3 Teknik Menciptakan Kontras Dalam Slide Presentasi, Bakal Bikin Slide Makin Jelas dan Menarik

3 Teknik Menciptakan Kontras Dalam Slide Presentasi, Bakal Bikin Slide Makin Jelas dan Menarik

Jika Anda ingin membuat slide yang efektif untuk menyampaikan gagasan Anda, memudahkan audiens menangkap pesan utama Anda, maka salah satu prinsip yang perlu Anda terapkan adalah kontras.

Kontras adalah prinsip desain yang berarti perbedaan. Menerapkan prinsip kontras berarti Anda menciptakan perbedaan antar elemen dalam slide presentasi.

Fungsi Utama Kontras

Secara umum kontras memiliki tiga fungsi utama.

1. Menciptakan perhatian

Salah satu alasan utama mengapa Anda harus menggunakan kontras untuk desain slide presentasi Anda adalah untuk menciptakan perhatian.  Karena secara alami ketika ada suatu elemen yang berbeda atau yang menonjol diantara beberapa elemen maka secara cepat audiens akan memperhatikan hal tersebut.

2. Menciptakan fokus

Ketika perhatian audiens sudah tertuju pada elemen slide yang berbeda, maka secara dengan cepat mereka akan mengarahkan pandangan mereka pada elemen yang paling mencolok. Ini membuat mereka fokus pada elemen yang Anda tekankan.

3. Menciptakan hirarki

Tidak hanya membuat slide Anda menarik, tapi kontras juga akan membantu Anda mengorganisasi konten Anda menjadi lebih jelas. Dengan demikian audiens dengan mudah dapat menangkap mana informasi utama dan mana informasi penjelas atau pendukung.

Bagaimana menciptakan kontras dalam slide presentasi?

Supaya Anda dapat menciptakan kontras dengan baik, berikut ada beberapa teknik sederhana bagaimana menciptakan kontras.

1. Buat Kontras Warna Latar Belakang

Cara paling sederhana, jika Anda menggunakan warna background gelap, maka gunakan warna tulisan atau elemen grafis yang didepan berwarna terang ataupun sebaliknya.

Perhatikan contoh berikut ini:

Dua slide di atas backgroundnya tidak kontreas dengan elemen yang ada di depannya, sehingga akan membuat audiens sulit membaca apa yang ditampilkan.

Bedakan dengan slide yang sudah diubah berikut ini:

Dau slide di atas adalah dua slide yang sama dengan sebelumnya, namun backgroundnya dibuat kontras, sehingga apa yang tampil di slide terlihat dengan jelas.

2. Menciptakan Kontras Dengan Font dan Ukuran

Tulisan yang jadi headline atau yang ingin dikasih penekanan, gunakan jenis font yang beda, kemudian ukurannya juga bisa dibuat beda.

Perhatikan contoh slide berikut ini:

Dua slide diatas, jika dilihat dari sisi tulisannya tidak ada kontras.

Antara poin utama dengan penjelasan tidak ada perbedaan, sehingga audiens akan lama bisa membedakan antara poin utama dan penjelasannya.

Sekarang bedakan dengan slide berikut ini yang sudah diubah

Pesan yang jadi poin utama menggunakan jenis font yang beda, kemudina ukurannya dibuat lebih besar.

Dengan demikian audiens akan cepat mengetahui mana poin utama dan mana penjelasannya.

3. Buat Kontras Warna Pada Tulisan.

Tulisan yang jadi headline atau yang ingin dikasih penekanan bisa diubah atau dibedakan warnanya dengan tulisan lain.

Perhatian contoh slide berikut ini:

Sebenarnya dua slide di atas sudah cukup baik.

Kalau ingin lebih baik dan lebih efektif lagi, bisa ditambahkan kontras dengan cara memberi warna yang beda pada tulisan yang ingin diberi penekanan.

Jadinya akan seperti slide berikut ini:

Demikian teknik menciptakan kontras dalam slide presentasi.  Silakan Anda coba untuk membuat slide presentasi Anda. Jika Anda menikmati posting ini, dan menurut Anda ini bermanfaat silakan Anda share ini kepada teman-teman Anda.

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Template Presentasi Powerpoint Kekinian dan Bisa Diedit Untuk Presentasi Anda.

Berisi 30 Desain Slide Plus Tutorial Cara Penggunannya. Silakan ketikkan nama dan email aktif Anda. Lalu klik DOWNLOAD GRATIS agar kami dapat segera mengirim link download template ke email yang Anda daftarkan