11 Cara Membuat Presentasi Lebih Baik by Garr Reynolds

11 Cara Membuat Presentasi Lebih Baik by Garr Reynolds

Garr Reynolds pakar presentasi dunia yang satu ini, tak ada henti-hentinya menginspirasi banyak orang tentang bagaimana membuat sebuah presentasi. Seperti yang baru-baru ini ia lakukan Garr Reynolds dalam acara TEDx Jepang, telah mengajarkan kepada masyarakat dunia tentang 10 Cara Membuat presentasi yang lebih baik.

Tentunya ini merupakan sebuah momen yang baik bagi kita semua, karena kalau sebelumnya kita hanya bisa belajar dari buku-bukunya kali ini kita dapat belajar langsung melalui video presentasinya. Meskipun video ini tidak panjang, tapi video ini begitu berharga untuk di lewatkan.

Bagi Anda yang ingin belajar langsung 10 Cara Membuat Presentasi Lebih Baik, silakan simak dan pelajari video Garr Reynolds berikut ini.

Bagaimana menurut Anda?

Jika Anda ingin tahu inti dari 10 cara membuat presentasi yang lebih baik dari presentasi di atas silakan simak ulasannya di bawah ini.

10 Cara Membuat Presentasi Lebih Baik by Garr Reynolds

1. Matikan Komputer

Kebanyakan orang membuka komputer untuk memulai membuat garis besar presentasi mereka. Dan ini salah, jangan lakukan ini untuk presentasi Anda. Matikan teknologi dan meminimalkan gangguan.

Anda harus memulainya dari sini, gunakanlah kertas atau papan tulis untuk mulai menggali ide Anda. Anda harus mendapatkan ide Anda keluar dari kepala Anda, kemudian menuliskannya. Ide dan pola yang lebih mudah akan terlihat ketika mereka masih di atas kertas. Kemudian Anda dapat pergi ke teknologi jika ingin menggunakan multimedia.

2. Menempatkan Audiens Pertama

Maksudnya di sini adalah saat Anda menyampaikan pesan, entah itu cerita atau yang lain pastikan itu terhubung dengan audiens Anda. Pesan harus dapat diakses dan berguna untuk audiens. Dan untuk itu yang harus Anda lakukan adalah Kenali audiens Anda, saran ini mungkin tidak baru dan mungkin tidak terdengar menarik, tapi ini benar.

3. Memiliki Struktur yang Solid

Struktur presentasi Anda harus mampu memudahkan audiens memahami pesan Anda dan terlibat dengan presentasi Anda. Struktur Anda harus memiliki pembuka, isi dan penutup yang jelas.

4. Memiliki Tema Yang Jelas

Apa pesan kunci Anda? Apa yang Anda ingin audiens ingat? Tindakan apa yang Anda ingin mereka ambil? Jawab hal ini dengan baik, jika Anda ingin pesan Anda diingat dan ditindaklanjuti oleh audiens.

Data, bukti dan alur logis memang penting. Tapi Anda tidak boleh melupakan apa yang benar-benar penting dan apa yang tidak. Jika Anda ingin audiens mengingat satu hal dari presentasi apa itu? Tulis, pahami dan ingat-ingat dengan baik.

5. Hapus Yang Tidak Penting

Ini berlaku untuk materi Anda dan desain slide presentasi yang Anda buat. Dan ini adalah hal yang paling sulit. Karena kadang semua hal terlihat penting.  Kalau pun memang semua penting, Anda harus ingat presentasi Anda punya batasan waktu, jadi Anda harus benar-benar bisa memilih mana yang akan Anda gunakan dan mana yang tidak.

6. Raih Perhatian di Awal

Anda harus bisa menarik perhatian Anda di awal untuk dapat langsung terhubung dengan audiens Anda. Jangan buang waktu di awal dengan formalitas atau sesuatu yang bertele. Mulailah dengan pembukaan yang kuat. Dapatkan perhatian audiens dan kemudian pertahankan itu sampai akhir. Anda harus tahu orang cenderung mengingat hal-hal yang paling awal tampil terlihat atau terdengar oleh mereka.

7. Paparkan Konflik Dengan Jelas

Tidak ada konflik tidak ada cerita. Untuk itu paparkan konflik ini dengan jelas, kemudian tunjukkan solusi bagaimana mengatasinya.

Cara ini mungkin tidak langsung berlaku untuk semua jenis presentasi, tapi banyak contoh presentasi persuasif menggunakan cara ini, mereka memaparkan masalah secara detail kemudian memberikan solusi bagaimana mengatasi masalah tersebut, dengan solusi yang paling tepat.

8. Menunjukkan perubahan secara jelas

Mengharapkan adanya sebuah mungkin merupakan alasan yang paling masuk akal mengapa Anda berbicara. Dan kondisi seperti itulah yang sebenarnya dibutuhkan untuk sebuah presentasi efektif.

Tujuan presentasi pada umumnya adalah untuk memberikan informasi, menginspirasi, memotivasi dan mempengaruhi. Kapan saja kita melakukan presentasi pastikan tujuan itu tertanam dengan jelas, supaya jelas juga perubahan yang Anda harapkan.

9. Tampilkan Sesuatu Yang Tak Terduga

Salah satu cara membuat ide Anda tertanam kuat di benak audiens adalah dengan menampilkan atau melakukan sesuatu yang tidak terduga. Membuat kejutan tidak harus selalu bersifat dramatis. Tapi Anda bisa melakukannya dengan cara sederhana. Dan ini perlu Anda pikirkan dan persiapkan dengan baik sebelum melakukannya.

10. Buat Audiens Merasa

Para pendongeng besar tahu betul bagaimana mempengaruhi audiens. Mereka tidak hanya sekedar membuat orang berpikir, tapi mereka juga piawai bagaimana membuat orang merasa. Lakukan hal yang sama untuk presentasi Anda.

Ya, semua fakta, data, informasi yang solid memang penting. Tapi pahamilah apa yang orang ingat-dan mungkin mendorong mereka untuk melakukan tindakan bukan hanya tentang itu. Tapi tentang bagaimana Anda mampu membuat mereka merasa.

11. Jadilah Otentik

Jika Anda ingin tampak hebat, maka jadilah autentik, jadilah diri sendiri. Anda harus tahu semua presenter besar di sukai oleh audiens karena keasliannya.Jadi pahami betul kelebihan dan kekurangan diri Anda, jadikan itu sebagai suatu kekuatan untuk menjadikan diri Anda luar biasa di hadapan audiens Anda.

Demikianlah 11 cara membuat presentasi menjadi lebih baik by Garr Reynolds. Apa yang saya paparkan kepada Anda, bukan terjemahan dari presentasi di atas, tapi merupakan inti sari dari pesan Garr Reynolds kepada kita.  Dengan demikian Anda akan lebih mudah memahaminya dan menerapkannya untuk presentasi Anda.

Update:

Bagi Anda yang ingin presentasi Anda berikutnya tidak hanya sekedar baik tapi juga hebat dan memikat bergabunglah bersama kami di Great Presentation Training 24-25 Januari 2015 Jakarta.

Dalam training tersebut Anda akan belajar bagaimana melakukan brainstorming ide di atas kertas, mengumpulkan ide, mengevaluasi ide, menstrukturkan, mengembangkan ide menjadi materi yang kuat dan mantap.

Kemudian Anda juga akan belajar bagaimana membuat desain slide powerpoint yang menarik, komunikatif dan tampil beda dan cara membuka presentasi, cara menutup presentasi dan berbagai macam tips dan teknik presentasi pilihan yang akan melejitkan kemampuan presentasi Anda ke level yang lebih tinggi

Info lengkap dan pendaftaran klik DI SINI.

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *