Tips Memilih dan Menggunakan Laser Pointer Presentasi

Tips Memilih dan Menggunakan Laser Pointer Presentasi

Laser pointer presentasi

Berapa kali Anda menghadiri presentasi, di mana Anda mendengar seorang presenter sering mengatakan next,..lanjut,,,atau kalimat sejenis yang lain?

Atau seorang presenter yang harus bolak-balik menekan keyboard pada leptop atau komputer untuk lanjut ke slide berikutnya?

Jika Anda sering mendengar atau melihat hal seperti itu, harus saya katakan pada Anda itu adalah contoh presentasi yang kurang efektif dan kurang menarik. Selain mengganggu audiens, hal itu juga akan membuat penyampaian presenter terganggu.

Bahkan yang saya rasakan, berdasarkan pengalaman saya dahulu. Ini membuat saya tidak bisa jauh-jauh dari leptop. Sedangkan jika meminta bantuan operator orang lain, sering kali terjadi salah komunikasi. Sehingga kadang slide belum seharusnya tampil sudah ditampilkan atau yang seharusnya sudah tampil malah belum ditampilkan.

Dan ini adalah fakta yang masih sering kita lihat disekitar kita. Karena itulah dalam artikel ini saya ingin mengajak Anda semua, yang masih melakukan kebiasaan ini. Untuk mengganti kebiasaan tersebut dengan kebiasaan baru yaitu menggunakan pointer presentasi atau laser pointer presentasi atau remote presenter.

Pentingnya menggunakan pointer presentasi?

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapat jika Anda menggunakan laser pointer presentasi.

  1. Anda memiliki kontrol penuh atas perpindahan slide presentasi, dengan begini Anda bisa menjaga alur presentasi dengan baik
  2. Anda akan lebih bebas bergerak, Anda bisa berjalan di tengah-tengah audiens, bahkan sampai ke belakang, tanpa harus takut hilang kendali dari perpindahan slide powerpoint.
  3. Anda juga akan nampak lebih profesional

Cara Memilih Laser Pointer yang Tepat?

Jika Anda ingin membeli pointer presentasi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sehingga Anda tidak salah pilih.

1. Jangkauan

Yang dimaksud jangkauan disini adalah jarak transmisi antara pointer Anda dengan leptop. Dalam menggunakan pointer Anda juga harus memperhatikan hal ini dengan baik, karena setiap pointer memiliki jarak transmisi yang berbeda-beda. Ada yang 10 meter, ada yang 15 meter, bahkan ada yang lebih. Jadi pastikan Anda bisa memilih laser pointer dengan tepat, supaya presentasi Anda jauh lebih maksimal.

2. Fitur kendali

Fitur kendali adalah tombol-tombol yang bisa Anda gunakan untuk mengoperasikan pointer presentasi Anda. Dalam hal ini tiap laser pointer memiliki fitur yang beda-beda. Biasanya harga laser pointer juga mempengaruhi kelengkapan fitur. Semakin lengkap fiturnya harganya juga semakin mahal. Untuk pointer paling sederhana  biasanya hanya terdiri dari tombol maju –mundur dan tombol untuk laser. Untuk yang satu ini Anda bisa dapatkan dengan harga yang relatif murah, sekitar 80-100 ribu.

Cara menggunakan laser pointer

1. Pastikan daya baterai pointer Anda optimal

Sebelum Anda menggunakan pointer pastikan bahwa daya baterai pointer Anda optimal. Jika pointer Anda sudah agak lama tidak diganti baterainya, lebih baik ganti baterai yang lama dengan yang baru. Hal ini untuk menghindari kemungkinan Anda kehabisan baterai saat digunakan.

2. Pastikan Anda sudah mencoba setiap fitur yang ada

Jika Anda menggunakan laser pointer yang memiliki fitur lumayan lengkap pastikan Anda sudah mencoba semua fitur yang ada. Hal ini supaya Anda bisa lebih maksimal menggunakan pointer tanpa khawatir ada kesalahan.

3. Gunakan laser secara bijak

Kemudian terkait dengan laser pastikan Anda bisa menggunakannya dengan bijak. Jangan terlalu sering menggunakan laser jika memang tidak perlu betul. Jika Anda terlalu sering menggunakan laser ini bisa mengganggu kenyamanan audiens. Satu lagi hati-hati dengan penggunaan laser Anda, jangan sampai mengenai mata audiens.

4. Jika pointer Anda memiliki fitur tombol B, manfaatkan itu dengan baik

Jika pointer Anda memiliki fitur tombol B, manfaatkan tombol tersebut dengan baik. Dalam presentasi bisa jadi Anda melakukan penjelasan yang lumayan panjang pada satu slide. Nah, supaya slide tidak mengganggu, Anda bisa menekan tombol B, maka tampilan slide akan menjadi hitam. Jika sudah selesai Anda tekan tombol B kembali maka slide akan tampil seperti semula.

Satu lagi, terkadang dalam presentasi bisa jadi projector terletak di meja yang berada di depan Anda. Dalam keadaan seperti ini bisa terjadi bayangan Anda akan terlihat di layar saat Anda melintas di depan projector. Dan ini bisa mengganggu audiens.

Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa memanfaatkan tombol B. Saat melintas Anda tekan tombol B, maka layar akan gelap, dan bayangan Anda tidak akan terlalu kelihatan pada layar, sehingga tidak mengganggu audiens. Setelah selesai melintas, kembalikan lagi tampilan layar Anda dengan menekan tombol B kembali.

Demikianlah tips memilih dan menggunakan lesar pointer presentasi. Jika Anda bisa memilih dan menggunakan pointer presentasi dengan baik, maka penampilan Anda akan jauh lebih baik. Dan Anda pun akan nampak seperti seorang presenter yang profesional.

Photo Credit: bigyahu

 

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *