Cara Membuat Flat Design Presentasi Cara Baru Membuat Desain Slide Presentasi Masa Kini

Cara Membuat Flat Design Presentasi Cara Baru Membuat Desain Slide Presentasi Masa Kini

Dalam artikel tentang 5 trend desain presentasi, saya sudah menjelaskan kepada Anda tentang salah satu trend desain masa kini yaitu flat design.

Pada kesempatan ini saya ingin mengupas lebih luas tentang apa itu flat design, kenapa flat design menarik, bagaimana membuat flat design untuk presentasi, serta sumber daya apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat memudahkan Anda membuat  flat design presentasi.

Apa Itu Flat Design

Flat design adalah  gaya desain yang dibuat dengan bentuk datar (dua dimensi). Mengedepankan kesederhanaan dan kejelasan dengan menambahkan elemen-elemen sederhana dan menghilangkan hiasan-hiasan yang tidak diperlukan seperti efek bayangan, efek gradasi, efek tiga dimensi atau yang lain.

Flat design sebenarnya paling populer di kalangan web designer dan pembuat aplikasi mobile. Namun demikian prinsip-prinsip yang digunakan dalam mebuat flat design sangat bisa diterapkan untuk presentasi.

Bahkan kalau Anda dapat mengoptimalkan setiap kaidah flat design dalam membuat presentasi,  Anda  akan dapat menciptakan slide yang minimalis namun powerfull untuk mendukung kesuksesan presentasi Anda.

Kenapa Flat Design Menarik

Seperti yang sudah saya katakan di atas, flat design mengedepankan kesederhanaan.

Itu artinya dengan menggunakan flat design Anda akan membantu audiens mudah memahami pesan Anda dengan cepat, tanpa harus melihat banyak kerumitan pada slide.

Disamping itu, karena  flat design lebih banyak menggunakan elemen yang sederhana seperti gambar icon, kotak, lingkaran atau vector, maka slide memiliki white space atau ruang kosong yang cukup untuk penempatan teks. Ini akan membuat tampilan slide Anda sangat jelas, sehingga fokus audiens Anda akan selalu tetap terjaga.

Bagaimana Cara Membuat Flat Design  Untuk Presentasi

Untuk dapat membuat flat design untuk presentasi yang baik dan menarik, ada beberapa kaidah yang harus Anda perhatikan.

1. Tidak Menggunakan Efek

Jika Anda membuat tampilan flat design, hindari menggunakan  efek yang tidak diperlukan.

Ini Adalah aturan ideal dalam membuat flat design.

Namun dalam beberapa contoh flat design, ada kalanya seorang presenter menambahkan efek bayangan halus dibagian dalam desain flat.

Contohnya seperti slide di bawah ini.


content marketing flat design

Elemen-elemen visual pada slide di atas, tidak sepenuhnya datar. Karena kalau Anda perhatikan ada bayangan halus di bagian dalam pada setiap elemen visual.

Tapi apakah slide di atas kehilangan unsur sederhana?

Saya yakin Anda akan setuju jika saya mengatakan tidak.

Itu artinya dalam keadaan tertentu, Anda masih bisa mengombinasikan flat design dengan efek bayangan halus di bagian dalam, untuk menciptakan kesan realistis pada desain yang Anda buat.

2. Menggunakan Elemen Sederhana

Salah satu ciri khas dari flat design adalah  menggunakan elemen visual yang sederhana seperti icon, bentuk persegi, lingkaran atau yang lain.

Contohnya seperti slide di bawah ini.

smart gola flat design

3 elemen presentasi flat design

Selain dengan icon Anda juga dapat membuat flat design dengan foto, gambar vector, atau elemen visual yang lain.

Contohnya seperti slide di bawah ini.

Take action flat

vector flat

diagram flat

3. Kuat Pada Tipografi

Karena elemen visual yang digunakan sederhana, maka flat design harus kuat pada tipografi.

Artinya pemilihan jenis font dan penempatan font harus Anda pikirkan dengan matang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam hal ini font san serif sangat disarankan dari pada font serif atau scripts.

Kenapa?

Karena font san serif adalah font yang paling sederhana dan paling mudah dibaca saat ditampilkan pada layar.

4. Kuat Pada Penggunaan Warna

Selain tipografi, flat design juga kuat pada penggunaan warna.

Warna dengan kontras yang kuat antara latar belakang dan elemen serta penggunaan palet warna adalah pelajaran paling penting yang harus Anda pahami.

Baca:

Teori warna

Tips memilih dan mengoptimalkan penggunaan warna

Sumber Daya Terbaik Untuk Membuat Flat Design

Untuk mendapatkan hasil karya terbaik, berikut ini sudah saya paparkan juga beberapa sumber daya yang dapat Anda menafaatkan untuk membuat flat desain presentasi.

1. Freepik.com

Freepik adalah sumber daya terbaik yang dapat manfaatkan untuk mendapatkan icon dan vector untuk keperluan desain Anda.

Dan yang paling menyenangkan, hampir sebagian besar icon dan vector di sana berlisensi atribusi. Artinya Anda bebas menggunakan icon dan vector di sana dengan syarat mau memberikan atribusi kepada freepik sebagai pemilik icon atau vector yang Anda gunakan.

2. Flaticon.net

Flat icon adalah situs yang khusus  hanya menyediakan icon dalam bentuk flat. Lebih dari 2500 set icon flat dapat Anda download dalam bentu png dan dapat Anda gunakan untuk keperluan desain slide presentsi Anda. Dan semua itu gratis untuk Anda.

flaticon dot net

Kesimpulan

Demikianlah ulasan tentang cara membuat flat design untuk presentasi.

Intinya jika Anda ingin membuat flat design untuk presentasi ada empat prinsip yang harus Anda jadikan pegangan yaitu tidak menggunakan efek, menggunakan elemen sederhana, kuat pada tipografi dan warna.

Tapi perlu saya ingatkan juga, saat Anda ingin membuat flat design pastikan presentasi yang akan Anda buat memang cocok untuk Anda buat dengan model seperti ini.

Jika memang presentasi Anda lebih cocok menggunakan model lain, Anda tidak perlu memaksakan diri.

Semoga anda belajar sesuatu dari artikel ini, jika anda suka artikel ini, beritahu saya dengan komentar di bawah ini, like dan share artikel ini ke akun media sosial Anda

Saya akan sangat menghargainya.

 

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *