tersebut kepada audiens.

Dalam banyak presentasi sering saya menyaksikan sebuah presentasi itu benar-benar membosankan, membuat kantuk, bahkan tidak jarang presentasi tersebut membuat saya tiba-tiba malas dan ingin cepat-cepat keluar meninggalkan ruangan.

Dan hal yang membuat itu terjadi adalah tidak semangatnya presenter dalam menyampaikan presentasi. Ia menyampaikan presentasi dengan datar, bahkan tidak jarang mereka sambil duduk di balik meja, tidak ada interaksi dengan audiens, dan yang paling menyebalkan mereka hanya membaca slide.

Perlu saya tegaskan kepada Anda, ahli saja belum cukup menjadikan presentasi Anda menarik bagi audiens, jika Anda tidak bisa memunculkan semangat dan antusias yang tinggi saat menyampaikan presentasi.

Mengapa begitu?

Karena pada dasarnya semangat dan antusias itu bersifat menular. Jika Anda berbicara dengan penuh semangat dan antusias, maka audiens pun sama. Mereka juga akan semangat dan antusias mendengarkan Anda.

3. Siapa yang peduli dengan topik ini?

Setelah Anda menemukan topik yang Anda kuasai dan Anda cintai selanjutnya Anda harus tahu siapa yang membutuhkan topik tersebut.

Ibarat sebuah bisnis topik presentasi adalah produk yang akan kita jual. Sebagus apapun produk kita, jika tidak memiliki manfaat buat orang banyak, hasilnya bisa dipastikan, produk kita tidak akan laku dijual.

Kenapa?

Karena tidak ada orang yang peduli dengan produk kita. Sama halnya dengan topik presentasi. Sebuah topik yang baik tidak hanya yang Anda kuasai dan Anda cintai, tapi juga harus bermanfaat buat banyak orang. Dengan begitu banyak orang akan peduli dengan topik Anda.

Dengan menjawab tiga pertanyaan tersebut Anda akan mendapatkan topik presentasi yang berkualitas untuk presentasi Anda.

Untuk mempermudah usaha Anda dalam menemukan topik presentasi yang Anda kuasai, Anda cintai dan dibutuhkan oleh audiens, silahkan Anda tulis di kertas topik apa saja yang Anda kuasai.

Kemudian Anda tuliskan pada masing-masing topik bagaimana gairah Anda, apakah Anda sangat mencintai topik tersebut, sekedar suka atau tidak suka sama sekali. Setelah langkah ini selesai selanjutnya Anda tulis lagi pada masing-masing topik siapa yang akan peduli.

Jika sampai tahap ini Anda melakukannya dengan baik, maka topik yang berkualitas benar-benar akan Anda miliki.

Bagaimana menurut Anda?

 

Gratis Untuk Anda Mini Training Desain Slide (6 Video) dan Sembilan Slide Presentasi Menarik Untuk Inspirasi Anda.

Daftarkan email aktif Anda pada form di bawah, kemudian klik tombol dapatkan aksesnya

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *