15 Shortcuts PowerPoint Keyboard Yang Sebaiknya Perlu Anda Ketahui Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Kemudahan Kerja Saat Merancang Slide Presentasi

15 Shortcuts PowerPoint Keyboard Yang Sebaiknya Perlu Anda Ketahui Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Kemudahan Kerja Saat Merancang Slide Presentasi

Di sini saya akan share kepada Anda 15 shortcut powerpoint yang mana shortcut tersebut pastinya akan sangat membantu kerja Anda dalam mendesain slide powerpoint, kerja akan jadi lebih mudah dan juga cepat.

1. Ctrl + Mouse Scroll

Saat Anda mendesain slide pasti ada kalanya Anda ingin memperbesar atau mengecilkan tampilan lembar kerja atau membesar elemen tertentu pada slide Anda.

Dan untuk itu biasanya yang kita lakukan adalah dengan menekan tanda – (zoom in) atau tanda + (zoom out) di pojok kanan bawah.

Sekarang coba gunakan Ctrl + Mouse

Anda tekan Ctrl + Mouse Scroll Down untuk memperkecil atau zoom in dan tekan Ctrl + Mouse Scroll up untuk memperbesar (zoom out).

Silakan Anda coba dan lihat sendiri hasilnya.

2. Tab 

Saat Anda membuat bisa jadi Anda menggunakan objek yang cukup banyak pada slide Anda, banyak tidak jarang mungkin antara objek satu dengan yang lain saling tumpang tindih.

Jika Anda menghadapi yang demikian, maka saat Anda melakukan edit, dibagian objek tertentu, apalagi yang saling tumpang tindih bisa cukup merepotkan dan buang waktu.

Namun dengan menggunakan tab semua akan mudah dan cepat.

Karena yang perlu Anda lakukan hanya klik pada satu objek, kemudian Anda klik tab untuk menemukan objek yang Anda maksudkan.

3. Ctrl + Z

Saat Anda mendesain slide pasti pernah melakukan kesalahan yang akhirnya harus memaksa Anda untuk mengembalikan tampilan yang sudah Anda buat tersebut ke tampilan sebelumnya.

Dan biasanya untuk hal ini kita akan klik icon Undo yang Anda bagian kiri atas.

Benar kan?

Nah sekarang Anda bisa menggunakan cara yang lebih cepat yaitu dengan menggunakan Ctrl + Z

4. Ctrl + A

Untuk shortcuts yang satu ini saya yakin Anda sudah sangat tidak asing.

Biasanya ini dilakukan untuk menyeleksi semua elemen atau objek pada satu slide.

5. Ctrl + D

Yang paling umum saat orang ingin menduplikasi objek atau elemen pada slide adalah dengan copy dan paste, atau dengan menggunakan Crtl + C kemudian Ctrl V.

Namun kalau Anda ingin menggunakan yang satu langkah gunakan Ctrl + D.

Caranya kerja, seleksi objek yang ingin Anda duplikasi.

Setelah itu tekan Ctrl  + Pada keyboard Anda, maka objek yang sudah Anda seleksi pasti akan terduplikasi.

6. Ctrl + G

Fungsi dari Ctrl + G ini adalah untuk mengelompokkan beberapa objek pada slide menjadi satu.

Biasanya cara orang melakukannya melakukannya adalah dengan menyeleksi dulu  objek-objek yang akan dijadikan satu. Atau kalau misalnya semua objek pada slide ingin di kelompokkan maka mereka akan klik salah satu objek kemudian melakukan Ctrl+ Anda baru setelah itu mereka klik kanan, kemudian mereka klik group.

Cara ini tidak salah, tapi jika ada alternatif cara yang dapat dicoba dan bisa lebih cepat, maka tidak salah juga jika Anda menggunakannya yaitu Ctrl + G.

7. Ctrl + Shift + G

Fungsinya adalah kebalikan dari shortcut Ctrl + G, yaitu untuk membuka obyek yang sudah digroup atau untuk Ungroup.

8. Shift + Ctrl + < atau >

Saat ingin mengubah ukuran teks pada slide umumnya yang kita lakukan adalah dengan menyeleksi semua teks, atau klik pada kolom teks kemudian kita mengubahnya melalui font size di menu bar.

Sekarang Anda bisa gunakan shortcuts ini Shift + Ctrl + < atau >.

Ingin memperkecil gunakan Shift + Ctrl + <

Sedangkan jika ingin memperbesar gunakan Shift + Ctrl + >

9. Ctrl + K

Sering membuat presentasi interaktif dengan menggunakan hiperlink gunakan cara ini di jamin memasukkan link pada elemen atau objek pada slide akan jauh lebih cepat.

Cara penggunaannya sangat sederhana.

Klik pada elemen atau objek yang akan Anda sisipi link, kemudian silakan tekan Ctrl + K pasti akan langsung muncul jendela untuk memasukkan link Anda.

Sangat mudah dan sangat cepat.

10. Shift + F9

Dalam mendesain slide presentasi, salah satu prinsip desain yang paling penting kita jaga adalah perataan atau penjajaran.

Ini di maksudkan supaya slide terlihat rapi dan tidak terkesan asal di tempatkan.

Untuk itu kita akan mengaktifkan gridlines untuk memudahkan kita menerapkan prinsip tersebut. Dan biasanya untuk mengaktifkan gridlines kita harus klik menu view pada tab menu, baru setelah itu itu kita klik atau kita centang pada pilihan view.

Artinya ada dua langkah yang meski kita lakukan.

Kalau kita ingin menonaktifkan maka kita harus lakukan dua langkah  juga, klik view kemudian kita hapus centangnya.

Tapi itu semua sebenarnya bisa Anda lakukan hanya dengan satu langkah saja yaitu dengan menggunakan Ctrl + F9

11. Ctrl + S

Pernah nggak Anda mengalami, sudah susah payah membuat slide, namun karena keadaan yang tidak diinginkan ternyata Anda kehilangan hasil karya Anda, dan harus mengulang kembali apa yang sudah Anda lakukan lantaran Anda lupa belum menyimpan hasil kerja Anda.

Jika pernah saya harap Anda tidak lagi melakukan kesalahan yang sama.

Dan untuk memastikan supaya Anda tidak kelupaan menyimpan hasil kerja Anda selalu save setiap kali Anda melakukan perubahan pada slide Anda.

Gunakan Ctrl + S untuk melakukannya.

Cukup satu langkah maka apapun perubahan yang Anda lakukan akan tersimpan.

12. Ctrl + Arrow Keys

Jika Anda ingin memindahkan objek dengan presisi yang pas, selain menggunakan mouse Anda juga bisa gunakan shortcuts Ctrl + Arrow Keys untuk melakukannya.

Dan salah satu kelebihan menggunakan Ctrl + Arrow Keys adalah Anda akan dapat menempatkan objek dengan presisi yang sangat tepat, karena Ctrl + Arrow key akan memudahkan kita memindah objek kecil-kecil (jarang yang sangat rapat).

Saya sering menggunakannya saat ingin menyejajarkan objek pada slide saya.

13. Ctrl + M

Yang umum dilakukan banyak orang saat ingin membuat lebar kerja baru maka yang mereka lakukan adalah dengan tekan enter pada keyboard. Namun sebenarnya ada cara lain yang juga bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan Ctrl + M

14. Alt + F10

Fungsi alt+f10 adalah untuk memudahkan Anda memunculkan Selection Pane.

Apa itu Selection Pane?

Selection Pane adalah sebuah jendela atau panel yang berfungsi untuk menampilkan daftar dari object yang kita tampilan pada slide. selain itu juga dapat kita gunakan untuk menyembunyikan atau menampilkan kembali objek dengan mengklik “gambar mata” yang ada di samping nama objek tersebut.

15. Shift + F5

Fungsi dari shorcut ini adalah untuk membuak slide show.

Yang umum kita lakukan saat hendak membuka slideshow kita akan klik icon slideshow di bagian bawah sebelah kanan.

Ini tidak salah, dan tidak ribet sebenarnya, kalau dilakukan pada saat presentasi berlangsung, karena umumnya kita hanya membuka slide sekali saja.

Tapi kalau saat buat desain, hal tersebut bisa merepotkan karena pastinya kita akan sering membuka slideshow untuk menguji atau malihat tampilan dari slide.

Nah di sinilah shrocut Shif+f5 ini akan sangat membantu.

Kesimpulan

Ok demikianlah tadi ulasan tentang shortcuts powerpoint keyboard.

Dan perlu Anda ketahui apa yang saya tunjukkan kepada anda hanyalah sedikit dari banyak shortcuts keyboard yang ada.

Tapi insya Allah dengan Anda hafal 15 shortcuts yang sudah saya jelaskan pekerjaan Anda akan jauh lebih efisien dan mudah.

Semoga ulasan ini bermanfaat Anda.

 

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *