Inilah 4 Kesalahan Fatal Yang Sering Dilakukan Presenter Yang Harus Anda Hindari

Inilah 4 Kesalahan Fatal Yang Sering Dilakukan Presenter Yang Harus Anda Hindari

Presenter yang baik adalah presenter yang bisa belajar dari kesalahan sendiri, tapi presenter yang hebat melakukan keduanya. Mereka belajar dari kesalahan sendiri dan belajar dari kesalahan presenter yang lain.

Dan pada kesempatan ini saya ingin mengajak Anda untuk melihat empat Kesalahan Fatal Yang Sering Dilakukan Presenter Dalam Melakukan Presentasi yang bisa Anda jadikan pelajaran.  Tujuannya sederhana, supaya Anda tidak melakukan empat kesalahan ini untuk presentasi Anda. Karena jika anda melakukan kesalahan ini, maka sudah pasti presentasi Anda akan sia-sia karena tidak akan memberikan pengaruh apa-apa pada audiens Anda.

Apa saja empat kesalahan fatal tersebut, silakan Anda simak ulasannya berikut ini.

1. Poor Planning

Persiapan yang buruk adalah kesalahan fatal yang paling sering dilakukan oleh presenter. Presenter membuat presentasi dengan tergesa-gesa tanpa persiapan yang baik. Akibatnya presentasi yang ditampilkan memiliki kualitas yang menyedihkan.

Bagaimana jika presentasi saya dadakan?

Pertanyaan ini adalah salah satu alibi yang paling banyak dilakukan presenter untuk menutupi kesalahan mereka. Meskipun mungkin benar presentasi mereka dadakan, tapi tetap tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak melakukan persiapan.

Sebenarnya dalam presentasi dadakan pun tetap membutuhkan persiapan (5-15 menit) sebelum berbicara. Tujuannya adalah untuk menyiapkan konsep materi yang akan disampaikan.  Dengan begitu presenter tetap akan mampu berbicara dengan baik, meskipun itu dadakan.

2. Information Overload

Dalam konteks apapun melakukan sesuatu secara berlebihan adalah hal yang tidak baik. Apapun alasannya, karena fakta menunjukkan melakukan sesuatu yang berlebihan lebih banyak menimbulkan masalah dari pada memberikan manfaat kepada seseorang.

Ini juga berlaku untuk presentasi. Presentasi yang terlampau banyak menyajikan informasi di luar batas waktu yang diberikan juga akan menimbulkan masalah . Presentasi akan memanjang melebihi batas waktu, audiens sulit menangkap informasi utama yang disampaikan, presentasi menjadi membingungkan dan membosankan,

Dan sayangnya banyak presenter tidak memahami hal ini, sehingga masih banyak presenter yang melakukannya apalagi bagi mereka yang masih pemula. Mungkin tujuan mereka baik, ingin memberikan semua hal yang mereka ketahui kepada audiens, tapi sayangnya tujuan baik tersebut belum pas dengan kondisi dan situasi yang presentasi yang mereka lakukan.

3. Reading Slide

Saya sudah ratusan kali menghadiri presentasi powerpoint, dan dari sekian banyak presentasi yang saya hadiri tersebut, pemandangan yang paling banyak saya lihat adalah presenter membaca slide. Dan ini hampir dilakukan oleh semua kalangan.

Membaca SlideIni adalah kesalahan fatal yang juga sering dilakukan banyak presenter. Kesalahan ini terjadi bukan lantaran mereka tidak kompeten, tapi lebih banyak diakibatkan oleh slide yang presentasi yang mereka gunakan. Slide yang penuh bullet point dan teks panjang yang memilukan. Sehingga mereka terjebak dalam kondisi yang mendorong mereka membaca poin-poin pada slide dari awal sampai akhir presentasi.

Akibatnya, sebagus apapun cara mereka berbicara mereka tetap akan terlihat membosankan.

Solusi terbaik supaya terhindar dari cara ini adalah dengan menguasai materi dengan baik dan menggunakan desain slide yang sederhana, menarik secara visual dan komunikatif. Jika Anda merasa belum mahir ilmu mendesain slide Anda bisa pelajari ilmunya dalam paket pembelajaran desain slide yang kami buat.

4. Not Focus

Banyak presenter berbicara ngelantur, tidak jarang apa yang mereka sampaikan keluar dari topik. Umumnya ini terjadi karena beberapa hal diantaranya penguasaan materi kurang dan terlalu terbawa oleh suasana seperti keasyikan humor, game dan menanggapi pertanyaan audiens yang tidak terkendali. Akibatnya pesan menjadi bias, tidak fokus pada topik pembicaraan.

Demikianlah empat kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh banyak presenter dalam melakukan presentasi. Dan sayangnya masih banyak orang yang tidak menyadari kesalahan tersebut.

Bagi Anda yang masih melakukan satu atau beberapa kesalahan fatal di atas, saya berharap Anda tidak melakukan kesalahan itu lagi untuk presentasi Anda selanjutnya. Anda harus bisa menghindari kesalahan-kesalahan tersebut, jika ingin tujuan presentasi Anda tercapai. Caranya adalah dengan selalu melakukan persiapan sebelum melakukan presentasi, membuat materi Anda solid (sesuai kebutuhan, terstruktur, dan pas untuk Anda sampaikan dengan batas waktu tersedia, membuat slide yang menarik dengan  slide visual yang baik, kemudian selalu menjaga fokus Anda baik, jangan mudah tergoda untuk menyampaikan hal-hal yang tidak terkait dengan topik bahasan presentasi.

Photo Credit: Flickr.com

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *