Memahami Aturan Otak Untuk Membantu Kesuksesan Presentasi Anda

Memahami Aturan Otak Untuk Membantu Kesuksesan Presentasi Anda

Pada kesempatan ini saya ingin sharing kepada Anda tentang tiga aturan otak yang sangat berguna untuk presentasi Anda yang saya kutip dari presentasi Garr Reynolds berikut ini.

Silakan Anda perhatikan penjelasannya di bawah ini.

Menurut Garr Reynolds dari 12 aturan acara kerja otak menurut Dr. John Medina, ada tiga aturan yang akan sangat berguna untuk presentasi Anda. Tiga aturan tersebut adalah:

3 aturan cara kerja otak untuk presentasi

 

Mengapa ini penting?

Harus Anda ketahui bahwa Death-by-PowerPoint adalah hal yang sangat umum dan dianggap normal dalam presentasi.

Bahkan banyak orang tidak menyadari bahwa slide powerpoint yang mereka buat sehari-hari sangat standar dan cenderung membosankan.

Seperti yang sudah sering saya bahas, slide yang membosankan merugikan semua orang. Anda sebagai presenter akan gagal menginspirasi dan audiens akan gagal mendapatkan pemahaman yang lebih baik, tidak terinspirasi dan membuang waktu sia-sia karena mendengarkan presentasi yang membosankan.

Sekarang mari kita lihat bagaimana aturan otak dalam membantu menjadikan presentasi Anda menjadi lebih baik.

Aturan 1

 

Perlu Anda tahu bahwa otak kita dibangun untuk bergerak dan berjalan. Karena itu untuk meningkatkan kemampuan berpikir Anda, Anda harus melatih kekuatan otak Anda.

Mengapa perlu melatih kekuatan otak? Karena latihan akan memperlancar aliran darah ke otak yang membawa glukosa dan oksigen. Selain itu melatih kekuatan otak juga penting untuk mengurangi depresi atau stres, meningkatkan penalaran, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kecerdasan, mengurangi risiko Alzheimer sebesar 60%, membantu menyelesaikan masalah dan lainnya.

Bagaimana cara melatih kekuatan otak? sangat sederhana, luangkan waktu 2x dalam seminggu untuk melakukan olah raga, contohnya seperti lari pagi atau aerobik.

Aturan 2

 

Yang terpenting pertama untuk menciptakan perhatian adalah dengan cara menghindari overload informasi. Anda harus tahu otak kita manusia tidak akan bisa mencerna informasi yang terlampau banyak.

Untuk itu saat membuat presentasi Anda harus memastikan memulainya dengan menggali ide utama Anda, kemudian pilih informasi mana yang akan Anda sajikan. Setelah itu strukturkan ide utama Anda, kemudian baru Anda kembangkan dengan penjelasan yang relevan dengan ide utama Anda.

Perlu Anda ketahui juga bahwa 10 menit pertama adalah cara yang paling efektif untuk menarik perhatian audiens. Setelah 10 menit perhatian audiens akan menurun. Jadi melakukan sesuatu emosional yang relevan di masing-masing 10 menit akan bisa membantu Anda mendapatkan kembali perhatian audiens.

Dr. Medina menyarankan mengunakan pendekatan yang berbeda setiap 10 menit dari presentasi Anda. Ada banyak cara bisa dilakukan misalnya dengan menggunakan cerita, menggunakan video, mengajak audiens bergerak dan lain-lain.

Aturan 3Sebuah fakta menunjukkan bahwa kita mengingat lebih baik untuk informasi visual.

Perhatikan diagram berikut ini.

Rule Of thumb

Digram di atas menunjukkan bahwa berbicara yang disertai dengan media visual akan meningkatkan ingatan kita sebanyak 65%.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa membaca sangat tidak efisien bagi kita. Kita harus mengidentifikasi fitur tertentu dalam huruf untuk dapat membacanya.Itu membutuhkan waktu. Ini berbeda jika disertai dengan gambar.

Itu artinya jika membuat presentasi Anda harus membuat slide Anda menarik dengan dukungan visual yang komunikatif.

Demikianlah tadi bagaimana cara kerja otak dapat membantu kesuksesan presentasi Anda. Untuk itu mulai sekarang dan selanjutnya saat Anda membuat presentasi, maka pastikan Anda menjaga otak Anda supaya Anda  mudah menggali ide untuk presentasi Anda.

Kemudian buatlah presentasi Anda menarik, dari awal sampai akhir presentasi. Gunakanlah berbagai macam pendekatan yang bisa membuat tidak hanys berpikir tapi juga merasakan secara emosional.

Satu lagi yang tak kalah penting selalu buatlah SLIDE PRESENTASI anda efektik, menarik dan komunikatif.

Bagi Anda yang belum bisa membuat slide yang efektif, menarik dan komunikatif Anda bisa mendapatkan panduan lengkapnya DI SINI

Bagaimana menurut Anda?

 

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *