Inilah Cara Mudah Membuat Pidato Atau Presentasi Dadakan

Inilah Cara Mudah Membuat Pidato Atau Presentasi Dadakan

Apakah Anda pernah mengalami atau tiba-tiba diminta melakukan presentasi dadakan atau pidato dadakan?

Jika pernah, apa yang Anda rasakan saat itu?

Apakah Anda merasa kesulitan menghadapi situasi semacam itu?

Atau Anda merasa bingung?

Saya yakin masing-masing dari Anda punya pengalaman yang berbeda-beda.

Bagi Anda yang sudah tahu metodenya mungkin tidak jadi masalah. Tapi Jika Anda masih mengalami kesulitan atau kebingungan saat menghadapi situasi semacam ini, mungkin ulasan kali ini dapat membantu Anda.

Ya, karena dalam ulasan ini saya ingin share kepada tentang cara mudah membuat pidato atau presentasi dadakan.

Cara itu adalah dengan menggunakan metode P.R.E.P.

P.R.E.P merupakan singkatan dari Point, Reason, Example, Point. Metode ini menyajikan kerangka presentasi atau pidato sebagai berikut:

Point, Sampaikan topik yang hendak Anda sampaikan
Reason, jelaskan mengapa topik tersebut Anda sampaikan
Example, berikan contoh, aplikasi nyata, penjelasan atau cerita yang mendukung topik yang anda sampaikan
Point, memberikan suatu kesimpulan dan ajakan aksi (penutup)

Sebagai ilustrasi silakan Anda simak contoh teks presentasi dadakan pada saat memberikan motivasi ke orang tua wali murid dalam rapat pertemuan wali dengan pihak sekolah.

(Point) Selamat pagi bapak dan ibu. Selam sejahtera untuk Anda semua . Sebelumnya terimakasih atas waktu yang diberikan kepada saya.

Sebelumnya perkenalkan nama saya Rona Binham, saya adalah guru bimbingan dan konseling di sekolah ini.

Dalam beberapa menit ke depan, saya akan menyampaikan satu hal yang sangat penting untuk Anda ketahui bersama. Yaitu tentang pentingnya peran orang tua dalam membantu kesuksesan anak di masa depan.

(Reason) Saya yakin bapak dan ibu yang hadir pada kesempatan ini, ingin putra dan putrinya kelak menjadi orang yang sukses.

Tapi apakah bapak dan ibu tahu bagaimana cara mengantarkan anak-anak kita mencapai itu semua. Apakah sekolah saja cukup?

Ternyata tidak bapak dan ibu. Untuk mengantarkan putra-putri bapak dan ibu mencapai sukses tidak cukup hanya dengan sekolah.

Ada tiga faktor yang berperan penting di sini.

Yang pertama adalah kemauan anak. Kedua orang tua. Dan yang ketiga baru sekolah. Terlepas dari peran kami dan peran ana itu sendiri, ada satu lagi peran penting yang juga akan sangat menentukan. Yaitu peran kita sebagai orang tua.

(Example) Saya ada cerita yang menarik dan insya Allah bisa menjadi inspirasi buat Anda semua.

Ada tetangga saya, sebut saja namanya ibu Samar. Ibu samar ini mempunyai lima orang anak dan semuanya sarjana. Sekarang kelima anaknya menjadi orang-orang terpandang di kampung. Karena masing-masing dari mereka meraih kesuksesan di bidangnya masing-masing.

Jika Anda berpikir ibu Samar ini adalah orang yang kaya. Maka Anda salah besar. Karena ibu Samar ini hanya orang biasa. Atau jika Anda berpikir ibu Samar ini adalah orang yang berpendidikan Anda juga salah besar, karena ibu Samar ini hanya lulusan sekolah dasar.Sehari-sehari pekerjaannya hanya mencari pisang dari kebun-ke kebun untuk dibeli, kemudian dijual kembali di pasar.

Lantas apa rahasianya, kenapa ibu Samar berhasil mendidik lima anaknya menjadi orang-orang sukses dan berhasil. Padahal kalau saya cermati secara logika sebenarnya ibu Samar tidak mungkin mampu.

Inilah rahasianya bapak dan ibu.

Karena ibu Samar selalu menanamkan pentingnya pendidikan, kemandirian dan kerja keras sejak anak mereka masih usia dini dengan keteladanan. Beliau juga selalu memberikan motivasi kepada anak-anaknya, mendoakan mereka, menjadi teman curhat mereka saat mereka menghadapi masalah. Dan satu lagi bapak dan ibu, ibu Samar juga rela berkorban demi anak-anak tercinta. Dia rela membuang kesenangannya pribadi, hanya karena ingin anak-anaknya memiliki bisa sekolah dan memiliki kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

Apa yang saya ceritakan ini, hanya satu contoh kisah. Meskipun sebenarnya masih banyak kisah-kisah serupa yang bisa kita tiru, dalam mendidik anak-anak kita.

Dari cerita saya tadi, sangat jelas bahwa orang tua memiliki peran yang sangat penting untuk kesuksesan anak di masa mendatang. Jadi kita sebagai orang tua tidak bisa menutup mata akan hal itu. Kita tidak bisa hanya menyerahkan masa depan anak kita di pundak mereka saja atau pada sekolah saja. Tapi kita juga harus ikut berperan, ikut andil dalam membantu kesuksesan mereka.

(Point) Jadi bapak dan ibu semua, itulah tadi gambaran singkat tentang pentingnya peran orang tua dalam membantu kesuksesan anak di masa mendatang. Saya sangat yakin Anda pun menginginkan hal yang sama untuk anak-anak Anda. Dan dari cerita yang saya sampaikan ada tiga point penting yang perlu Anda ingat dan Anda lakukan untuk kesuksesan anak-anak Anda.

Pertama, berikanlah mereka contoh atau teladan yang baik tentang pentingnya pendidikan, kemandirian dan kerja keras. Kedua. doronglah anak-anak Anda untuk mencapai impian besar mereka dan jadilah sahabat yang baik untuk mereka. Dan yang ketiga, berkorbanlah untuk mereka, berikan apa yang Anda punya sesuai dengan kemampuan Anda untuk membantu mereka.

Percayalah bapak dan ibu, jika anak Anda punya kemauan yang kuat untuk sukses. Kemudian Anda mendukung mereka, sekolah membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk mereka, anak Anda akan sukses adanya.

Terima kasih …

Kesimpulan

Itulah tadi metode dan ilustrasi sederhana bagaimana membuat pidato dan presentasi dadakan dengan metode S.R.E.P.

Tapi harus Anda pahami juga, kalau Anda diminta melakukan presentasi atau pidato dadakan, pastikan Anda minta sedikit waktu untuk melakukan persiapan.

Kemudian kalau materi yang diminta tidak Anda kuasai Anda bisa menolaknya dan referensikan orang yang lebih tepat membawakannya.

Photo Credit: Jeffrey Zeldman

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *