Inilah Rahasia Kekuatan Slide Presentasi Steve Jobs

“Kesederhanaan adalah kecanggihan yang tertinggi,” kata Steve Jobs mengutip dari salah satu pahlawan, Leonardo da Vinci. Dan ini tidak hanya sekadar kata-kata bagi seorang Steve Jobs, tapi  juga telah menjadi bagian dari hidupnya, menjadi prinsip yang melakat dengan citra dan karakter yang dimilikinya.

Ini terbukti dengan karya-karya Steve Jobs yang selalu memegang teguh prinsip kesederhanaan.

Termasuk dalam membuat presentasi ia tahu betul bagaimana memberikan kekuatan pada presentasi yang ia lakukan dengan kesederhanaan.

Jobs membuat slide-nya sederhana dengan menghilangkan kata-kata yang tidak perlu, grafik dan kekacauan mata lainnya. Dengan menghapus kekacauan informasi dari produk dan presentasi, Jobs mencapai tujuan akhir yaitu kemudahan penggunaan dan kejelasan.

Berikut adalah beberapa contoh slide yang digunakan Steve Jobs saat presentasi peluncuran Iphone tahun 2007.

Slide 1

Capture

Slide Steve 3

Slide Steve 4

Slide Steve 6

Slide Steve 7

Slide Steve 8

Slide Steve 9

Slide Steve 10

Jika Anda ingin membuat dan menampilkan presentasi yang melakat kuat dipikiran audiens Anda perlu meniru apa yang dilakukan oleh Steve Jobs. Anda harus membuat slide presentasi Anda sederhana dalam setiap presentasi yang Anda lakukan.

“Ketika Anda berkomunikasi Anda harus membuat pesan itu sederhana. Menjadikan sederhana, akan membuat Anda mudah menyampaikanya dan membuat audiens mudah memahami.” – Ang Tian Teck Sticky Presentation

Bagaimana Membuat Slide Sederhana?

Untuk membuat slide sederhana, tidak sulit.

Dengan kerja keras untuk membuang hal-hal yang rumit dalam slide, Anda pun dapat membuatnya.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

Pertama, silahkan tentukan dulu informasi apa yang ingin Anda sampaikan pada audiens.

Ini penting karena berhubungan dengan tujuan Anda menampilkan slide.

Kedua, tentukan kata kunci utama yang ingin Anda tampilkan yang mewakili informasi utama yang Anda sampaikan.

Ketiga, buang informasi penjelas yang membuat rumit slide Anda, karena informasi ini nantinya bisa Anda sampaikan ketika melakukan presentasi.

Keempat, jika diperlukan visual carilah visual yang mendukung konten Anda.

Dengan catatan visual yang Anda gunakan tidak rumit, cukup satu gambar.

Namun apabila perlu dua atau tiga gambar pastikan dapat terlihat jelas oleh audiens, ditempatkan dengan baik, sehingga tidak menganggu pesan yang akan Anda sampaikan.

Jika Anda ingin membuat slide yang efektif untuk mengomunikasikan pesan dan mudah dipahami buatlah slide dengan perpegang teguh pada prinsip sederhana.

Bagaimana menurut Anda?

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

4 Comments

  1. bener mas Erwan, yang ditampilan ke slide hanya intinya, kemudian penjelasannya disampaikan oleh presenter. Ini membuat apa yang kita sampaikan mudah diingat dan tentunya lebh berkesan buat audiens.

  2. Bener pak Pak Challida, untuk bisa membuat slide yang sederhan dan visual memang membutuhkan banyak latihan. Tapi tidak sulit kok pak, asal mau mencobanya terus. pasti nantinya bapak juga mampu membuat slide yang sederhana yang powerfull

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *