Bagaimana Menginspirasi Audiens Dengan Empati

 

Bicara tentang empati, ini adalah salah satu kualitas yang harus dimiliki oleh semua orang yang ingin sukses dalam membangun hubungan dengan orang lain.

Ini juga berlaku bagi para presenter, saat mereka melakukan presentasi.

Karena selain kompetensi dan teknik presentasi, empati juga memegang peranan penting dalam kesuksesan presentasi. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari empati.

Audiens akan lebih antusias mendengarkan Anda.

Anda akan mampu melibatkan audiens lebih dalam dalam presentasi Anda.

Presentasi Anda akan mampu memberikan inspirasi kepada audiens, mereka akan berterima kasih kepada Anda, karena telah memberikan apa yang mereka butuhkan.

Karena empati berarti fokus yang Anda curahkan ke audiens, maka ini akan membuat Anda lupa dengan rasa grogi atau gugup yang mungkin Anda rasakan.

Empati Berfokus Pada Audiens

Empati adalah tentang bagaimana Anda merasakan apa yang dirasakan audiens, bagaimana Anda berusaha memenuhi kebutuhan mereka dan harapan mereka.

Untuk itu saat membuat presentasi waktu dan energi harus Anda investasikan untuk mengenali hal ini.

Dengan mengenali apa yang menjadi kebutuhan dan harapan audiens, akan mampu menampilkan presentasi sesuai dengan keinginan audiens.

4 Hal Yang Perlu Anda Pahami Supaya Bisa Berbicara Dengan Empati

Supaya Anda bisa menginspirasi audiens dengan empati, minimal beberapa hal berikut ini perlu Anda pahami.

Mengidentifikasi apa yang audiens inginkan dan butuhkan.

Menyadari bahwa audiens Anda memiliki kebutuhan meski kadang mereka tidak memahaminya.

Menyadari bahwa tidak semua audiens datang dengan sukarela dan memahami pentingnya presentasi Anda untuk diri mereka.

Menyeimbangkan perbedaan keinginan dan kebutuhan setiap audiens sehingga setiap audiens merasa puas.

Menggabungkan semua pengetahuan dan menyajikannya sedemikian rupa sehingga Anda terhubung dengan mereka baik secara rasional maupun emosional.

Tips Berbicara Dengan Empati

Sekarang saya akan mengajak Anda untuk melihat beberapa tips sederhana bagaimana berbicara dengan empati untuk menginspirasi audiens Anda.

1. Berbicaralah dengan jelas dan meyakinkan dengan bahasa yang mereka pahami

Apa pun presentasi Anda, jika Anda ingin berbicara dengan empati, maka Anda harus berbicara dengan jelas. Jelas di sini maksudnya bisa di dengar dan jelas ejaannya.

Kemudian Anda juga harus berbicara dengan meyakinkan. Anda harus menggunakan semua elemen dari tubuh Anda untuk memperkuat pesan yang Anda sampaikan. Selanjutnya Anda juga harus memastikan bahwa bahasa yang Anda gunakan adalah bahasa yang bisa dipahami oleh audiens Anda. Hindari menggunakan bahasa yang rumit, kalau harus menyebut istilah yang asing bagi audiens, usahakan Anda bisa menjelaskan maksudnya supaya audiens Anda mengerti maksud dari apa yang Anda sampaikan.

2. Kaitkan setiap informasi yang Anda sampaikan dengan kebutuhan mereka

Anda harus tahu bahwa topik yang disukai oleh audiens adalah topik yang berhubungan erat dengan diri mereka. Untuk itu saat presentasi Anda harus berusaha mengaitkan setiap informasi dengan kebutuhan audiens Anda. Anda harus bisa menunjukkan hubungan topik Anda dengan diri mereka. Dalam hal ini Anda harus menunjukkan manfaat nyata yang akan audiens dapatkan dengan mendengarkan presentasi Anda.

3. Berikan contoh nyata yang sama dengan kondisi mereka

Anda harus sadar, audiens Anda ingin melihat apakah informasi Anda sudah memberikan dampak yang sama untuk orang yang kondisinya sama dengan mereka. Karena kalau mereka tidak bisa melihat hal itu, mereka akan menganggap bahwa informasi Anda tidak relevan untuk mereka. Tapi sebaliknya, jika Anda bisa menunjukkan contoh nyata, mereka akan percaya dengan Anda dan percaya dengan solusi yang Anda berikan.

4. Gunakan cerita yang menggugah emosi mereka

Tidak ada kekuatan yang bisa menggugah emosi selain cerita. Cerita akan membuat audiens tidak hanya berpikir, tapi juga merasakan. Cerita akan membawa imajinasi audiens melayang, seolah-olah mereka berada pada situasi atau melihat kondisi yang Anda ceritakan.

5. Tunjukkan ketulusan Anda Untuk Membantu Mereka

Menginspirasi dengan empati harus dilandasi juga ketulusan Anda. Tanpa ketulusan Anda tidak akan berhasil berempati dengan audiens Anda. Untuk itu tunjukkan ketulusan Anda, cerminkan ketulusan Anda melalui cara berbicara Anda, melalui mata, ekspresi wajah dan semua bahas tubuh Anda.

Meskipun ini tidak mudah, namun jika niat Anda sudah bulat, niat Anda lurus maka ketulusan itu pasti terpancar dalam diri Anda.

Demikianlah ulasan sederhana, bagaimana menginspirasi audiens dengan kekuatan empati. Jika Anda cara atau tips lain tentang bagaimana menginspirasi audiens dengan empati, kami senang jika Anda mau berbagi.

 

Photo Credit: PopTech

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *