Tips Memperkenalkan Diri Saat Presentasi

Sebelum Anda membuka presentasi, atau sebelum  presentasi Anda dimulai ada satu hal penting yang perlu Anda lakukan dengan baik untuk membangun hubungan dan membangun kepercayaan audiens sejak Anda berdiri di hadapan mereka yaitu memperkenalkan diri.

Saya yakin banyak dari Anda tahu bagaimana memperkenalkan diri.

Tapi yang jadi pertanyaan.

Sudahkah cara Anda memperkenalkan diri efektif?

Bisa sudah bisa juga belum. Untuk memastikan perkenalan Anda efektif atau belum, ulasan ini akan membantu Anda.

Dalam banyak presentasi sering terjadi presenter menghabiskan waktu hanya untuk memperkenalkan diri. Mereka menceritakan perjalanan hidup mereka, mereka menceritakan kesuksesan karir mereka, sampai mereka tidak sadar telah menghabiskan banyak waktu hanya untuk berkenalan.

Ingat presentasi itu untuk audiens, tentang audiens, bukan tentang diri kita.

Jadi lakukan perkenalan Anda secara singkat namun efektif untuk membangun hubungan Anda dengan audiens dan membangun kepercayaan audiens kepada Anda sebagai presenter yang dapat dipercaya untuk membawakan presentasi.

Lantas bagaimana tips memperkenalkan diri saat presentasi dengan efektif? Ada tiga langkah bisa Anda lakukan.

Pertama, sebutkan nama 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengenalkan diri Anda kepada audiens adalah dengan menyebutkan nama Anda, sebutkan nama dengan dengan jelas.

Kalau misalnya nama Anda terlalu panjang Anda bisa cukup sebutkan nama panggilan Anda.

Kedua, sebutkan profesi atau aktivitas utama yang Anda lakukan.

Setelah Anda sudah sebutkan nama selanjutnya sebutkan profesi atau aktivitas yang Anda lakukan.

Usahakan profesi atau aktivitas yang Anda sebutkan yang sesuai dengan topik presentasi.

Contoh saat saya diundang untuk menyampaikan materi tentang presentasi, maka saya akan memperkenalkan diri profesi saya sebagai seorang praktisi dan trainer presentasi founder ronapresentasi.com

Namun saat saya diundang untuk membahas topik lain, misal saya diminta membahas tentang membangun bisnis produk digital maka saya akan memperkenalkan profesi saya sebagai seorang digitarenterpreuner dan seorang digital product creator.

Ketiga, paparkan hal besar yang sudah Anda lakukan yang terkait profesi atau aktivitas Anda yang memberikan kontribusi positif kepada orang lain, kepada lembaga atau perusahaan 

Setelah Anda menyebutkan profesi dan aktivitas Anda.  Selanjutnya Anda bisa memaparkan hal besar yang sudah Anda lakukan yang terkait profesi Anda atau aktivitas Anda yang memberikan kontribusi positif yang nyata kepada orang lain, kepada lembaga atau perusahaan tempat di mana Anda bekerja.

Itu tadi pola bagaimana Anda memperkenalkan diri.

Supaya lebih jelas saya akan tunjukkan langsung contohnya berikut ini.

Selamat pagi bapak ibu,

Saya Rona Binham,

Saya seorang praktisi dan trainer presentasi, founder ronapresentasi.com

Salah satu situs eduksi dan bisnis tentang presentasi dan public speaking terbesar di Indonesia.

Sejak 2012 saya telah membantu banyak orang di Indonesia mengasah skill presentasi mereka, meningkatkan skill mereka ke level yang lebih tinggi.

Awalnya saya melakukannya dengan berbagi konten gratis di website, kemudian berlanjut melalui buku teknik presentasi yang saya buat, judulnya great presentation, kemudian melalui produk digital presentasi dan juga melalui seminar, training dan In house training presentasi.

Terkait in house training Alhamdulllah, saya pernah memberikan training untuk pegawai PT Jaya Teknik Indonesia, pernah memberikan training kepada pegawai kementerian pendidikan dan kebudayaan RI dan pernah juga memberi training kepada pegawai pajak di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak.

Demikianlah tadi contoh kalimat perkenalan sederhana yang bisa Anda adopsi untuk presentasi.

Untuk hasil yang terbaik, silahkan tulis draf perkenalan diri Anda, kemudian bacalah berulang-ulang, lakukan revisi jika perlu perbaikan dan terakhir mintalah umpan balik dari sahabat atau teman Anda.

Jika hal ini bisa Anda lakukan dengan baik, saya yakin Anda bisa mengenalkan diri Anda dengan efektif tanpa harus kehilangan waktu dan kepercayaan audiens Anda.

Paparan di atas adalah petunjuk bagaimana kita memperkenalkan diri kepada audiens.

Namun dalam kondisi lain, bisa jadi perkenalan Anda disampaikan oleh moderator. Dan supaya moderator tidak salah dalam memperkenalkan diri Anda, ada baiknya sebelum presentasi dimulai Anda menemui moderator. Beri moderator catatan ringkas tentang diri Anda.Dengan demikian moderator bisa memperkenalkan diri Anda tanpa perlu Anda khawatir ada kesalahan.

Atau jika Anda atau tim Anda bisa membuat video profil yang menarik, Anda juga bisa menggunakan hal tersebut untuk mengenalkan diri. Hal ini juga sering digunakan oleh para presenter. Biasanya video profil ini diputar sebelum presenter maju ke podium. Ini memang tidak mudah, karena membutuhkan keterampilan khusus untuk membuatnya.

Intinya apapun cara yang Anda gunakan dalam memperkenalkan diri, apakah Anda menyampaikannya sendiri, disampaikan moderator atau menggunakan video pastikan semuanya ringkas, tepat sasaran dan tidak memakan banyak waktu.

Jika ini bisa Anda lakukan dengan baik, maka Anda akan membantu membangun kesan sejak awal presentasi Anda mulai. Percayalah dengan menerapkan tips memperkenalkan diri saat presentasi dengan tepat Anda akan terlihat profesional dan kredibel di mata audiens.

Photo Credit: paz.ca

 

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

5 Comments

  1. Pak Rona,

    blog anada sangat membantu saya dalam soal presentasi, karena bekerja di bidang marketing yang sering memerlukan presentasi.

    Best regrads
    gede suma prayana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *