5 Cara Sederhana Bagaimana Membuat Presentasi Visual Yang Kuat dan Bermakna

5 Cara Sederhana Bagaimana Membuat Presentasi Visual Yang Kuat dan Bermakna

Salah satu cara utama untuk membuat presentasi Anda lebih mudah dipahami dan menggugah emosi audiens adalah dengan membuatnya visual.

Ada tiga alasan utama kenapa Anda harus membuat slide visual?

  1. Orang tidak akan memperhatikan pada sesuatu yang membosankan
  2. Orang menciptakan makna dengan tindakan interogasi visual
  3. Presentasi adalah komunikasi terpadu antara pesan verbal, visual dan pesan non verbal (bahasa tubuh)

Untuk penjelasan lengkap mengenai tiga hal di atas bisa Anda baca di sini.

Nah, untuk membuat presentasi visual ada beberapa cara bisa Anda lakukan. Beberapa cara itu adalah sebagai berikut.

1. Menambahkan foto atau gambar objek nyata

Menambahkan foto atau gambar objek nyata pada slide adalah cara yang paling sering digunakan oleh para designer untuk membuat tampilan presentasi menjadi lebih visual.

Selain menarik perhatian, foto atau gambar objek nyata yang digunakan dengan baik dan benar juga dapat meningkatkan pemahaman dan dapat melibatkan audiens lebih dalam.

Untuk penjelasan lengkap cara menggunakan gambar, dapat Anda baca pada artikel saya yang lain tentang Tips Menggunakan Gambar

2. Menggunakan icon

Perlu Anda pahami bahwa untuk membuat slide presentasi yang baik tidak harus selalu menggunakan foto atau gambar nyata. Dalam keadaan tertentu Anda juga dapat menggunakan cara lain seperti membuat presentasi kreatif dengan icon atau simbol.

Contohnya dapat Anda perhatikan pada slide di bawah ini:

Slide dengan simbol atau icon

3. Menggunakan video

Jika Anda ingin membuat dampak yang lebih kuat untuk presentasi yang Anda lakukan, menampilkan video dalam presentasi bisa menjadi alternatif yang baik.

Terkait dengan video ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan seksama sebelum Anda menggunakannya yaitu relevansi video dengan tujuan presentasi, durasi waktu video yang akan Anda putar serta format video yang Anda gunakan.

Setelah video siap, barulah Anda memasukkan ke powerpoint. Hal ini untuk memastikan video menyatu ke dalam alur presentasi dan memastikan transisi dari presentasi oral ke video tidak terganggu.

Jadi Anda tidak perlu repot menampilkan video dalam presentasi yang akan Anda putar pada notebook atau PC Anda. Semua akan berjalan mudah hanya dengan sekali klik saja.

4. Menggunakan Grafik

Jika presentasi Anda banyak berhubungan dengan angka maka menggunakan grafik adalah cara terbaik untuk melakukannya.

Karena grafik yang dibuat dengan efektif, akan mampu menjelaskan data yang rumit menjadi lebih mudah dimengerti.

Contohnya dapat Anda perhatikan pada slide di bawah ini:
Contoh Grafik

5. Menggunakan Diagram

Ya ini juga cara yang juga baik untuk membuat presentasi Anda lebih visual. Khususnya bagi Anda yang sering menyampaikan presentasi yang bersifat teknik, seperti menyajikan sebuah proses, menjelaskan hubungan antar item, menjelaskan pelaksanaan jadwal proyek atau pun yang lain.

Namun harus Anda perhatikan, saat Anda menggunakan diagram Anda harus memastikan diagram yang Anda gunakan sesuai dengan konten yang Anda tampilkan. Selain itu tampilannya juga harus Anda buat menarik dan profesional, jangan hanya sekedar menggunakan diagram bawaan powerpoint yang umumnya membosankan.

Contohnya dapat Anda perhatikan pada gambar bawah ini:

Contoh Diagram

Untuk bisa membuat diagram seperti di atas, Anda harus mau mengembangkan kreativitas Anda. Karena diagram seperti di atas tidak akan bisa Anda buat tanpa sebuah kreativitas.

Demikianlah tadi 5 cara bagaimana membuat slide presentasi visual yang kuat dan bermakna.

Jadi saya ingatkan sekali lagi lima hal tersebut adalah: Menambahkan foto atau gambar objek nyata, menambahkan simbol atau icon, menggunakan video, menggunakan grafik dan yang terakhir menggunakan diagram.

Credit icon in featured image by Pixelmeetup from www.flaticon.com

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *