Tips Latihan Presentasi Efektif

Tips Latihan Presentasi Efektif

Latihan Presentasi

Tips Latihan Presentasi Efektif – Latihan, latihan dan latihan.  Ini adalah kebiasaan yang harus selalu dilakukan oleh setiap presenter sebelum presentasi. Saya yakin Anda tidak mau menanggung resiko kegagalan dalam presentasi. Untuk itu lakukan latihan secara intensif supaya presentasi Anda berjalan sesuai sesuai rencana yang Anda tetapkan.

Mengapa latihan penting?

Supaya Anda memahami pentingnya latihan berikut saya paparkan manfaat latihan. Dengan demikian Anda tidak akan berpikir untuk meninggalkan latihan dalam setiap presentasi yang akan Anda lakukan.

1. Menguasai meteri dengan lebih matang

Semakin banyak latihan, penguasaan materi akan semakin matang. Daya ingat akan semakin kuat.Dengan demikian Anda akan mudah menyampaikan materi tanpa rasa beban.

2. Menyesuaikan materi dengan waktu

Setiap presentasi punya batasan waktu. Dan presentasi yang baik adalah presentasi yang pas dengan waktu yang tersedia. Dan untuk bisa menyesuaikan materi dengan waktu Anda membutuhkan latihan.

Latihan akan membuat Anda tahu materi Anda kurang atau berlebih. Jika kurang Anda dapat menambahkan, jika berlebih Anda dapat memotong bagian-bagian yang dapat Anda hilangkan.

3. Menemukan cara yang terbaik

Setiap sesi presentasi itu unik. Di sinilah latihan akan berperan. Latihan dapat membantu kita menemukan cara terbaik dalam menyampaikan presentasi. Bagaimana cara berbicara, penggunaan jeda, variasi suara, body lenguage dan beberapa aspek penting lain dari presentasi Anda.

4. Meningkatkan mental dan rasa percaya diri

Presentasi adalah pertunjukkan. Inilah hal yang harus Anda yakini, sekaligus sebagai pemicu motivasi untuk selalu memberikan penampilan yang terbaik. Bisa jadi Anda menguasai materi, Anda memiliki desain yang baik, Anda juga piawai dalam menyampaikan presentasi. Namun jika rasa percaya diri menurun semua bisa berantakan.

Untuk itu latihan sangat diperlukan. Latihan akan membuat Anda siap, latihan akan membuat Anda percaya diri karena Anda tahu persis skenario yang akan Anda jalankan dalam presentasi.

Bagaimana cara latihan yang baik?

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan yaitu latihan di depan cermin, latihan dihadapan orang lain, latihan dengan media visual, latihan menyesuaikan waktu dan teruslah berlatih sampai Anda dapat tampil natural.

1. Latihan di depan cermin

Cermin adalah media yang dapat kita gunakan untuk melatih presentasi. Berlatih di depan cermin efektif untuk menilai panampilan kita, penggunaan bahasa tubuhdan antusias yang kita miliki . Perhatikan setiap hal yang nampak di cermin. Catat hal-hal yang perlu diperbaiki. Kemudian perbaiki sampai Anda menemukan penampilan yang terbaik.

2. Latihan di hadapan orang lain

Jika ingin mendapatkan penilaian yang lebih objektif berlatihlah di hadapan orang lain. Namun Anda harus memastikan bahwa orang lain tersebut bisa memberikan penilaian. Minimal mereka punya pengalaman di bidang presentasi. Dengan demikian mereka dapat memberikan penilaian yang benar tidak asal-asalan.

3. Latihan dengan alat perekam video

Jika Anda memiliki alat perekam video, ini dapat Anda manfaatkan untuk latihan presentasi. Dengan merekam latihan Anda menggunakan perekam video, Anda dapat melihat secara kesuluruhan jalan presentasi Anda. Anda dapat mengevaluasi semua hal dari presentasi Anda, mulai dari bahasa verbal, bahasa tubuh, ketepatan waktu, maupun aspek yang lain.

4. Teruslah berlatih sampai Anda bisa tampil natural

Lakukanlah latihan presentasi secara berulang-ulang sampai Anda benar-benar bisa menyampaikan materi presentasi secara natural.  Ini penting, karena audiens menyukai sesuatu yang natural. Jika latihan berhasil, maka peluang menampilkan presentasi hebat akan mudah Anda capai.

Demikianlah cara-cara yang bisa Anda lakukan dalam latihan. Lakukan latihan tersebut secara intensif dan Anda akan melihat diri Anda akan tampil lebih nyaman, lebih siap dan lebih percaya diri dalam presentasi.

 

Photo Credit: Tobias Toft

 

4 Comments

  1. terimakasih atas penjelasannya karena dengan penjelasan ini membuat saya percaya diri dan tidak ada lagi rasa takut didalam hati, ini menjadi motivasi yang berarti buat saya hehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *