Presentasi Bisnis Menggunakan Aturan 10-20-30 Guy Kawasaki

Presentasi Bisnis Menggunakan Aturan 10-20-30 Guy Kawasaki

Guy Kawasaki

Tips Presentasi Bisnis – Jika Anda seorang presenter yang sering melakukan presentasi bisnis, khususnya presentasi dihadapan para para Venture Capital yang sehari-hari mendengarkan demikian banyak proposal bisnis maka aturan Guy Kawasaki ini bisa Anda gunakan.

Aturan Guy Kawasaki ini disebut dengan Rule 10-20-30. Artinya presentasi PowerPoint harus memiliki sepuluh slide , berlangsung tidak lebih dari dua puluh menit , dan ukuran font yang Anda gunakan minimal adalah tiga puluh poin.

Apa yang menarik dari Aturan 10-20-30?

1.      Sepuluh Slide

Sepuluh Slide akan membuat presenter terhindar dari keserakahan. Ini akan menjadikan presenter bener-benar fokus pada pesan utama. Guy kawasaki dalam blog pribadinya memaparkan bahwa 10 slide tersebut birisi.

  • Masalah yang ada
  • Solusi dari Anda
  • Model Bisnis
  • Teknologi yang di gunakan
  • Pemasaran & Penjualan
  • Persaingan
  • Tim
  • Proyeksi dan Tonggak
  • Status dan Waktu
  • Ringaksan dan ajakan untuk bertindak

Namun begitu ini bukan berarti kita boleh mememuhi slide dengan bullet poin atau kalimat-kalimat yang panjang. Melainkan kita harus memotong, membuang hal-hal yang tidak penting dari presentasi kita. Jika kita memiliki 10 slide tapi penuh bullet point, itu sama saja tetap tidak ada artinya, karena berapa pun jumlah slide yang kita buat prinsip yang harus selalu diterapkan adalah Sederhana.

2.      Dua Puluh Menit Berbicara

Dua puluh menit berbicara adalah waktu yang sangat ideal untuk presentasi bisnis. Ini akan membuat kita tidak banyak bicara selain hal-hal yang memang seharusnya kita sampaikan.  Namun ini tidak mudah, benar-benar tidak mudah. Dibutuhkan latihan yang ekstra, berulang-ulang sampai kita bisa menyampaikanya dengan tepat waktu.

3.      Tiga Puluh Poin

Tiga puluh poin minimal ukuran font akan memastikan bahwa font yang kita gunakan terbaca dengan baik oleh semua audiens. Bisa jadi kita menyadari bahwa font kita terlalu kecil, namun karena teks yang kita masukkan banyak terpaksa font yang digunakan memang harus kecil.

Supaya kita bisa menghindari penggunaan font yang kecil pastikan konten atau teks presentasi Anda ringkas. Dengan demikian kita bisa menerapkan aturan ini, kita bisa memperbesar font kita sampai minimal tiga puluh poin. Lebih besar tentunya akan lebih baik.

Perlukah Kita Mengikuti Aturan ini?

Perlu dan tidak tentu sangat tergantung dari kebutuhan dan keperluan. Karena pada dasarnya setiap kondisi, situasi dan jenis presentasi yang kita lakukan sangat menentukan apakah aturan ini relevan atau tidak untuk diterapkan.

Ada dua hal yang minimal harus Anda pahami tentang presentasi sebagai bahan pertimbangan dalam menggunakan kaidah atau aturan-aturan tertentu dalam membuat dan membawakan presentasi.

1.      Setiap situasi itu unik

Jika kita melihat latar belakang aturan ini dibuat, maka Anda akan tahu bahwa Guy Kawasaki mengatakan aturan ini cocok untuk presentasi dihadapan para Venture Capital. Hal ini dikarenakan Guy Kawasaki adalah seorang Venture Capital yang sukses. Jadi apa yang ia sampaikan adalah representasi dari pengalaman menghadapi para pengusaha-pengusaha lapangan yang melakukan presentasi.

Jadi jika situasi presentasi yang Anda lakukan berbeda, maka Anda harus hati-hati menggunakannya

2.      Tidak ada jumlah slide yang sempurna

Dalam presentasi hal pertama yang harus dikembangkan adalah adalah konten, bukan desain. Artinya desain sangat tergantung dari sifat dari konten dan bagaimana cara Anda akan membawakannya.

Dalam presentasi yang pernah saya lihat,  pernah saya melihat presenter berbicara lebih dari satu jam dengan jumlah slide yang relatif sedikit. Di sisi lain ada presenter berbicara hanya 10 menit namun slide yang digunakan lumayan banyak lebih 20 slide. Dan menurut saya tidak ada masalah dengan jumlah slide mereka gunakan. Karena sesungguhnya efektif, menarik dan tidaknya presentasi juga sangat ditentukan bagaimana cara kita membawakannya.

Demikianlah penjelasan tentang Tip Presentasi Bisnis menggunakan aturan 10-20-30 Guy Kawasaki dalam presentasi bisnis. Dari apa yang sudah dipaparkan sebenarnya esensinya hanya satu yaitu buatlah slide presentasi sesuai dengan kebutuhan, keperluan dan situasi Anda.

Semoga bermanfaat.

Photo Credit: Robert Scoble

Sumber Inspirasi: Six Minutes Dlugan dan Guy Kawasaki Blog

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *