3 Kunci Menampilkan Presentasi Hebat Menurut Nancy Duarte

3 Kunci Menampilkan Presentasi Hebat Menurut Nancy Duarte

presentasi hebat menurut Nancy Duarte

Nancy duarte penulis buku fenomenal Slideology, seorang praktisi presentasi dan desain menjelaskan bahwa untuk bisa memberikan presentasi hebat ada tiga kunci yang harus Anda bangun.

Tiga kunci tersebut adalah sebagai berikut:

1. Memahami siapa audiens Anda

Dalam hal ini luangkan waktu untuk memikirkan audiens Anda, kenali audiens Anda dengan melakukan analisis audiens sebelum Anda membuat materi. Baru setelah mengetahui siapa audiens Anda, Anda bisa memikirkan bagaimana membuat materi yang sesuai dengan kebutuhan mereka yang menarik perhatian mereka.

Jika kebanyakan presenter menyiapkan materi mereka dengan cepat dan mengedepankan perspektif pribadi mereka, maka Anda tidak boleh melakukan hal tersebut.

Dengan mengetahui siapa yang menjadi audiens Anda terlebih dahulu sebelum menyusun materi maka materi Anda akan beresonansi dan audiens Anda akan dapat merasakan hubungan yang lebih dalam dengan diri Anda dan materi Anda.

2. Memahami peran Anda sebagai presenter

Banyak orang berpikir ketika mendapat kesempatan untuk presentasi, merekalah tokoh sentral yang paling penting dalam presentasi. Ini memang tidak salah, tapi jika tidak terkontrol akan membuat kita menjadi arogan.

Anda harus tahu kesuksesan audiens adalah kesuksesan Anda. Ini artinya Anda butuh audiens, Anda membutuhkan mereka untuk memahami, mengerti dan menerima ide yang Anda sampaikan.

Dengan memiliki pemahaman seperti ini maka Anda akan terhindar dari sikap arogansi.

3. Membungkus presentasi Anda dengan cerita

Jika Anda benar-benar ingin membuat presentasi Anda hebat maka saran yang satu ini tidak bisa Anda abaikan. Membungkus presentasi dengan cerita adalah salah satu perangkat untuk membuat presentasi hebat.

Semua presenter besar pandai bercerita. Tidak hanya sekedar bercerita tapi mereka mampu membuat cerita benar-benar hidup dan menyentuh emosi audiens.

Terkait dengan penggunaan cerita ada saran bagus untuk Anda jadikan pelajaran.

Cerita harus memiliki tujuan

Apa tujuan Anda bercerita? Apa yang Anda harapkan dipikirkan dan dirasakan audiens setelah mendengarkan cerita Anda.  Pikirkan hal ini dengan baik sebelum Anda memutuskan menggunakan cerita.

Cerita harus memiliki struktur

Sebuah cerita yang baik harus memiliki alur yang jelas, yang memudahkan audiens memahami cerita Anda dengan baik. Untuk itu cerita perlu Anda siapkan supaya hasilnya maksimal.

Cerita sebaiknya relevan dengan isi presentasi

Relevansi cerita dengan isi presentasi akan membuat cerita Anda lebih bermakna untuk audiens. Tanpa relevansi, cerita Anda akan mudah sekali dilupakan setelah presentasi berakhir.

Cerita sebaiknya sesuatu yang membuat penasaran

Cerita yang baik adalah cerita yang tidak bisa ditebak, cerita yang membuat audiens Anda penasaran dan ingin terus mendengarkan.

Cerita harus disampaikan dengan meyakinkan.

Inilah elemen terakhir yang akan membuat cerita Anda benar-benar kuat. Karena cerita yang baik juga harus disampaikan dengan baik dan meyakinkan.

Demikianlah tiga kunci memberikan presentasi hebat menurut Nancy Duarte. Meskipun elemen kesuksesan presentasi tidak hanya dari tiga kunci ini, namun saran dari Nancy Duarte ini patut kita kembangkan, karena ini akan melengkapi pengetahuan kita bagaimana menampilkan presentasi yang tidak hanya baik tapi hebat.

Bagaimana menurut Anda?

Sumber Inspirasi:

How to give more persuasive presentations: A Q&A with Nancy Duarte By Nancy Duarte

The clues to a great story by Andrew Stanton

 

 

 

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *