Contoh Kalimat Pembuka Presentasi Sidang Skripsi Yang Baik

Dalam menjalankan sidang skripsi, salah satu hal yang harus dilakukan oleh mahasiwa sebelum sesi tanya jawab dengan dewan penguji adalah melakukan presentasi. Dan salah satu tahapan presentasi yang bikin deg-degan adalah tahapan membuka presentasi.

Di mana tahap membuka presentasi ini sering kali membuat mahasiwa bingung, mereka tidak tahu harus mulai presentasi dengan menggunakan kalimat apa?

Bagi Anda yang saat ini sedang menunggu sidang skripsi, maka tips dan contoh yang akan saya tunjukkan ini akan bermanfaat, bisa jadi referensi untuk Anda yang akan menjalankan sidang.

Kalaupun misalnya Anda belum mengerjakan skripsi, maka ulasan ini bisa Anda jadikan model pengetahuan untuk menghadapi sidang skripsi yang akan datang.

Tips Kalimat Pembuka Sidang Skripsi

Sebelum saya masuk ke contoh, saya akan tunjukkan lebih dahulu salah satu tips dan pola sederhana untuk membuka presentasi sidang skripsi.

1. Sampaikan salam

Di tahap ini, silakan sampaikan salam. Boleh salam yang sesuai agama atau kepercayaan, boleh juga salam formal, selamat pagi, atau selamat siang sesuai waktu sidang skripsi Anda.

Boleh juga Anda gabung.

2. Sapa dan Ucapan Terima Kasih

Setelah Anda menyampaikan salam.

Selanjutnya sapalah dewan penguji Anda, lanjutkan dengan ucapan terimakasih karena telah telah berkenan hadir dalam sidang skripsi Anda.

Jika ada kawan-kawan mahasiswa yang juga hadir dalam sidang Anda, Anda boleh juga sampaikan terima kasih kepada mereka kerena sudah menghadiri sidang dan mendukung Anda dalam menghadapi presentasi sidang.

3. Sebutkan Waktu dan Tanggal, Nama dan Judul Penelitian

Langkah berikutnya sebutkan hari dan tanggal sidang skripsi Anda, kemudian sebuatkan nama Anda  dan judul skripsi yang akan Anda presentasikan.

Dalam menyebut judul skripsi jangan sampai salah.

4. Sebutkan jumlah poin bahasan yang akan Anda sampaikan

Langkah terakhir sebutkan jumlah poin pembahasan yang akan Anda sampaikan atau Anda presentasikan.

Selanjutnya silakan masuk ke presentasi mulai dari poin pembahasan pertama.

Itulah salah satu contoh pola sederhana yang dapat Anda terapkan untuk membuka sidang skripsi Anda.

Baca: Mempersiapkan Presentasi Sidan Skripsi Yang Baik dan Efekitf

Contoh Kalimat Pembuka Sidang Skripsi Yang Baik

Agar lebih mudah Anda memahami pola yang sudah saya sebutkan di atas, berikut ini adalah contoh peneparannya.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi, salam sejahtera buat kita semua.

Yang saya hormasi ibu A sebagai dewan penguji satu, bapak B sebagai dewan penguji dua dan bapak C sebagai dewa penguji tiga.

Terima kasih sudah berkenan hadir. Terima kasih juga untuk teman-teman yang sudah datang untuk menyaksikan dan mendukung saya di sini.

Hari ini, senin tanggal 24 januari 2021, saya Rona Binham akan mempresentasikan hasil skripsi saya, yang berjudul “Pengaruh Layananan Informasi Bidang Bimbingan Pribadi Terhadap Pemahaman Potensi Diri Siswa Kelas VIII SMP Samaran Tahun Pelajaran 2020/2021.

Ada lima poin penting akan saya sampaikan.

Dan saya akan langsung mulai dari poin pembahasan yang pertama yaitu …

Itulah contoh kalimat pembukaan presentasi skripsi yang bisa Anda jadikan rujukan untuk presentasi sidang skripsi Anda.

Tapi perlu Anda ingat, dalam menyampaikan presentasi sidang, agar hasilnya maskimal, Anda harus  mengoptimalkan bahasa verbal dan bahasa tubuh Anda, mulai dari membuka presentasi hingga penutupan.

Apa yang Anda sampaikan harus jelas, bisa didengarkan, artikulasi-nya benar.

Saat berbicara optimalkan juga kecepatan berbicara, berbicaralah dengan interval agar yang Anda sampaikan jelas dan dimengerti oleh semua dewa penguji dan audiens yang hadir dalam sidang.

Baca: Menggunakan Bahasa Verbal Dalam Presentasi Agar Pesan Menjadi Jelas, Mudah Difahami dan Meyakinkan

Kemudian bahasa tubuh yang Anda tunjukkan harus senada dengan pesan yang Anda sampaikan.

Kontak mata dengan dewan penguji harus Anda jaga, hindari terlalu sering menghadap ke layar untuk membaca slide, karena  akan menunjukkan Anda tidak percaya dan tidak siap dengan presentasi yang Anda lakukan.

Baca: Menggunakan bahasa tubuh yang efektif dalam presentasi

Kemudian yang tak kalah penting, gunakan slide yang baik dalam presentasi Anda.

Tampilan hanya poin penting dari presentasi Anda, tambahkan visual (gambar, grafik ataupun video) agar yang Anda sampaikan mudah dimengerti dan menarik perhatian.

Jika slide menggunakan animasi gunakan animasi dengan efektif.

Hindari animasi yang berlebihan dan efek suara yang mengganggu.

Agar lebih mudah dan cepat Anda mendesain slide Anda boleh menggunakan desain template presentasi skripsi yang menarik dari Rona Presentasi namanya PPT Skripsi Design Pack.

Template skripsi dari Rona Presentasi ini tidak hanya mudah diedit tetapi juga kekinian, menarik, beranimasi dan sudah mengkuti kaidah struktur presentasi sidang sehingga Anda akan mudah menyesuaikannya dengan materi skripsi Anda.

Baca Juga: Panduan Lengkap Bagaimana Membawakan Presentasi Sidang Skripsi Dengan Sukses dan Percaya Diri

Itulah tips membuka presentasi sidang skripsi yang baik.

Mudah-mudahan bermanfaat, bisa membantu Anda menyiapkan presentasi sidang skripsi dengan baik, sehingga presentasi Anda berjalan sukses dan lancar.

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *