Panduan Lengkap Bagaimana Membawakan Presentasi Sidang Skripsi Dengan Sukses dan Percaya Diri

Panduan Lengkap Bagaimana Membawakan Presentasi Sidang Skripsi Dengan Sukses dan Percaya Diri

Saya tahu betul bagaimana rasanya menjelang waktu menghadapi sidang skripsi.

Semua perasaan membaur menjadi satu, ada senangnya, namun ada juga khawatirnya, takut tidak maksimal dalam sidang.

Menurut saya itu wajar, saya pun pernah mengalami.

Yang penting tidak berlebihan, selama proses pengerjaan skripsi Anda benar, persiapan matang, kemudian Anda bisa kuasai mental Anda dan juga tahu bagaimana pola sukses menghadapi sidang, Anda akan bisa sukses dalam sidang skripsi Anda

Dan di sini saya akan tunjukkan tips paling lengkap dan bisa Anda ikuti saat Anda membawakan presentasi skripsi.

Berikut ini adalah tips lengkapnya.

1. Persiapan matang

Ini adalah tahapan awalnya.

Sukses dan tidaknya sidang Anda, salah satunya akan ditentukan di tahap ini.

Karenanya sebelum sidang lakukan persiapan sidang skrpsi Anda dengan baik dan benar, persiapkan segala dengan matang.

Persiapan ini meliputi banyak hal.

Penguasan terhadap materi skripsi, mengenali siapa dosen penguji, menyusun slide presentasi skripsi, mempersiapkan speaker note, dan lain-lain.

Intinya semua persiapan sidang skripsi yang perlu disiapkan untuk kesuksesan sidang harus dipersiapakan.

2. Datanglah lebih awal sebelum sidang 

Hindari hadir dalam kegiatan sidang mepet waktu.

Usahakan datang lebih awal.

Misal jadwal sidang Anda jam 09.00 WIB, maka sebaikanya datangnya satu jam sebelumnya.

3. Atasi Ketegangan 

Sesaat sebelum presentasi sidang diselenggarakan kebanyakan mahasiswa akan mengalami ketegangan.

Berapapun kadarnya, perasaan itu akan menghampiri Anda.

Jika kadar ketegangan Anda wajar, itu tidak masalah, namun jika kadar ketegangan Anda tinggi, ini bisa mengganggu jalannya presentasi sidang yang akan lakukan.

Tapi Anda tidak perlu risau, jika ketegangan itu menghampiri Anda lakukan beberapa tips sederhana di bawah ini.

Pertama, Jangan menyendiri

Saat Anda merasa tegang, jangan menyendiri. Karena menyendiri akan membuat Anda semakin tegang. Bersikaplah wajar seolah-olah tidak ada apa-apa. Tetaplah berinteraksi dengan teman-teman Anda.

Kedua, hentikan mempelajari skripsi Anda

Ini juga tidak kalah penting, saat mau menghadapi sidang jangan membaca skripsi Anda atau berusaha menghafal atau mempelajari lagi skripsi Anda. Jika itu Anda lakukan, Anda akan terus merasa tegang.

Saran terbaik buatlah diri Anda santai, lupakan sejenak skripsi Anda, buatlah pikiran Anda itu rileks.

Tapi saya masih merasa perlu belajar?

Merasa perlu belajar itu baik. Tapi jika sampai membuat Anda stres juga kurang baik.

Ingat, belajar itu ada waktunya.

Lantas kapan sebaiknya saya menghentikan belajar?

Saran saya dua hari menjelang sidang.

Lebih mudahnya begini, misalnya Anda sidang hari kamis, maka hari selasa dan rabu, jangan terlalu paksa tenaga Anda untuk belajar.

Gunakan hari selasa untuk mempersiapkan segala hal yang perlu Anda bawa saat sidang. Kemudian untuk hari rabu gunakan untuk bersantai. Percayalah ini akan lebih baik untuk Anda.

Kedua, Kelola pikiran Anda

Perasaan tegang yang Anda alami terjadi karena adanya kekhawatiran-kekhawatiran dalam diri Anda. Khawatir tidak bisa maksimal melakukan presentasi, khawatir dibantai dosen penguji, khawatir tidak bisa menjawab pertanyaan dan berbagai macam pikiran negatif lainnya.

Supaya perasaan tegang tidak mengendalikan diri Anda, maka kelola pikiran Anda. Buang jauh-jauh kekhawatiran-kekhawatiran dalam diri Anda. Pikirkan hal-hal yang positif, bayangkan hal baik dari sidang Anda.

Keempat, Power posing

Amy Cuddy seorang associated professor Harvard Business School di bidang penelitian sosial mengatakan bahwa sikap tubuh Anda saat berdiri maupun duduk dapat mengubah perasaan Anda terhadap diri sendiri.

Jika Anda mempertahankan sikap tubuh (pose) yang spesifik sekitar 2 menit dengan sikap tubuh High Power Poses, ini dapat menurunkan level stres atau gugup yang Anda rasakan, dan mengembalikan rasa percaya diri yang Anda miliki.

Jadi ketika Anda mengalami ketegangan saran yang paling baik dan ilmiah adalah dengan menunjukkan pose tubuh yang memperlihatkan bahwa Anda memiliki rasa percaya diri tinggi.

Kelima, atur nafus jika masih tegang.

Jika masih tegang, perasaan masih tidak menentu cobalah atur nafas Anda.

Cobalah cari tempat yang tenang boleh di mana saja.

Kemudian coba atur nafas Anda.

Tarik nafas dari hidung, tahan selama tiga detik, kemudian hambuskan.

Lakukan berulang sampai Anda nyaman.

Keenam, fokus.

Ingat tujuan Anda sidang, Anda untuk memaparkan hasil sidang Anda.

Jadi fokuslah dengan hal itu.

Hindari pikiran ataupun sikap yang bisa mengganggu fokus Anda.

Ketujuh, berdoa

Ya, Anda tidak bisa mengesampingkan kekuatan doa. Doa akan membuat Anda tenang, doa akan membuat Anda yakin dan doa akan membuat Anda percaya diri.

Saya juga melakukan ini, semua orang yang berhasil dalam sidang skripsi saya yakin juga melakukan ini. Dan saya yakin Anda juga akan melakukan ini.

Tapi ingat kekuatan doa Anda akan dahsyat kalau sebelumnya Anda sudah berusaha belajar dengan baik, sudah melakukan setiap proses Anda dengan baik.

Beberapa cara di atas dapat Anda lakukan sesaat sebelum Anda maju untuk presentasi. Jika cara-cara ini berhasil Anda lakukan, Anda tidak akan mengalami yang namanya ketegangan yang berlebihan.

Kalau pun saat Anda maju Anda masih mengalami kegugupan atau grogi di awal, itu adalah hal yang masih sangat wajar. Dan itu tidak perlu dirisaukan. Karena hanya dengan beberapa tindakan sederhana saja, hal itu akan bisa Anda kendalikan.

Cara-cara sederhana ini dapat saya deskripsikan sebagai berikut.

Saat nama Anda dipanggil untuk maju, maka pertama yang harus Anda lakukan tersenyumlah, tarik nafas Anda dan hembuskan pelan. Kemudian berjalanlah dengan penuh percaya diri menuju tempat di mana Anda harus berdiri.

Pada saat Anda berdiri pertama kali di depan dosen penguji, tunjukkan sikap tubuh yang  terbuka.  Buka kaki Anda selebar bahu Anda, kemudian letakkan tangan Anda terbuka didepan badan Anda. Ini menunjukkan bahwa Anda percaya diri bahkan sebelum Anda mengucapkan kalimat pertama Anda.

Jadi tidak ada yang perlu dirisaukan lagi tentang ketegangan menjelang sidang. Jika Anda merasa tegang jangan menyendiri, buang pikiran netatif, hentikan belajar, tunjukkan sikap tubuh optimis dan berdoa.

4. Buka presentasi dengan tenang percaya diri dan meyakinkan

Membuka presentasi dalam sidang skripsi adalah salah satu tahap yang tidak mudah dilakukan. Dibutuhkan sebuah pemikiran yang matang sebelum Anda melakukannya.

Anda harus benar-benar memikirkan kalimat apa yang paling tepat Anda sampaikan saat berdiri pertama kali di depan dewan penguji.

Jangan sampai Anda menunjukkan diri bahwa Anda tidak siap, dengan pembukaan yang buruk. Seperti meminta maaf atau kalimat lain yang menunjukkan bahwa Anda sebenarnya tidak siap.

Supaya Anda dapat membuka presentasi dengan baik, berikut ini adalah beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan.

Pertama, sampaikan salam

Ini hal pertama yang perlu Anda lakukan. Memberikan salam menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang ramah dan menyenangkan. Selain itu salam yang Anda sampaikan dengan mantap, juga akan membantu Anda menetralisir ketegangan yang Anda rasakan.

Anda bisa mengucapkan salam dengan kalimat seperti berikut ini:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera buat kita semua.

Atau Anda juga bisa mengucapkan salam dengan kalimat seperti ini:

Selamat pagi, salam sejahtera buat kita semua

Kedua, kenalkan diri dan sampaikan ucapakan terima kasih

Setelah menyampaikan salam selanjutnya sampaikan ucapan terima kasih kepada moderator, dewan penguji dan dosen pembimbing Anda.

Contohnya dengan mengucapkan kalimat seperti ini.

Nama saya rona binham, sebelum saya mulai terlebih dulu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada moderator dan dewan penguji (sebutkan nama masing-masing dan gelar) yang telah mempersilahkan saya untuk mempresentasikan skripsi saya dengan judul studi kasus penerapan konseling behavioristik untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas v di sd samaran tahun pelajaran 2011/2012.

Di sini saya juga ingin berterima kasih kepada dosen pembimbing skripsi (sebutkan nama masing-masing dan gelar) yang dengan sabar membimbing saya dalam mengerjakan penelitian skripsi ini.

Ketiga, buka presentasi skripsi dengan pembukaan yang kuat.

Setelah tahap pertama dan kedua Anda lakukan kemudian lanjutkan dengan salah satu dari tiga cara berikut ini:

Memaparkan poin-poin utama yang akan dibahas

Ini adalah cara paling umum untuk membuka presentasi skripsi, namun cara ini tetap relevan dan baik untuk digunakan. Contohnya seperti berikut ini.

Baik bapak dan ibu dan hadirin sekalin, dalam presentasi ini ada tujuh poin utama yang akan saya sampaikan. Pertama adalah tentang latar belakang masalah. Kedua, tentang rumusan masalah. Ketiga, tujuan penelitian. Keempat ruang lingkup penelitian. Kelima, definisi operasional. Keenam,  metode penelitian yang saya gunakan. Dan yang Ketujuh adalah tentang hasil penelitian dan pembahasan. Saya akan mulai dengan bahasan pertama …

Setelah memaparkan poin-poin utama yang akan Anda sampaikan, kemudian silakan bahas satu persatu poin-poin yang telah Anda sampaikan secara berurutan.

Menggunakan Kutipan

Mengutip pendapat ahli untuk membuka presentasi skripsi juga merupakan saran dapat Anda gunakan. Dengan mengutip pandapat ahli berarti Anda menegaskan bahwa masalah yang akan Anda bahas adalah sesuatu yang penting untuk dibahas.

Namun jika Anda memutuskan menggunakan kutipan ada beberapa hal harus Anda perhatikan.

Pertama, pastikan kutipan yang Anda sampaikan relevan dengan isi presentasi yang akan Anda bahas.

Kedua, gunakan kutipan yang ringkas.

Contohnya seperti berikut ini.

Saya akan mulai presentasi ini dengan pernyataan menarik dari The Liang Gie. Ia mengatakan bahwa pokok pangkal yang utama dari cara belajar yang baik adalah keteraturan. Pernyataan The Liang Gie ini mencerminkan bahwa disiplin atau kedisiplinan adalah salah satu fondasi penting untuk mencapai keberhasil dalam proses belajar.

Menunjukkan fakta masalah

Membuka presentasi dengan memaparkan fakta masalah yang menjadi alasan pemilihan judul, juga saran yang baik untuk Anda coba. Fakta masalah ini bisa merupakan hasil analisis Anda pribadi, hasil survei atau yang lain.

Contohnya dapat Anda lihat seperti pembukaan di bawah ini:

Baik bapak dan ibu dan hadirin semuanya saya akan mulai presentasi ini dengan memaparkan fakta masalah yang menjadi alasan kenapa saya tertarik melakukan penelitian ini.

Jadi beberapa hari sebelum saya mengajukan judul skripsi ini, terlebih dahulu saya melakukan kunjungan ke SD Samaran.

Dari hasil wawancara dengan konselor sekolah di SD Samaran, saya mendapatkan banyak informasi tentang masalah-masalah yang dialami oleh siswa di sekolah tersebut, khususnya beberapa masalah siswa yang berada di kelas v.

Dari hasil wawancara dan catatan-catatan perilaku anak di kelas v  saya melihat ada masalah-masalah kedisiplinan yang dialami oleh beberapa siswa di kelas v tersebut. Bahkan tercatat ada tiga siswa yang mengalami masalah kedisiplinan belajar yang cukup serius.

Dari informasi yang saya dapat, sebenarnya beberapa tindakan penyelesaian masalah kepada ketiga anak tersebut sudah sering dilakukan oleh pihak sekolah, namun hasilnya masih belum maksimal.

Karena itulah akhirnya saya tertarik untuk melakukan studi kasus kepada tiga anak tersebut supaya dapat meningkatkan kedisiplinan mereka dalam belajar di sekolah. Dan tertarik melakukan penelitian dengan judul studi kasus penerapan konseling behavioristik untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas v di SD samaran tahun pelajaran 2011/2012.

Itulah tiga tahap yang bisa Anda lakukan untuk membuka presentasi skrispi.  Pertama, mulai dengan salam, kemudian sampaikan ucapakn terimakasih. Setelah itu bisa dibuka dengan memaparkan poin-poin yang akan dibahas, menggunakan kutipan atau membuat pernyataan penutupan inspiratif yang Anda buat sendiri.

Tapi perlu diingat pembukaan presentasi benar-benar akan kuat apabila disampaikan dengan penuh percaya diri dan meyakinkan. Karena itu pembukaan ini perlu Anda persiapkan dengan matang. Saran terbaik tulis kalimat pembukaan Anda. Minta feed back dari teman-teman Anda. Jika sudah yakin pembukaan Anda baik, latih pembukaan Anda, sampai Anda bisa mengingat dan bisa menyampaikannya dengan natural.

5. Optimalkan verbal dan bahasa tubuh 

Verbal di sini kaitannya dengan komunikasi verbal Anda, misalnya seperti penggunaan bahasa, intonasi, kecepatan berbicara dan lain-lain.

Kemudian bahasa tubuh adalah kaitannya dengan gerak tubuh Anda, ekspresi, senyuman, gerakan tangan, gestur dan lain-lain.

Kedua hal tersebut harus optimal.

Misalnya yang paling simple yang terkait dengan verbal, saat Anda menyampaikan pesan, sampaikan pesan dengan jelas, bisa didengarkan, artikulasinya baik. Tidak ada gangguan verbal seperti mengucapkan kata eh atau em.

Kemudian yang terkait dengan bahasa tubuh, yang paling simple adalah saat Anda menyampaikan pesan gunakan gerakan tangan untuk memperkuat pesan, sambil berbicara Anda juga bisa berpindah tempat.

6. Gunakan pointer untuk mengontrol slide Anda

Pointer adalah alat yang wajib Anda punya.

Ini supaya saat Anda membawakan presentasi, Anda tidak bolak-balik ke leptop untuk menekan tombol next.

Jangan bilang tidak punya uang untuk membelinya.

Karena harga pointe itu murah, yang di bawah 100 ribu saja banyak.

7. Jangan terus membaca slide saat menyampaikan pesan

Ini paling banyak dilakukan mahasiswa saat presentasi sidang.

Untuk Anda, jangan lakukan hal yang sama.

Jika ingin mendapatkan nilai maksimal.

Karena dengan Anda terus membaca maka asumsi dosen penguji Anda tidak menguasai materi skripsi Anda.

8. Tutup Presentasi dengan cara yang berkesan

Dalam membawakan presentasi skripsi selain pembukaan, pesan verbal yang optimal dan bahasa tubuh, ada satu hal lagi yang tidak kalah penting untuk Anda optimalkan yaitu cara penutupan Anda.

Ada tiga cara bisa Anda lakukan untuk menutup presentasi sidang skripsi, yaitu menyampaikan kesimpulan dan saran, menggunakan kutipan dan membuat pernyataan penutupan yang inspiratif.

Pertama, sampaikan kesimpulan dan saran.

Ini adalah cara pertama yang wajib dilakukan untuk menutup presentasi skripsi. Kesimpulan akan memudahkan dosen penguji dan audiens yang hadir mengetahui poin utama dari skripsi Anda.

Sedangkan saran akan memudahkan dosen penguji dan audiens mengetahui rekomendasi seperti apa yang Anda berikan untuk menindaklanjuti hasil penelitian yang Anda lakukan.

Berikut ini adalah contoh bagaimana menutup presentasi skripsi dengan kesimpulan dan saran.

Dari paparan yang sudah saya sampaikan mulai dari latar belakang masalah sampai ke hasil penelitian dan pembahasan maka dapat saya sumpulkan bahwa studi kasus penerapan konseling behavioristik mampu meningkatkan kedisiplinan belajar pada ES dan SR tetapi tidak pada VN.

Dari hasil tersebut, jelas menunjukkan bahwa penelitian studi kasus peneraran konseling behavioristik di SD Smaran ini memerlukan upaya tindak lanjut untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Karena itulah ada beberapa saran dan rekomendasi yang saya ajukan untuk berbagai pihak. Daintaranya adalah untuk kepala sekolah, konselor sekolah, guru kelas dan orang tua wali murid.

Untuk kepala sekolah perlu mengadakan pertemuan secara periodik dengan guru kelas dan guru mapel untuk membahas permasalahan kedisiplinan belajar dan kemajuan siswa. Untuk konselor sekolah, menindaklanjuti kegiatan layanan konseling behavioristik  secara lebih terprogram untuk menangani masalah kedisiplinan belajar. Untuk guru kelas, menggunakan hasil penelitian untuk lebih memperhatikan dan mengenali permasalahan siswa secara lebih mendalam. Kemudian untuk orang tua, Harus lebih memberikan motivasi dan perhatian khusus kepada anaknya dalam menerapkan disiplin belajar di rumah.”

Kedua, tutup dengan kelimat kutipan

Sama halnya seperti saat membuka, saat menutup presentasi Anda juga bisa menutup presentasi Anda dengan kutipan. Dengan syarat kutipan Anda relevan dan tidak terlampau panjang.

Berikut ini adalah Contoh bagaimana menutup presentasi skripsi dengan menggunakan kutipan.

Saya akan akhiri presentasi ini dengan mengutip pernyataan Harry S. Truman.

Dalam membaca kehidupan orang-orang besar, saya menemukan bahwa kemenangan pertama mereka adalah menang atas diri sendiri … yaitu disiplin diri terlabih dahulu.

Artinya, tugas kita sebagai guru pemibing dan pendidik, adalah memberikan layanan atau bantuan kepada siswa untuk mencapai disiplin diri tersebut. Dan itu tidak mudah, tanpa kerjasama dari berbagai pihak yang berkaitan.

Penilitian ini memang masih memerlukan perbaikan-perbaikan, tapi minimal penelitian ini akan menjadi menjadi sumber daya yang berharga untuk berbagai pihak untuk membantu siswa yang mengalami masalah kedesiplinan belajar sampai mereka benar-benar menyadari akan pentingnya disiplin belajar untuk kemajuan dan kesuksesan mereka dimasa mendatang. Terima kasih.

Tapi ingat jika Anda menggunakan kutipan, sampaikan ini setelah Anda menyampaikan kesimpulan dan saran. Dengan demikian penutupan presentasi Anda akan jauh lebih berkesan

Ketiga, sampaikan sebuah pernyataan inspiratif

Pernyataan ini selain berfungsi sebagai bentuk pernyataan penutup yang menggambar isi presentasi juga sebagai bentuk kepedulian Anda terhadap masalah yang Anda teliti.

Berikut ini adalah Contoh bagaimana menutup presentasi skripsi dengan membuat pernyataan inspiratif.

Disiplin adalah salah satu kunci sukses dalam karir dan kehidupan. Disiplin tidak bisa dibentuk dengan cara yang instan, tapi melalui proses dan pembiasaan-pembisaan yang berkesinambungan. Dan ini harus ditanamkan kepada semua orang sejak dini. Pertama dilingkungan rumah, kedua dilingkungan sekolah.

Maka dari itu tugas kita semua adalah membimbing mereka dan mengarahkan mereka untuk memiliki kebiasaan kedisiplinan dalam berbagai hal termasuk disiplin dalam belajar untuk masa depan mereka yang cemerlang.Kita mungkin tidak akan melihat masa depan tersebut, tapi mereka akan melihatnya. Dan tugas kita semua para pendidik, kepala sekolah, orang tua, dan calon pendidik adalah membantu mereka untuk berbuat sesuatu akan masa depan itu.

Dan penitian adalah satu wujud kepedulian yang bisa saya berikan untuk mencapai hal itu. Apapun hasilnya saya berharap penelitain ini bisa memberikan manfaat kepada berbagai pihak untuk membantu permasalahn disiplin siswa, khususnya masalah disiplin belajar di jenjang pendidikan dasar. Karena saya percaya penelitain yang dilakukan dengan benar sampai selesai akan tetap memberikan konribusi positif baik baik secara teoritis maupun praktis.Terima kasih.

Sama dengan cara yang kedua, gunakan cara ini setelah Anda menyampaikan kesimpulan dan saran.

Dengan demikian penutupan Anda akan lebih berkesan.

Supaya penutupan Anda itu kuat dan efektif ada satu hal yang harus Anda perhatikian yaitu Jangan membaca penutupan presentasi Anda.

Dalam banyak kasus presentasi skripsi tidak sedikit mahasiswa yang menutup presentasi mereka dengan membaca. Dan yang lebih parah lagi, mereka tidak hafal kesimpulan dari skripsi mereka sendiri. Ini adalah kesalahan. Karena itu Anda tidak boleh melakukannya.

Anda harus tahu menutup presentasi dengan membaca, akan membuat penutupan presentasi Anda akan sangat lemah, bahkan menimbulkan persepsi bahwa Anda tidak menguasai skripsi yang Anda buat.

Supaya Anda terhindar dari kesalahan ini cara  terbaik adalah dengan menghafalkannya, kemudian latih sampai Anda bisa menyampaikannya dengan jelas, lancar dan meyakinkan tanpa harus melihat slide.

Satu lagi saya ingatkan juga, jangan minta maaf dalam menutup presentasi Anda. Meskipun ini terlijat sopan dan baik, tapi ini sangat tidak disarankan. Kalau pun Anda melakukan kesalahan, dosen penguji akan akan memakluminya.

Jadi tidak perlu Anda mengatakan mohon maaf apabila ada salah kata-kata atau kata lain yang sejenis. Kalau misalnya ada orang yang menyalahkan Anda karena tidak minta maaf maka cukuplah Anda tahu bahwa orang tersebut tidak pernah belajar ilmu public speaking dan presentasi. Karena didunia tidak satupun pembicara terlatih menyarankan hal ini.

Baik demikianlah panduan lengkap cara membawakan presentasi sidang skripsi dengan sukses dan  percaya diri, untuk itu adalah beberapa tips sukses dapat Anda lakukan.

Persiapan matang

Datanglah lebih awal sebelum sidang 

Atasi Ketegangan 

Buka presentasi dengan tenang percaya diri dan meyakinkan

Optimalkan verbal dan bahas tubuh

Gunakan pointer untuk mengontrol slide

Jangan terus membaca slide saat menyampaikan pesan

Tutup Presentasi Anda dengan cara yang berkesan

Tapi ingat apa yang saya paparkan di sini, tidak akan memberikan dampak apa-apa jika Anda tidak mau membaca tuntas dan memahaminya, jadi saran saya baca berulang-ulang sampai Anda mengerti dan paham. Selanjutnya praktekkan.

Mudah-mudah bermanfaat dan bisa jadi wasilah untuk kesukesan presentasi sidang Anda.

 

Featured Imge by:  freepik

Gratis Untuk Anda Mini Training Desain Slide (6 Video) dan Sembilan Slide Presentasi Menarik Untuk Inspirasi Anda.

Daftarkan email aktif Anda pada form di bawah, kemudian klik tombol dapatkan aksesnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *