Tips Mendapatkan Gambar Untuk Slide Presentasi Powerpoint

Tips Mendapatkan Gambar untuk slide

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan banyak orang dalam mendesain slide yang baik adalah sulitnya mendapatkan gambar yang berkualitas. Namun Anda tidak perlu khawatir karena sebentar lagi Anda akan mendapatkan pengatahuan berharga bagaimana mendapatkan gambar berkualitas untuk desain slide presentasi Anda.

Inilah tips untuk Anda bagaimana mendapatkan gambar-gambar tersebut.

1.      Ambil gambar dengan kamera sendiri

Tips yang pertama untuk mendapatkan gambar adalah dengan mengambil gambar melalui kamera pribadi Anda. Ada dua keuntungan menggunakan gambar hasil jepretan sendiri. Pertama, Anda bisa mendapatkan gambar sesuai dengan kebutuhan Anda. Kedua, gambar hasil jepretan sendiri hasilnnya lebih natural, sehingga mampu membuat dampak yang kuat untuk mengkomunikasikan pesan Anda.

Namun ada satu hal yang perlu Anda catat. Ketika Anda mengambil gambar dengan kamera miliki pribadi, pastikan bahwa kamera yang Anda gunakan bisa menghasilkan gambar yang baik, jelas dan tidak pecah atau pudar saat ditampilkan melalui projector.

2.      Dapatkan gambar dari website penyedia gambar bebas royalti atau creative commons

Tips yang kedua untuk mendapatkan gambar berkualitas untuk presentasi Anda adalah dengan mendownload dari website penyedia gambar bebas royalti atau creative commons. Ada banyak website penyedia gambar yang bisa Anda kunjungi. Namun di sini saya hanya akan menunjukkan beberapa diantaranya.

Flickr.com

Flickr adalah website yang memiliki ribuan gambar berkualitas tinggi yang bisa Anda jelahi untuk mendpatkan gambar untuk slide Anda. Namun ebelum menggunakan website ini, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Satu hal lagi yang harus Anda tahu, tidak semua gambar di flickr bisa Anda gunakan secara gratis. Ada beberapa gambar yang harus membeli lisensi dari getty images. Jadi perhatikan betul keterangan lisensi pada tiap gambar sebelum Anda menggunakannya. Untuk amannya, Anda bisa langsung menggunakan penjelajahan melalui Attribution License.

Rgbstock.com

rgbbstock adalah website penyedia gambar berkualitas tinggi. Semua gambar pada rgbstock bebas Anda gunakan untuk penggunaan pribadi dan komersial. Anda dapat menggunakan mereka dalam format digital pada website, blog, presentasi multimedia, video atau dalam materi cetak seperti majalah, buku, brosur, selebaran dan buku teks. Untuk bisa menggunakan situs ini Anda harus melakukan mendaftar terlebih dahulu.

Commons.wikimedia.org

Wikimedia adalah website yang memiliki lebih dari 15 juta file media yang tersedia secara bebas untuk digunakan. Wikimedia  adalah alat yang hebat untuk menemukan berbagai jenis konten atau gambar di bawah lisensi domain publik. Jadi Anda bebas menggunakannya untuk keperluan pribadi maupun komersial. Meskipun begitu untuk beberapa gambar mungkin masih memerlukan atribusi kepada pemilik hak cipta.

Itulah tiga website yang bisa Anda jelajahi untuk mendapatkan gambar berkualitas untuk desain slide presentasi Anda.

3.      Bali gambar dari website penyedia gambar premium

Jika Anda membutuhkan gambar dengan kualitas yang lebih baik dan lebih profesional, Anda bisa membeli gambar dari website penyedia gambar premium. Mungkin Anda bertanya mengapa harus beli jika ada yang gratis? Itu memang benar. Namun untuk keperluan komersial dan untuk keperluan pada level profesional saran ini tidak bisa Anda abaikan. Karena dengan membeli gambar premium Anda akan mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik dan tentunya Anda bebas menggunakan gambar tersebut, tanpa harus memberikan atribusi pada pemilik gambar.

Anda bisa beli gambar ini dari situs penyedia gambar premium, seperti sutterstock atau istockphoto atau di kozzi. Untuk harga sangat bervariasi, jadi silahkan pilih sendiri situs mana yang paling cocok harganya dengan sumber daya yang Anda miliki.

Demikianlah tips bagaimana mendapatkan gambar berkualitas untuk presentasi Anda. Jadi mulai sekarang Anda tidak perlu bingung untuk mendapatkan gambar. Jika sebelumnya Anda sering menggunakan gambar di blog atau website melalui pencarian google image, maka mulai sekarang Anda harus menghilangkan kebiasaan tersebut. Karena akan lebih baik jika Anda menggunakan gambar hasil jepretan sendiri, dari website penyedia gambar bebas royalti atau membelinya.

Bagaimana menurut Anda?

Photo Credit: Pixabay

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *