Cara Membuat Presentasi Yang Menarik dan Efektif Sekaligus Meyakinkan

Cara Membuat Presentasi Yang Menarik dan Efektif Sekaligus Meyakinkan

Saat saya membawakan training presentasi, saya selalu bilang ke peserta training bahwasanya mengetahui cara membuat presentasi yang menarik dan efektif itu penting.

Penting karena dalam setiap presentasi yang kita lakukan, sebenarnya kita tidak hanya sekedar menyampikan kata-kata, tapi lebih dari itu.

Anda sadari atau tidak, selalu ada tujuan di setiap presentasi yang kita lakukan.

Selalu akan ada dampak, baik untuk kita, organisasi kita dan juga untuk audiens kita.

Kalau presentasi kita menarik, presentasi kita efektif maka dampak yang baik juga akan kita rasakan. Seperti kita akan lebih dipercaya, level pengaruh pribadi yang semakin menguat, dipromosikan jabatan, menang tender dan berbagai dampak positif lainnya.

Audiens pun juga akan merakannya, merakan manfaat dari presentasi kita, mereka akan mudah memahami pesan presentasi kita, mereka tidak akan merasa sia-sia sudah meluangkan waktu dan tenaga untuk melihat dan mendengarkan presentasi Anda.

Karenanya perlu bagi kita khususnya yang sering melakukan presentasi untuk mengajar, untuk presentasi bisnis, mengisi seminar atau webinar atau kegiatan yang sejenis, mengetahui cara membuat presentasi yang menarik dan efektif.

Dan karena alasan itu pula, dalam artikel ini saya akan share kepada Anda cara membuat presentasi yang menarik dan efektif.

11 cara membuat presentasi yang menarik dan efektif.

Cara pertama merupakan cara bagian persiapan presentasi, kemudian cara yang keenam sampai dengan terakhir adalah cara membawakan presentasi.

1. Sebelum mulai presentasi tetapkan tujuan presentasi

Apapun presentasi Anda, maka sebelum Anda memulainya, bahkan sebelum menyusun materi tetapkan tujuan Anda.

Tujuan ini harus jelas.

Apakah untuk memberikan pemahaman.

Apakah untuk memotivasi dan menginspirasi.

Ataukah untuk membujuk.

Atau apapun tujuannya, tujuan harus jelas sejak awal.

Dengan Anda mempunyai tujuan yang jelas, maka akan mudah bagi Anda menyusun materi, menentukan pendekatan yang sesuai sehingga tujuan presentasi mudah tercapai.

2. Kenali siapa audiens Anda

Suzy Siddons dalam bukunya The Complete Presentation Skills Handbook mengatakan:

Semakin banyak Anda mengetahui tentang audiens, semakin relevan dan menarik presentasi yang Anda sampaikan. Tidak mengetahui audiens sama saja Anda membunuh diri sendiri.

Saya setuju dengan pendapat tersebut. Karena memang tidak mungkin Anda dapat menyampaikan presentasi yang sesuai dan tepat untuk audiens jika Anda tidak mengenal audiens dengan baik.

Mengenal audiens akan membantu Anda menyiapkan materi presentasi yang efektif sesuai kebutuhan mereka. Membantu Anda menentukan media dan pendekatan yang paling sesuai dengan karakteristik mereka.

Supaya Anda dapat mengenal audiens dengan baik, terlebih dahulu Anda harus melakukan analisis audiens. Dan setidaknya ada tiga aspek yang harus Anda analisis yaitu aspek demografis, aspek psikologis dan aspek kontekstual.

3. Buat materi yang baik untuk presentasi

Untuk membuat materi presentasi yang baik, setidaknya ada empat hal harus Anda fahami.

Materi yang baik itu adalah materi yang efektif, efektif di sini maksudnya adalah tepat sasaran dibuat sesuai dengan tujuan presentasi Anda.

Materi yang baik itu adalah materi yang efisien, maksudnya adalah pas di bawakan untuk batas waktu tersedia. Artinya saat buat materi jangan buat materi Anda panjang lebar sehingga tidak akan cukup untuk batas waktu yang tersedia.

Materi yang baik itu adalah materi yang terstruktur, runtut dari awal sampai akhir.

Kemudian materi yang baik, isinya solid, dapat dipertanggungjawabkan baik itu secara ilmiah atau alamiah.

4. Siapkan visual pendukung yang menarik perhatian

Visual pendukung di sini maksudnya adalah slide presentasi atau slide powerpoint.

Seperti yang sudah Anda ketahui, slide merupakan media visual paling populer dan banyak digunakan sebagai media visual utama presentasi.

Penggunaan slide, rasanya tidak mungkin dipisahkan dengan aktivitas presentasi.

Mulai dari ruang kelas sampai ruang rapat pemerintahan menggunakan slide presentasi.

Karenanya apapun presentasi Anda, saat perlu menggunakan slide maka Anda perlu mempersiapkan slide presentasi dengan baik.

Contohnya seperti slide presentasi berikut ini.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana membuat slide yang menarik tersebut.

Tiga cara dapat Anda lakukan.

Pertama, Anda buat sendiri.

Di sini Anda perlu menguasai ilmu desain dan mahir mengguakan powerpoint atau aplikasi presentasi yang lainnya.

Jika belum bisa Anda bisa belajar, Anda bisa belajar dari buku, bisa belajar dari youtube, bisa belajar workshop dan bisa juga belajar melalui training atau kelas digital membuat desain slide.

Kedua, Anda bisa menggunakan jasa slide designer.

Dibutuhkan budget yang cukup karena umumnya jada desain slide profesional lumayan mahal.

Di Indonesia harga jasa desain perslide mulai dari 50-150 ribu rupiah.

Ketiga, menggunakan template presentasi powerpoint kekinian siap pakai.

Kelebihan menggunakan template, Anda tidak perlu membuat desain dari awal karena 75 desain sudah dibuatkan, tugas Anda hanya menyiapkan online, menyiapkan visual pendukung, kemudian copy slide dari template, paste dan edit, maka dalam waktu singkat slide yang baik bisa Anda buat.

Dari ketiga cara di atas, Anda boleh pilih cara yang paling cocok untuk Anda.

5. Lakukan latihan sebelum presentasi dilakukan

Jika ada satu tokoh boleh saya sebut sebagai salah satu presenter handal adalah Steve Jobs.

Dalam beberapa literatur yang saya baca mengenai biografi Steve Jobs, banyak disampaikan bahwa sebelum Steve Jobs melakukan presentasi dia selalu melatih presentasinya.

Dia telah berlatih berjam-jam.

Tidak hanya sekali, dua kali atau tiga kali.

Steve Jobs melatih presentasinya puluhan kali.

Itu mengapa setiap kata Steve Jobs tampil presentasi selalu sukses luar biasa. Itu semua bisa terjadi karena latihan terus menerus yang dia dlakukan sehingga tercipta kesempurnaan dalam sebuah penampilan presentasinya.

Hal yang sama juga berlaku bagi kita, bagi siap saja yang hendak melakukan presentasi agar hasilnya memuaskan seperti yang diharapkan.

6. Kendalikan grogi atau demam panggung yang Anda rasakan

Grogi atau demam panggung adalah permasalahan yang hampir pasti dialami oleh setiap setiap, tidak perduli siapun dia.

Termasuk yang sudah berpengalaman sekalipun bisa grogi.

Artinya grogi bisa menyerang siap saja, termasuk saya dan juga Anda.

Dan cara terbaik apabila grogi menyerang adalah mengendalikannya, karena grogi tidak mungkin hilang. Yang bisa kita lakukan adalah mengelola perasaan grogi agar terkendali, agar tidak muncul ke permukaan, agar tidak merusak jalannya presentasi yang kita jalankan.

Bagaimana caranya?

Baca: 8 Cara Ampuh Mengatasi Grogi Saat Presentasi

7. Buka presentasi dengan percaya diri dan raih atensi sejak awal presentasi

Dalam ilmu psikologi ada satu istilah namanya Primacy Effect.

Maksud dari istilah tersebut adalah orang cenderung untuk mengingat hal-hal yang paling awal tampil, terlihat, atau terdengar oleh mereka.

Kalau istilah primacy effect diterapkan dalam ilmu presentasi, maka apapun yang Anda sampaikan, yang Anda tampilkan di awal presentasi akan mudah diingat oleh audiens presentasi. pembuka Anda tidak

Karenanya saat presentasi kesan yang baik harus Anda bangun sejak awal.

Bahkan tidak cukup hanya kesan yang baik, melainkan Anda juga harus mampu menarik perhatian dan memotivasi audiens untuk mendengarkan presentasi Anda selanjutnya.

Terus bagaimana caranya.

Anda bisa lakukan cara seperti ini.

Pertama, lakukan tiga cara ini: senyum, salam, sapa.

Kedua, perkenalkan diri Anda.

Ketiga, lakukan Grabbing (teknik menarik perhatian audiens).

Keempat, sampaikan yang akan dibahas.

Terkait dengan teknik menarik perhatian audiens, ada banyak teknik bisa Anda pakai seperti dengan menggunakan cerita, menggunakan quotes, menunjukkan data dan fakta dan lain-lain.

Baca: Cara Membuka Presentasi Yang Baik dan Menarik.

8. Optimalkan komunikasi verbal Anda

Komunikasi verbal di sini maksudnya adalah bagaimana cara Anda menggunakan lisan Anda dalam menyampaikan pesan presentasi kepada audiens Anda.

Komunikasi verbal merupakan saluran utama dari presentasi Anda.

Jika tidak maksimal, maka sebaiknya apapun bahasa tubuh atau pun tampilan visual Anda, pesan Anda tidak akan sampai ke audiens dengan baik.

Karenanya harus dioptimalkan.

Terkait hal itu ada enam hal yang harus Anda perhatikan yaitu penggunaan bahasa, efisiensi penggunaan kalimat, kejelasan dan kejernihan suara, kecepatan berbicara, volume suara dan jeda.

Baca: Cara Menggunakan Bahasa Verbal Dalam Presentasi Agar Pesan Menjadi Jelas, Mudah Difahami dan Meyakinkan

9. Optimalkan juga bahasa tubuh Anda

Charles Bonar Sirait dalam bukunya The Power Of Public Speaking menjelaskan ada dua manfaat menggunakan bahasa tubuh  yaitu untuk memperkuat kata-kata dan sebagai cerminan perasaan.

Memperkuat kata-kata

Sebagai presenter publik, kita harus selalu berusaha menggunakan bahasa tubuh untuk memperkuat kata-kata. Sehingga setiap kata yang penting akan menjadi lebih kuat dan lebih mudah diingat oleh audiens. Hal ini juga mencerminkan keinginan yang kuat dari presenter agar apa yang dikatakan diterima baik oleh audiens.

Sebagai cerminan perasaan

Salah satu cara yang mudah mengamati perasaan seseorang adalah dengan melihat bahasa tubuhnya.

Sama halnya dalam presentasi bahasa tubuh bisa menjadi cerminan perasaan yang Anda alami. Anda lagi gembira, senang, semangat dan antusias akan nampak dari bahasa tubuh yang Anda tampilkan.

Dari itulah dalam setiap sesi presentasi tunjukkan kepada audiens bahwa anda sangat gembira Tunjukkan melalui bahasa tubuh Anda. Dengan begitu antara apa yang Anda rasakan dengan apa yang Anda katakan akan sesuai dan itu akan membuat audiens menerima Anda dengan senang hati.

Apa Saja Yang Perlu Dioptimalkan Dalam Pengunaan Bahasa Tubuh

Ada beberapa elemen penting harus Anda optimalkan, diantaranya adalah

Kontak mata

Ekspresi wajah

Gerakan tangan

Postur

Cara berjalan

Baca: Tips Praktis Menggunakan bahasa tubuh yang efektif dalam presentasi

10. Libatkan audiens dalam presentasi Anda

Presentasi adalah sebuah proses komunikasi.

Di mana komunikasi yang baik dalam presentasi harus juga melibatkan audiens dalam presentasi, baik melibatkan mereka secara logika, emosional ataupun melibatkan mereka aktivitas tertentu yang Anda tentukan.

Untuk itu ada beberapa cara bisa Anda lakukan.

Diantaranya dengan melibatkan emosi mereka dalam cerita, mengajak mereka bergerak, mengajukan pertanyaan, jejak pendapat, ice breaking, lakukan diskusi dan bisa juga dengan menyampaikan humor.

11. Tutup dengan penutupan yang berkesan

Menutup presentasi, juga merupakan tahapan penting dalam presentasi.

Kalau di awal ada istilah primacy effect, maka di bagian penutup ada istilah recency effect.

Dimana orang juga cenderung mudah mengingat pada hal-hal yang paling baru atau terakhir disimpan di ingatan mereka.

Karenanya menutup presentasi juga meski Anda perhatian, Anda harus persiapkan sedemikian rupa agar penutupan presentasi Anda diingat dan memberikan kesan mendalam pada audiens Anda.

Terkait menutup presentasi ini, ada beberapa cara bisa Anda lakukan.

Diantaranya Anda bisa tutup presentasi Anda dengan menyampaikan kesimpulan, menyampikan quotes atau kutipan, boleh juga dengan melakukan ajakan bertindak.

Baca: Cara Menutup Presentasi yang Baik dan Berkesan

Kesimpulan

Seperti di awal sudah saya sampaikan, jika kita sering melakukan presentasi maka mengetahui cara membuat presentasi yang menarik dan efektif sangat penting.

Tujuannya tidak lain adalah agar tujuan presentasi tercapai.

Dan untuk membuat presentasi yang menarik dan efektif ada sebelas cara bisa Anda lakukan.

  1. Tetapkan tujuan
  2. Kenali audiens
  3. Buat materi yang baik
  4. Buat desain slide yang menarik
  5. Lakukan latihan
  6. Kendalikan grogi atau demam panggung
  7. Buka presentasi dengan percaya diri dan raih atensi sejak awal presentasi
  8. Optimalkan komunikasi verbal
  9. Optimalkan bahasa tubuh
  10. Libatkan audiens
  11. Tutup presentasi dengan sesuai yang berkesa

Silakan difahami, kemudian silakan dipraktekkan.

Semoga untuk presentasi Anda berikutnya Anda bisa membuat presentasi yang menarik dan efektif dan sekaligus meyakinkan.

Gratis Untuk Anda Mini Training Desain Slide (6 Video) dan Sembilan Slide Presentasi Menarik Untuk Inspirasi Anda.

Daftarkan email aktif Anda pada form di bawah, kemudian klik tombol dapatkan aksesnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *