Cara Mempersiapkan Presentasi Pecha Kucha Yang Baik dan Efektif

Cara Mempersiapkan Presentasi Pecha Kucha Yang Baik dan Efektif

Pada posting kali ini saya ingin sharing kepada Anda tentang cara mempersiapkan presentasi 20×20 atau lebih dikenal dengan nama pecha kucha.

Presentasi pecha kucha adalah format presentasi sederhana di mana Anda menunjukkan 20 gambar atau slide, dengan masing-masing gambar atau slide hanya ditampilkan selama 20 detik.

Format presentasi ini dirancang oleh Astrid Klein dan Mark Dytham dari arsitektur Klein Dytham.

Pecha Kucha sendiri sekarang ini sudah menjadi trend  di lebih dari 700 kota di seluruh dunia termasuk juga di beberapa kota besar di Indonesia. Seperti Pecha Kucha Jakarta, bandung maupun Surabaya.

Itulah sekilas tentang pecha kucha.

Nah, sekarang saya akan tunjukkan bagaimana cara mempersiapkan presentasi pecha kucha yang baik dan efektif dengan harapan apabila suatu saat nanti Anda mendapatkan undangan untuk tampil dalam acara pecha kucha Anda sudah tahu bagaimana harus mempersiapkannya.

Kalau pun kesempatan itu tidak datang kepada Anda, minimal informasi ini akan menambah khasanah pengetahuan Anda.

Sekarang mari kita lihat satu persatu.

1. Membuat Materi

Membuat materi presentasi pecha kucha pada prinsipnya hampir sama dengan presentasi kebanyakan. Harus tetap dimulai dengan menggali atau memetakan ide-ide utama di atas kertas atau kanvas. Kemudian dipilih mana ide yang akan digunakan, baru kembangkan.

Tapi karena waktu presentasinya tidak panjang maka dalam memilih dan mengembangkan ide jangan terlampau luas. Saran saya menulislah seakan-akan Anda sedang presentasi.

Kenapa harus demikian?

Supaya nantinya Anda lebih mudah dalam membuat alur atau ouline untuk slide presentasi Anda.

Contoh tulisan yang perlu Anda buat.

Halo apa kabar, semuanya?

Senang bisa bertemu dengan Anda.

Saya Rona Binham, hari ini saya akan sharing kepada Anda tentang make money blogging atau cara mendapatkan uang dari aktivitas blogging.

Apa yang akan saya sampaikan ini, adalah hal-hal yang sudah terbukti, sudah saya lakukan. Jadi bukan sebuah isapan jempol, atau hanya sekedar teori belaka.

Baik, ada tiga poin utama yang akan saya sharingkan.

Pertama adalah tujuan blogging, kemudian yang  kedua adalah tentang fondasi blogging dan yang ketiga adalah tentang monitesasi atau cara-cara yang bisa kita lakukan, untuk menghasilkan uang dari aktivitas blogging.

Kita akan bahas satu persatu ketiga hal tersebut.

Kita mulai dari poin yang pertama yaitu tentang Tujuan blogging.

Perlu teman-teman ketahui ……..

Dan seterusnya.

Tulisan di atas adalah contoh tulisan yang harus Anda buat. Jadi jangan membuat tulisan seperti membuat makalah waktu kuliah.

2. Mendesain Slide

Setelah materi Anda selesai selanjutnya silakan desain slide Anda.

Caranya sama seperti yang pernah saya ulas dalam artikel saya yang lain, ada beberapa langkah bisa Anda lakukan. Pertama membuat outline, kemudian menyiapkan kertas, kemudian membuat sketsa setelah itu baru mendesain slide dengan powerpoint dengan memegang prinsip-prinsip desain slide yang baik.

Tapi ada satu hal penting yang harus Anda perhatikan dengan baik saat membuat slide. Karena jumlah slide Anda nantinya hanya 20, maka Anda harus sangat-sangat selektif memilih mana konten-konten utama yang akan Anda tampilkan pada slide.

Saran saya buatlah outline Anda terlebih dahulu dengan matang dengan berpegang teguh pada materi yang sudah Anda buat, baru setelah Anda lanjutnya ke langkah-langkah berikutnya.

Nah setelah desain slide Anda jadi, lakukan pengaturan waktu pada slide transitions supaya saat ditampilkan nanti slide show bisa berjalan secara otomatis. 20 detik berjalan langsung berganti ke slide selanjutnya sampai akhir.

3. Latihan 

Untuk berhasil melakukan presentasi 20×20 maka melakukan latihan adalah kegiatan wajib yang harus Anda lakukan. Latihan ini diperlukan untuk menyesuaikan apa yang akan Anda sampaikan dengan waktu yang ada. Lakukan latihan selama berulang-ulang sampai Anda bisa bicara dengan normal pas dengan waktu 20 detik untuk tiap tampilan slide show Anda.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan presentasi pecha khuca. Namun perlu Anda pahami juga, karena pada saat nanti Anda tampil slide pertama hanya akan terbuka selama 20 detik, maka pastikan saat slide pertama di tampilkan Anda harus sudah mulai berbicara.

Saran saya supaya tidak ada kendala, konfirmasikan terlebih dahulu dengan panitia, terkait prosedur dan tata cara pelaksanaannya nantinya.

Satu lagi pada saat tampil pastikan Anda menampilkan dengan ilmu public speaking yang baik. Bicaralah dengan jelas, tidak bergumam dan gunakanlah bahasa tubuh untuk memperkuat setiap pesan yang Anda sampaikan.

Semoga ini bermanfaat untuk Anda, dan jika menurut Anda ulasan ini menarik silakan beritahukan teman-teman Anda dengan cara klik sosial sharing di bawah.

 

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *