Panduan Lengkap Cara Mempersiapkan Presentasi Sidang Skripsi Yang Baik Dan Efektif

Panduan Lengkap Cara Mempersiapkan Presentasi Sidang Skripsi Yang Baik Dan Efektif

Bicara tentang presentasi sidang skripsi, suka atau tidak suka, siap atau tidak siap Anda yang kuliah dan mengambil jenjang pendidikan S1 pasti akan melakukannya.

Seperti yang Anda ketahui, presentasi sidang skripsi adalah salah satu penentu atau syarat untuk menyelesaikan studi. Lulus dan tidaknya Anda, salah satunya akan ditentukan dari hasil sidang skripsi.

Saya tahu Anda ingin sukses dalam sidang skripsi. Anda ingin lulus dengan rasa bangga, bukan dengan belasan kasihan dosen Anda.

Saya juga tahu Anda ingin semua dosen Anda, teman-teman Anda, orang tua dan saudara-saudara Anda menaruh bangga dengan keberhasilan Anda.

Tapi yang menjadi pertanyaan sekarang?

Sudahkah Anda siap dengan harga untuk mencapai itu semua?

Siapkah Anda membuat skripsi yang baik dengan cara yang benar?

dan tahukah Anda bagaimana cara membuat dan menampilkan presentasi sidang untuk mencapai hasil yang Anda inginkan?

Jika Anda sudah menyiapkan segalanya saya ucapkan selamat. Berarti Anda memiliki semangat melakukan yang terbaik untuk kesuksesan Anda.

Namun jika belum, segera persiapkan diri Anda dari sekarang. Bekali diri Anda dengan skill dan pengetahuan untuk menunjung itu semua. Termasuk keterampilan dalam membuat dan menampilkan presentasi sidang.

Dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan ini, berarti Anda sudah merencanakan keberhasilan untuk presentasi sidang skripsi yang akan Anda lakukan.

Kabar gembiranya dalam panduan ini saya akan mengajak Anda untuk melihat salah satu tahap penting yang akan menjadi modal utama Anda untuk meraih kesuksesan  dalam presentasi sidang skripsi.yaitu cara mempersiapkan presentasi sidang skripsi dengan baik dan efektif.

Dan beberapa poin penting akan saya bahas.

  1. Cara Menguasai Materi
  2. Mengenali Karakteristik Penguji
  3. Menyusun Slide Presentasi Skripsi
  4. Menyiapkan Skrip dan Speaker Note
  5. Melakukan Latihan

Kita bahas satu persatu 5 hal tersebut.

Cara Menguasai Materi Skripsi

Syarat pertama untuk sukses dalam presentasi sidang skripsi adalah menguasai materi.

Saya yakin Anda memahami hal ini dengan baik.

Ini adalah prinsip yang harus selalu Anda pegang. Karena dengan menguasai materi, Anda akan percaya diri, mampu memaparkan skripsi dengan baik dan mampu menghadapi sesi tanya jawab dengan gemilang.

Sayangnya banyak mahasiswa tidak memegang teguh prinsip ini.

Hal ini terbukti dari banyaknya presentasi sidang  yang tidak efektif, mahasiswa tidak mampu memaparkan materi dengan baik dan bingung saat mendapatkan pertanyaan dari dosen penguji.

Lantas bagaimana supaya bisa menguasai materi skripsi dengan baik?

Ada beberapa langkah diantaranya adalah:

1. Kerjakanlah skripsi dengan langkah-langkah yang benar

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat skripsi adalah membuat judul. Dan judul yang baik adalah judul yang dibuat dengan sebuah landasan berpikir yang kuat.

Sederhananya Anda harus memiliki alasan kenapa memilih sebuah judul.

Ketahuilah alasan pemilihan judul akan menjadi landasan awal bagi Anda dalam mengerjakan skripsi.

Jika tahap ini dapat Anda lakukan dengan baik maka proses selanjutnya akan mudah.

Dalam membuat judul lakukan survei terlebih dahulu untuk menganalisis masalah-masalah yang bisa Anda angkat. Ini bisa Anda lakukan dengan melakukan observasi, wawancara atau kajian untuk mengetahui detail masalah.

Selanjutnya pilih satu masalah yang bisa Anda temukan solusinya. Anda tahu pendekatan atau metode yang akan Anda gunakan untuk mengatasi atau membahas masalah tersebut.

Setelah membuat judul, segera susun proposal Anda sesuai dengan aturan atau pedoman skripsi di kampus Anda.

Ingat selalu lihat pedoman skripsi yang diberikan kampus. Ini untuk memastikan proposal Anda sesuai dengan aturan yang ada di kampus.

Setelah itu kerjakan skripsi Anda dengan mengikuti proses yang benar. Lakukan bimbingan dengan benar, lakukan penelitian dengan benar, tulis hasil penelitian Anda dengan benar, jangan memanipulasi data apapun, tulis asli seperti apa yang terjadi saat Anda meneliti.

Pada saat melakukan bimbingan, catat semua pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dosen pembimbing tentang skripsi Anda. Karena biasanya pertanyaan-pertanyaan tersebut akan muncul saat sidang.

2. Ciptakan waktu untuk belajar

Belajar, belajar dan belajar.

Ini harus Anda lakukan untuk mematangkan penguasaan materi Anda.

Perbanyak membaca skripsi yang sudah Anda buat.

Pahami betul latar belakang  skripsi Anda.

Pahami konsep atau teori yang mendukung, metode penelitian yang Anda gunakan dan hasil penelitian Anda.

Intinya pahami betul setiap detail dari skripsi Anda.

Percayalah ini akan membantu Anda saat presentasi atau pada saat menghadapi sesi tanya jawab saat sidang nantinya.

Dalam hal ini kepiawaian Anda mengelola waktu dan tenaga adalah kuncinya. Jangan bilang Anda tidak punya waktu, ingat sesibuk apapun Anda, Anda harus tetap meluangkan waktu untuk belajar. Kalau tidak punya waktu luang, ciptakan waktu luang Anda sendiri.

Terkait dengan pengelolaan tenaga, meskipun Anda sibuk atau banyak kegiatan pastikan Anda bisa mengelola energi Anda. Saya yakin Anda tahu bagaimana melakukannya. Terlebih saat waktu sidang sudah dekat. Pastikan saat itu Anda tidak terlalu berlebihan dalam belajar.

Intinya apa yang akan Anda sampaikan dalam presentasi sidang adalah hasil penelitian yang sudah Anda lakukan selama berbulan-bulan. Apapun jenis penelitian skripsi Anda. Jika penelitian tersebut dilakukan melalui proses yang benar dan sungguh-sungguh. Anda mau menciptakan waktu untuk belajar, maka menguasai materi presentasi skripsi akan menjadi mudah.

Mengenali Karakteristik dosen penguji

Dalam presentasi, mengenali siapa audiens Anda adalah keharusan.

Tidak mengenal audiens sama saja Anda bunuh diri. Ini juga berlaku untuk presentasi sidang skripsi. Terutama mengenal siapa dosen penguji.

Terkait dengan mengenal karakteristik dosen penguji ada dua hal yang harus Anda kenali.

Pertama adalah kepribadian  dosen penguji.

Apakah dosen penguji Anda ini tipe koleris, sanguinis, phlegmatis atau melankolis.

Kedua adalah cara penguji memberi pertanyaan, kririk dan penilaian.

Jika Anda sudah mengenal karakteristik dosen penguji Anda, sebenarnya bukanlah hal sulit untuk mengetahui cara dosen penguji Anda memberikan pertanyaan, kritikan atau penilaian. Karena pada umumnya pertanyaan, kritikan dan penilaian mereka tidak akan jauh dari karakteristik yang mereka punya tidak akan jauh dari pola-pola yang sudah mereka lakukan berulang-ulang setiap kali menguji mahasiswa.

Lantas bagaimana cara mengenali karakteristik dosen penguji?

Ada tiga cara.

1. Lakukan Pengamatan Di Kelas

Cara ini sebenarnya tidak hanya untuk keperluan sidang skripsi saja, namun juga penting untuk kesuksesan proses kuliah yang Anda lakukan.

Jika sejak awal Anda tahu kepribadian masing-masing dosen. Anda akan mudah menarik perhatian mereka dan mudah menyesuaikan diri dengan cara mereka mengajar. Ini akan membuat Anda, dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dengan hasil yang maksimal.

Anda juga perlu melakukan cara ini. Karena ini penting untuk mengetahui kepribadian dosen-dosen yang mengajar di fakultas Anda.

Percayalah ini akan menjadi modal penting dalam menjalani aktivitas belajar di kampus dan dalam presentasi sidang skripsi yang akan Anda lakukan.

2. Hadiri presentasi sidang fakultas

Jika Anda ingin lebih tahu  bagaimana cara dosen saat menguji skripsi Anda bisa menghadiri presentasi sidang yang diselenggarakan di fakultas Anda.

Dengan sering menghadiri presentasi sidang, Anda akan memahami banyak hal tentang dosen penguji Anda dan cara mereka dalam menguji mahasiswa.

Ada beberapa tugas yang harus Anda lakukan di sini.

Jadi sebelum datang ke tempat sidang pastikan Anda membawa catatan. Catatan inilah yang nantinya akan Anda gunakan untuk mencatat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dosen penguji. Pisahkan antara dosen yang satu dengan yang lain.

Kemudian perhatikan juga bagaimana cara dosen penguji memberikan kritikan terhadap hasil karya mahasiswa.  Karena biasanya ada dosen yang suka mengkritik habis-habisan di bagian tata tulis, ada yang suka mengkritik cara mahasiswa memberikan tanggapan dan lain sebagainya.

3. Bertanya dengan kakak kelas

Jika Anda memiliki teman dari kakak kelas yang satu jurusan, yang pernah ujian skripsi. Anda bisa memanfaatkannya untuk menggali data tentang karakteristik dosen penguji.

Tanyakan bagaimana biasanya dosen-dosen penguji memberikan pertanyaan, komentar, kritik dan lain sebagainya.

Jika cara-cara di atas Anda lakukan dengan benar. Anda akan memiliki data tentang dosen penguji Anda.

Data ini akan menjadi bahan modal buat Anda saat menghadapi mereka dalam sidang.

Jadi sekali lagi mengenali dosen penguji itu penting. Kenali kepribadian mereka, cara mereka memberikan pertanyaan, kritikan dan penilaian.

Dan untuk mengetahui itu silakan lakukan pengamatan di kelas, sering-seringlah menghadiri presentasi sidang fakultas dan bertanyalah pada kakak kelas.

Menyusun Slide Presentasi Skripsi

Terkait dengan cara menyusun slide presentasi skripsi, teknik dan cara mendesain yang digunakan sama dengan cara mendesain slide yang sudah sering saya tunjukkan.

Bahkan jika Anda sering membaca artikel saya pada kategori desain, anda seharusnya sudah sangat bisa membuat slide skripsi yang menarik untuk keperluan presentasi sidang.

Tapi sebagai pengayaan di sini akan sedikit saya jelaskan tahap-tahap ringkat membauat desain slide presentasi Anda.

1. Mengorganisasi isi skripsi

Ini adalah hal pertama, yang harus Anda lakukan sebelum Anda menyusun slide presentasi Anda.

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, presentasi sidang skripsi tidak lama, maksimal 20 menit.

Sedangkan Anda tahu rata-rata skripsi memiliki ketebalan di atas 100 halaman.

Dengan materi yang sebanyak itu rasanya tidak mungkin semuanya dapat Anda tampilkan pada slide atau Anda sampaikan dalam presentasi.

Karena itulah mengorganisasi isi skripsi menjadi penting. Supaya Anda mendapatkan gambaran ringkas dari keseluruhan isi skripsi dan supaya Anda dapat menentukan konten-konten apa saja yang akan Anda tampilkan pada slide skripsi.

Mengorganisasi materi skripsi ini tidak sulit.

Yang perlu Anda lakukan adalah menuliskan terlebih dahulu poin-poin utama yang akan Anda sampaikan kemudian baru menambahkan penjelasan pada tiap poin yang akan Anda sampaikan.

Selanjutnya silakan tambahkan penjelasan pada tiap poin yang akan Anda sampaikan.

Contohnya seperti di bawah  ini.

organisasi materi skripsi 1

organisasi materi skripsi 2

organisasi skripsi 3

Contoh di atas saya buat dari skripsi bimbingan dan konseling yang dibuat oleh Sinta Hardiyanthi dengan judul:

Studi Kasus Penerapan Konseling Behavioritsik Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di SD Samaran Tahun Pelajaran 2011/2012.

Catatan: Nama sekolah sengaja  disamarkan.

Contoh pengorganisasian materi di atas disesuaikan dengan skripsi tersebut. Artinya, saat Anda mengorganisasi materi, Anda harus menyesuaikannya dengan skripsi Anda sendiri.

2. Memilih konten utama yang akan ditampilkan

Setelah Anda selesai mengorganisasi materi presentasi, selanjutnya pilihlah konten yang hendak Anda tampilkan. Pikirkan dengan seksama poin-poin utama yang akan Anda tampilkan pada slide.

Sebaiknya poin-poin tersebut bisa mewakili setiap pembahasan yang akan Anda jelaskan.

3. Membuat Storyboard

Setelah Anda memilih konten-konten yang akan ditampilkan pada slide. Selanjutnya buatlah stroryboard untuk slide Anda.

Membuat storyboard penting untuk merapikan urutan slide, melihat berapa banyak jumlah slide dan untuk melihat sketsa visual dari slide yang akan Anda buat.

Terkait dengan membuat storyboard saya sudah pernah membahasnya dalam artikels saya berjudul Cara Membuat Slide Presentasi Powerpoint Yang Baik dan Menarik.

Jadi kurang lebih cara untuk membuat storyboard sama dengan cara yang sudah saya tunjukkan pada link artikel di atas.

Dimulai dari membuat outline, menyiapkan kertas dan membuat sketsa.

Setelah tahap ini selesai barulah Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu mendesain slide presentasi Anda dengan powerpoint.

Mendesain Slide Dengan Powerpoint

Sama juga seperti yang sudah sering saya bahas dalam website ini untuk membuat slide presentasi skripsi Anda juga harus membuat dengan memegang teguh prinsip desain yang baik.

Untuk contoh slide lengkap presentasi skripsi bisa Anda lihat pada ulasan saya tentang Contoh Slide Presentasi Skripsi Yang Baik dan Menarik.

Kemudian untuk contoh slide slide before after bisa anda lihat pada gambar-gambar di bawah ini.

slide skripsi visual ba

slide skripsi visual ba 1

slide skripsi visual ba 2

slide skripsi visual ba 3

slide skripsi visua diagraml ba 5

Membuat Skrip dan Speaker Note

Setelah slide presentasi Anda selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat skrip dan speaker note untuk presentasi Anda.

Membuat Skrip Presentasi

Sebenarnya membuat skrip presentasi bukan keharusan. Namun karena presentasi skripsi waktunya singkat, membuat skrip akan menjadi saran yang baik untuk dipertimbangkan.

Ini akan memudahkan Anda menyesuaikan apa yang Anda sampaikan dengan waktu, dengan slide yang Anda tampilkan dan memudahkan Anda dalam proses belajar.

Selain itu dengan skrip Anda akan dapat berbicara lebih efektif dan efisien, karena setiap kata yang akan Anda sampaikan sudah Anda siapkan sedemikian rupa.

Jika Anda sudah tahu betul apa yang akan Anda sampaikan, yakin bisa menyesuaikannya dengan waktu yang tersedia dan dengan slide yang akan Anda tampilkan maka Anda boleh tidak menggunakannya.

Namun jika Anda ingin membuat skrip untuk presentasi skripsi, silakan Anda buat seperti contoh di bawah ini.

contoh skrip presentasi skripsi 1

contoh skrip presentasi skripsi 2

contoh skrip presentasi skripsi 3

contoh skrip presentasi skripsi 4

Skrip di atas adalah contoh sederhana cara membuat skrip untuk presentasi skripsi. Jika Anda akan membuatnya, buatlah skrip untuk semua slide Anda.

Setelah semua skrip selesai Anda buat selanjutnya silakan print out.

Percayalah cara ini akan membuat Anda mengetahui betul apa yang akan Anda katakan dengan apa yang akan Anda tampilkan. Selain itu hasil print out juga bisa Anda gunakan untuk belajar.

Jadi dimanapun, Anda akan tetap bisa mempelajari materi presentasi skripsi Anda.

Membuat Speaker Note

Speaker note adalah catatan tertulis yang bisa Anda buat di bawah lembar kerja powerpoint. Speaker note dapat Anda manfaatkan untuk membantu Anda jika sewaktu-waktu Anda lupa materi yang akan Anda sampaikan.

Membuat speaker note sangat mudah.

Pertama, silakan Anda buka slide presentasi skripsi Anda, kemudian tulis catatan Anda di bawah bawah lembar kerja slide powerpoint  Anda.

membuat speaker note

Tapi ingat catatan yang Anda buat harus ringkas.

Jangan berupa verbatim atau skrip yang panjang dari presentasi Anda, karena kalau terlalu panjang akan sulit memperbesar ukuran teksnya.

Jika tidak bisa diperbesar akan percuma, karena speker note yang terlalu kecil ukurannya akan terlalu sulit untuk dibaca.

Itulah cara sederhana membuat speaker note.

Namun perlu Anda pahami, supaya speaker note ini bekerja, masih ada beberapa pengaturan di leptop yang harus Anda rubah saat leptop sudah terhubung dengan proyektor.

Selain itu posisi penempatan leptop juga harus Anda sesuaikan, karena jika tidak speaker note tidak akan ada gunanya.

Terkait dengan pengaturan leptop dan penempatan leptop bisa Anda lihat dalam bab selanjutnya tentang mempersiapkan dan menggunakan alat untuk presentasi skripsi.

Demikianlah tadi cara membuat skrip dan speaker note.

Manfaatkan skrip untuk belajar dan melatih presentasi Anda dan manfaatkan speaker note untuk mengatasi masalah jika sewaktu-waktu Anda lupa dengan materi presentasi yang akan Anda disampaikan.

Latihan Presentasi

Terkait dengan latihan presentasi ini saya sarankan silalakan Anda baca ulasan saya dalam blog ini yang berjudul Tips Latihan Presentasi Yang Efektif

Kesimpulan

Ok, demikianlah tadi ulasan saya mengenai cara mempersiapkan presentasi sidang skripsi yang baik dan efektif.

Saya ulangi lagi, dalam persiapan itu adalima hal harus Anda lakukan.

  1. Cara Menguasai Materi
  2. Mengenali Karakteristik Penguji
  3. Menyusun Slide Presentasi Skripsi
  4. Menyiap Skrip dan Speaker Note
  5. Melakukan Latihan

Dan perlu Anda ketahui juga lima hal yang sudah saya jelaskan pada Anda sebenarnya adalah ringkasan cepat dari beberapa bab dari ebook Rahasia Sukses Presentasi Sidang Skripsi. Tapi karena penjualan ebook tersebut sudah saya tutup, ada kemungkinan saya akan membuatnya dalam artikel berseri.

Terakhir sebelum saya akhiri, jika menurut Anda artikel ini  bermanfaat silakan like, share dan komen melalui kolom komentar di bawah.

 

 

One Comment

  1. Terimakasih sangat membantu dalam persiapan sidang munaqosyah bulan ini, mohon doanya semoga dilancarkan n dimudahkan sidangnya.. Amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *