Panduan Lengkap Menghadapi dan Menjawab Pertanyaan Sidang Skripsi Dengan Tepat

Tanya jawab dalam sidang skripsi adalah salah satu kegiatan yang pasti akan Anda lakukan. Suka atau tidak suka, Anda akan melakukannya. Dan untuk bisa sukses menghadapi dan menjawab pertanyaan sidang skripsi, selain Anda harus menguasai materi, Anda juga harus menguasai trik dan strategi menghadapinya.

Terkait dengan trik dan strategi ini, minimal ada tiga hal yang harus Anda ketahui.

Pertama adalah tentang langkah-langkah menanggapi pertanyaan. Kedua tentang hal-hal yang harus Anda hindari. Ketiga adalah tentang cara mengatasi masalah-masalah dalam sesi tanya jawab.

Namun sebelum saya membahas tiga hal tersebut, ada baiknya Anda melakukan hal ini terlebih dahulu.

Pertama, hilangkan kekhawatiran atau prasangka tentang dosen penguji akan membantai Anda. Ingat mereka adalah guru-guru Anda, jadi tidak mungkin mereka akan membantai Anda.

Kedua, posisikan dosen penguji sebagai kritikus yang akan menyempurnakan karya tulis Anda, membantu Anda menghasilkan karya tulis ilmiah yang bermutu.

Tiga Langkah Menghadapi dan Menjawab Pertanyaan Sidang Skripsi

Supaya Anda dapat memberikan jawaban dengan tepat kepada dosen penguji inilah tiga langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Mendengarkan

Dengarkan pertanyaan dari dosen penguji dengan seksama dan penuh perhatian. Ini akan membantu Anda memahami maksud dari pertanyaan yang diajukan dengan mudah.

2. Jeda sejenak untuk berpikir

Ambil jeda dan pikirkan cara terbaik untuk menjawab pertanyaan. Ambil waktu beberapa detik untuk menyusun tanggapan terbaik Anda.

3. Jawab pertanyaan dengan tepat

Berikan jawaban yang tepat dan ringkas jika waktunya terbatas, perluas jawaban jika waktunya cukup longgar. Berpikirlah dengan cermat, pikirkan tanggapan terbaik.

Ketiga, yakinkan diri Anda, kalau Andalah yang paling tahu skripsi Anda. Dosen Anda tidak lebih tahu tentang skripsi Anda, tapi Andalah yang lebih tahu. Dosen penguji memberikan pertanyaan karena mereka ingin tahu tentang skripsi Anda. Mereka ingin tahu pertanyaan penelitian apa yang ingin Anda jawab.

Jadi sekali lagi saya ingatkan, Andalah orang yang paling tahu tentang skripsi Anda, bukan dosen penguji Anda.

Empat Hal Yang Harus Dihindari Dalam Tanya Jawab Sidang Skripsi

Supaya Anda tidak mengalami kesulitan dalam sesi tanya jawab, berikut adalah empat hal yang harus Anda hindari.

1. Menjawab Dengan Kata Mungkin

Sama halnya seperti saat Anda presentasi, dalam tanya jawab Anda juga harus menghindari kata mungkin. Karena kata mungkin mencerminkan Anda tidak yakin atau ragu dengan jawaban Anda.

2. Sikap terlalu percaya diri

Meskipun Anda menguasai materi skripsi, tapi jangan terlalu percaya diri, karena dosen tidak terlalu suka dengan hal tersebut. Sepandai apapun Anda sikap rendah hati harus tetap Anda tonjolkan. Dengan demikian dosen akan semakin respek dengan Anda.

3. Meminta dosen mengulangi pertanyaan

Jika Anda merasa kurang memahami pertanyaan dari dosen penguji jangan minta mereka untuk mengulangi pertanyaan mereka. Karena Anda bisa dianggap tidak menyimak pertanyaan dengan baik. Ada cara yang lebih bijak dan halus untuk menyikapinya. Yaitu dengan cara mengulangi pertanyaan dosen penguji sebelum Anda menjawab.

Jika pertanyaan yang Anda ulang tidak sesuai dengan pertanyaan mereka biasanya dosen akan mengklarifikasi atau mengulangi pertanyaan tanpa Anda harus meminta.

4. Terlalu ngotot

Jika Anda termasuk mahasiswa yang idealias, agak berhati-hatilah saat adu argumen dengan penguji Anda.

Jika harus ada perdebatan sebaiknya jangan terlalu ngotot. Anda boleh mempertahankan argumen Anda, tapi tetaplah bersikap rendah hati.

Kalau Anda merasa argumen Anda mulai melemah sebaiknya hentikan perdebatan, akui bahwa argumen Anda lemah dan Anda siap memperbaikinya. Kecuali Anda memiliki bukti atau dukungan konsep yang kuat dan tak terbantahkan.

Menghadapi Masalah Dalam Tanya Jawab Sidang Skripsi

Jika Anda sudah melakukan persiapan dengan matang, Anda menguasai setiap detail dari skripsi Anda rasanya sangat kecil kemungkinannya Anda akan menghadapi masalah. Tapi meskipun begitu kemungkinan itu tetap selalu ada.

Dalam sesi tanya jawab sendiri, pada umumnya ada dua masalah yang bisa saja terjadi.

1. Mendapatkan pertanyaan yang Anda tidak tahu jawabannya

Sebenarnya kalau Anda sudah menguasai dengan baik skripsi Anda, kecil sekali kemungkinan Anda tidak bisa menjawab pertanyaan yang terkait dengan skripsi.

Namun apabila ternyata, ada pertanyaan dosen penguji yang tidak bisa Anda jawab, karena  memang belum tahu, maka jawablah bahwa Anda belum tahu. Tapi jangan diam. Kalau bisa berikan argumen mengapa Anda tidak mengetui perihal pertanyaan yang diajukan. Anda bisa mengatakan dengan kalimat seperti ini:

Menanggapi pertanyaan bapak atau ibu, saat saya belum tahu jawaban dari pertanyaan yang bapak atau ibu ajukan. Karena dalam menyusun skripsi ini mulai dari pengajuan judul sampai selesai. Hal yang tadi bapak atau ibu tanyakan sama sekali tidak terpikirkan sebelumnya. Saya tahu ini kesalahan saya, melupakan konsep yang penting tersebut. Dan saya siap memperbaikinya.

Tapi seperti yang saya katakan tadi, kalau Anda memiliki persiapan yang matang, Anda mengusai setiap detail dari skripsi Anda, maka kemungkinan tidak bisa menjawab pertanyaan sangat kecil. Kalau ada pertanyaan yang sulit dijawab, umumya terjadi karena kurangnya kemampuan mahasiswa dalam memahami pertanyaan. Karena itulah lakukan tiga cara yang sudah saya tunjukkan sebelumnya.

2. Mendapatkan pertanyaan diluar konteks skripsi

Ada kalanya dosen penguji memberikan pertanyaan di luar konteks skripsi yang Anda kerjakan. Anda tidak perlu bertanya apa alasan mereka. Yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana cara menyikapinya.

Caranya adalah dengan mengatakan kepada dosen penguji Anda kalau pertanyaan yang diajukan diluar dari kontek penelitain yang dilakukan, jadi Anda tidak bisa memberikan tanggapan terhadap pertanyaan. Anda bisa mengatakan seperti dengan kalimat seperti berikut ini:

Menanggapi pertanyaan dari bapak atau ibu saya mohon maaf tidak bisa memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Pertanyaan yang bapak atau ibu ajukan di luar kontek penelitian yang saya lakukan. Terima kasih.

Setelah sesi tanya jawab selesai, presentasi sidang Anda selesai, tutuplah presentasi Anda dengan mengucapkan terima kasih atas saran dan masukan dari dosen penguji Anda. Kemudian hampiri mereka dan jabatlah tangan mereka, dan keluarlah dari ruang sidang dengan kemenangan Anda.

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *